Catalunya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Catalunya
Catalunya (Katalan)
Catalonha (Ositan)
Cataluña (Spanyol)
Komunitas otonomi
Flag of Catalonia
Bendera
Coat-of-arms of Catalonia
Lambang
Lagu: Els Segadors (Katala)
"The Reapers"
Lokasi Catalunya
Lokasi Catalunya
Koordinat: 41°49′LU 1°28′BT / 41,817°LU 1,467°BT / 41.817; 1.467
Negara Spanyol
Ibukota Barcelona
41°23′LU 2°11′BT / 41,383°LU 2,183°BT / 41.383; 2.183
Provinsi Barcelona, Girona, Lleida, dan Tarragona
Pemerintahan
 • Jenis Diserahkan pemerintah dalam sebuah monarki konstitusional
 • Lembaga Generalitat de Catalunya
 • Presiden Carles Puigdemont (CDC)
Luas
 • Total 32.114 km2 (12,399 sq mi)
Peringkat luas Ke-6 (6.3% di Spanyol)
Populasi (2011)
 • Total 7.535.251
 • Kepadatan Bad rounding here230/km2 (Bad rounding here610/sq mi)
 • Pop. rank Ke-2 (16% di Spanyol)
Demonim Catalan
català (m), catalana (f)
catalán (m), catalana (f)
GDP (nominal; 2012)[1]
 • Total $255.204 miliar
 • Per kapita $33,580
GDP (PPP; 2012)[1]
 • Total $336.162 miliar
 • Per kapita $43,837
Zona waktu CET (UTC+1)
 • Musim panas (DST) CEST (UTC+2)
ISO 3166-2 CT
Kode area +34 97-
+34 93 (Barcelona)
Bahasa resmi Katalan, Bahasa Spanyol dan Aran (Oksitan)
Statuta Otonomi 9 September 1932
18 September 1979
9 August 2006
Patron saint Saint George (Sant Jordi), Mare de Déu de Montserrat
Parlemen 135 deputi
Kongres 47 deputi (dari 350)
Senat 16 senator (dari 264)
Situs web Generalitat de Catalunya

Catalunya (English /kætəˈlniə/, /kætəˈlnjə/; bahasa Katalan: Catalunya [kətəˈɫuɲə] atau [kataˈluɲa]; bahasa Spanyol: Cataluña [kataˈluɲa]; bahasa Occitan: Catalonha [kataˈluɲɔ]; bahasa Perancis: Catalogne) adalah sebuah wilayah otonomi Spanyol yang memiliki luas wilayah 32.114 km² dan populasi 6.995.206 jiwa (2005). Ibu kotanya ialah Barcelona.

Pada abad kesembilan, Catalunya paling terdampak akibat Perang Napoleon dan Carlist. pada paruh kedua abad Catalunya mengalami industrialisasi. Karena kekayaan dari ekspansi industri tumbuh, Catalunya melihat kebangkitan budaya digabung dengan nasionalisme di saat bermunculan berbagai gerakan pekerja. Di tahun 1914, empat provinsi Katalan membentuk Persemakmuran, dan dengan kembalinya demokrasi melalui Republik Spanyol Kedua (1931–1939), Generalitat de Catalunya dipulihkan sebagai pemerintah otonom. Setelah Perang Sipil Spanyol, kediktatoran Francoist memberlakukan tindakan represif, menghapuskan lembaga Katalan dan melarang penggunaan bahasa Katalan secara resmi. Dari akhir tahun 1950-an sampai awal 1970-an, Catalonia melihat pertumbuhan ekonomi yang pesat, menarik banyak pekerja dari seluruh Spanyol, membuat Barcelona menjadi salah satu daerah metropolitan industri terbesar di Eropa dan mengubah Catalunya menjadi tujuan wisata utama. Karena transisi Spanyol menuju demokrasi (1975-1982), Catalunya telah memperoleh kembali beberapa otonomi politik dan budaya dan sekarang menjadi salah satu komunitas yang paling dinamis di Spanyol.

Etimologi dan pengucapan[sunting | sunting sumber]

Nama Catalunya (Catalonia)—dieja Cathalonia, atau Cathalaunia, di Abad Pertengahan Latin—mulai digunakan sebagai tanah air bagi Orang Katalan (Cathalanenses) di akhir abad ke-11 dan mungkin digunakan sebelumnya sebagai referensi teritorial untuk kelompok negara yang terdiri atas sebagian dari Septimania dan Marca Hispanica di bawah kendali Count of Barcelona dan kerabatnya.[2] Asal mula nama Catalunya tunduk pada interpretasi yang beragam karena kurangnya bukti.

Sebuah teori menyarankan bahwa Catalunya berasal dari nama Gothia (atau Gauthia) Launia ("Tanah Goths"), sejak asal usul Katalan ditemukan di Septimania, dikenal sebagai Gothia, sehingga Gothland > Gothlandia > Gothalania > Cathalaunia > Catalonia secara teoritis berasal dari sana.[3][4] Selama Abad Pertengahan, perunut sejarah Bizantium mengkaim bahwa Catalania berasal dari medley lokal Goths dengan Alans, membentuk Goth-Alania.[5]

Teori lainnya menyebutkan bahwa:

  • Catalunya berasal dari istilah "tanah kastil", berevolusi dari istilah castlà atau castlan, istilah pertengahan untuk penguasa kastil.[3][6] Teori ini karenanya menyarankan bahwa Catalunya dan Castile memiliki akar yang sama.
  • Sumbernya berasal dari Celtic, yang berarti "kepala pertempuran". Meskipun wilayah ini tidak diketahui pernah diduduki oleh Celtic, budaya Celtic hadir dalam interior Iberia pada zaman pra-Romawi.[7]
  • Lacetani, suatu suku Iberia yang tinggal di daerah tersebut dan namanya, karena pengaruh Romawi, dapat berevolusi mellaui metatesis menjadi Katelans dan kemudian menjadi Catalans.[8][9]

Dalam Bahasa Inggris, Catalonia diucapkan /kætəˈlniə/. Nama aslinya, Catalunya, diucapkan [kətəˈluɲə], jenis yang paling banyak digunakan yang memiliki pelafalan dianggap standar.[10] Nama Spanyolnya adalah Cataluña ([kataˈluɲa]), dan nama Arannya adalah Catalonha ([kataˈluɲɔ]).

Budaya[sunting | sunting sumber]

Seni dan arsitektur[sunting | sunting sumber]

Antoni Gaudí.

Catalunya telah memberi dunia banyak tokoh penting dalam bidang seni. Pelukis internasional dari Katalan adalah Salvador Dalí, Joan Miró dan Antoni Tàpies. Terkait erat dengan suasana piktorial Katalan, Pablo Picasso tinggal di Barcelona selama masa mudanya, melatih mereka sebagai seorang seniman dan menciptakan gerakan kubisme. Seniman penting lainnya adalah Ramon Casas, Josep Maria Subirachs dan Marià Fortuny. Museum lukis penting di Catalunya adalah Teatre-Museu Dalí, Picasso Museum, Fundació Antoni Tàpies, Joan Miró Foundation, National Art Museum of Catalonia (MNAC), Barcelona Museum of Contemporary Art (MACBA), Centre de Cultura Contemporània de Barcelona (CCCB) dan CaixaForum.

Di bidang arsitektur telah dikembangkan dan disesuaikan dengan gaya artistik Catalunya yang berbeda yang lazim di Eropa, meninggalkan jejak dalam banyak gereja, biara-biara dan katedral, bernuansa Romanesque[11] dan Gaya Gotik. Terdapat beberapa contoh arsitektur Abad Pertengahan, Barok dan Neoklasik. Modernisme (Art Nouveau) pada akhir abad kesembilan belas muncul sebagai seni nasional. Arsitek Katalan terkenal di dunia dari gaya ini adalah Antoni Gaudí, Lluís Domènech i Montaner dan Josep Puig i Cadafalch. Dalam bidang arsitektur rasionalisme, beberapa arsitek di bidang ini diantaranya Josep Lluís Sert dan Torres Clavé.

Monumen dan Situs Warisan Dunia[sunting | sunting sumber]

Sagrada Família, Barcelona.

Di daerah ini terdapat berbagai Situs Warisan Dunia UNESCO diantaranya:

Musik dan Tarian[sunting | sunting sumber]

Sardana.

Sardana dianggap sebagai tarian populer Katalan yang paling khas, grup lainnya juga berlatih Ball de bastons, moixiganga, galops atau jota di bagian selatan. Havaneres merupakan ciri khas di beberapa daerah laut dari Costa Brava, terutama selama bulan-bulan musim panas ketika lagu-lagu ini dinyanyikan di luar ruangan disertai dengan Cremat rum yang dibakar. Gaya musik lainnya yang lahir pada abad ke-20 adalah Catalan rumba, Rock Katalan dan Nova Cançó.

Media dan sinema[sunting | sunting sumber]

Logo Televisió de Catalunya.

Catalunya adalah komunitas otonom, bersama dengan Madrid, dengan lebih banyak media, dalam Bahasa Katalan dan Spanyol.

Televisió de Catalunya, yang bersiaran seluruhnya dalam Bahasa Katalan, merupakan TV publik utama di Katalan. Televisi tersebut memiliki 5 saluran: TV3, Canal 33, 324, Esport3 dan Canal Super3. TV3 bersaing dalam audiensi dengan televisi Negara yang disiarkan di Catalunya dalam bahasa Spanyol: Televisión Española (dengan beberapa siaran dalam Bahasa Katalan), Tele 5, Antena 3, Cuatro dan La Sexta. Saluran lainnya dengan pemirsa televisi yang lebih kecil adalah 8TV, penyiaran televisi dari Grup Godó, Canal Català TV, Barça TV dan televisi lokal.

Dua surat kabar utama di daerah ini adalah El Periódico de Catalunya dan La Vanguardia, keduanya dengan edisi berbahasa Katalan dan Spanyol. Ada juga beberapa surat kabar penting yang diterbitkan hanya dalam Bahasa Katalan, Ara dan El Punt Avui, serta beberapa pers lokal. Surat kabar berbahasa Spanyol, seperti El País dan El Mundo, juga dapat diperoleh di sana.

Radio seperti radio penyiaran publik Catalunya Ràdio dan radio swasta RAC 1 (dimiliki oleh Grup Godó) adalah dua radio utama di Catalunya, keduanya dalam Bahasa Katalan.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Estadi Olímpic Lluís Companys, di Montjuïc, Barcelona.

Olahraga memiliki kejadian penting dalam kehidupan dan budaya Katalan sejak awal abad ke-20 dan, sebagai hasilnya, daerah ini memiliki infrastruktur olahraga yang dikembangkan dengan baik. Olahraga utama di daerah ini adalah sepakbola, basket, bola tangan, hoki, tenis dan motorsport. Terlepas dari kenyataan bahwa olahraga paling populer diwakili ke luar oleh tim nasional Spanyol, Catalunya secara resmi dapat bermain sebagai dirinya sendiri dalam beberapa lainnya.[12]

Klub sepakbola terbesar adalah FC Barcelona, yang telah memenangi 5 Liga Champions UEFA, 4 UEFA Cup, dan RCD Espanyol, serta telah dua kali menjadi runner-up pada UEFA Cup, keduanya bermain di La Liga.

Catalunya menjadi tuan rumah bagi banyak acara olahraga internasional, seperti Olimpiade Musim Panas 1992 di Barcelona, dan juga Mediterranean Games 1955 atau World Aquatics Championships 2013.

Galeri Foto[sunting | sunting sumber]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b National Statistics Office (Spain's GDP and GRP), National Statistics Office. GDP Figures of Spanish autonomous communities and provinces 2008–2012.
  2. ^ Enciclopèdia Catalana online: Catalunya ("Geral de Cataluign, Raimundi Catalan and Arnal Catalan appear in 1107/1112") (dalam Bahasa Katalan) Archived 6 February 2012 di Wayback Machine.
  3. ^ a b Maximiano García Venero (7 Juli 2006). Historia del nacionalismo catalán: 2a edición. Ed. Nacional. Diakses tanggal 25 April 2010. 
  4. ^ Ulick Ralph Burke (1900). A history of Spain from the earliest times to the death of Ferdinand the Catholic. Longmans, Green, and co. p. 154. 
  5. ^ The Sarmatians: 600 BC-AD 450 (Men-at-Arms) oleh Richard Brzezinski dan Gerry Embleton, 19 Agustus 2002.
  6. ^ "La formació de Catalunya". Gencat.cat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Desember 2009. Diakses tanggal 25 April 2010. 
  7. ^ "Online Etymology Dictionary". Etymonline.com. Diakses tanggal 31 Januari 2014. 
  8. ^ El Misteri de la Paraula Cathalunya.[pranala nonaktif]
  9. ^ "La Catalogne: son nom et ses limites historiques, Histoire de Roussillon". Mediterranees.net. 22 Maret 2008. Diakses tanggal 1 Februari 2014. 
  10. ^ Feldhausen, Ingo (2010). Sentential Form and Prosodic Structure of Catalan. John Benjamins B.V. p. 5. ISBN 9789027255518. 
  11. ^ Antoni Pladevall i Font: El Romànic català. A El llibre d'or de l'art català.
  12. ^ "Esports reconeguts". www.seleccions.cat. Diakses tanggal 13 September 2016. 
  13. ^ "Firman acuerdo de colaboración gobierno de NL y Cataluña, España | Info7 | Nuevo León". Info7. Diakses tanggal 13 September 2013. 
  14. ^ "Firman NL y Cataluña intercambio estratégico | Info7 | Nuevo León". Info7.mx. Diakses tanggal 13 September 2013. 
  15. ^ José Lebeña Acebo. "VIDEO: Nuevo León y Cataluña, ¿tierras hermanas? – Publimetro". Publimetro.com.mx. Diakses tanggal 13 September 2013. 
  16. ^ "Senate Concurrent Resolution No. 71 | Senate Office of International Relations". soir.senate.ca.gov. Diakses tanggal 13 September 2016. 

 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Catalonia". Encyclopædia Britannica (11th ed.). Cambridge University Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]