Extremadura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Extremadura
Extremadura (Spanyol)
Estremaura (Extremaduran)
Extremadura
Bendera Extremadura
Coat-of-arms of Extremadura
Himne daerah: Himno de Extremadura
CountrySpain
CapitalMérida
ProvincesCáceres, and Badajoz
Pemerintahan
 • JenisDevolved government in a constitutional monarchy
 • BadanJunta de Extremadura
 • PresidentJosé Antonio Monago Terraza (PP)
Luas
 • Total41.634 km2 (16,075 sq mi)
Peringkat5th
Populasi
 (2009)
 • Total1.097.744
 • Peringkat12th
 • Kepadatan26/km2 (68/sq mi)
DemonimExtremaduran, Extremenian
extremeño (m), extremeña
Kode ISO 3166ES-EX
Statute of AutonomyFebruary 26, 1983
Other languagesFala
Assembly65 deputies
Congress10 deputies (out of 350)
Senate10 senators (out of 264)
Situs webwww.juntaex.es

Extremadura (bahasa Spanyol: [e(k)stɾemaˈðuɾa]; bahasa Extremaduran: Estremaúra; Portugis: Estremadura; Fala: Extremaúra) adalah sebuah wilayah otonomi Spanyol. Daerah ini mencakup provinsi Cáceres dan Badajoz.

Beberapa kota yang penting adalah Cáceres, Badajoz, Plasencia dan Mérida, ibu kota dari wilayah otonomi ini. Untuk munisipalitas-munisipalitas lainnya, lihat Daftar menurut provinsi:

Extremadura berbatasan dengan Portugal di sebelah barat. Daerah ini adalah wilayah yang penting untuk binatang liar, khususnya dengan adanya hutan lindung besar di Monfragüe.

Badajoz dan Cáceres masing-masing adalah provinsi yang terbesar dan terbesar kedua di Spanyol.

Peta Extremadura

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lusitania, sebuah provinsi Romawi kuno lebih kurang mencakup wilayah Portugal sekarang (kecuali wilayah utara yang kini dikenal sebagai Norte Region), dan bagian tengah barat dari Spanyol sekarang, pada masa itu mencakup Wilayah Otonomi Extremadura. Mérida (ibu kota Extremadura), menjadi ibu kota provinsi Lusitania Romawi, dan salah satu dari kota-kota terpenting di Kekaisaran Romawi.

Extremadura adalah sumber dari banyak para penakluk Spanyol terkenal ("conquistadores") dan kolonis di Amerika. Hernán Cortés, Francisco Pizarro, Pedro de Alvarado, Pedro de Valdivia semuanya dilahirkan di Extremadura dan banyak kota di Amerika yang menggunakan nama tanah asal mereka: Mérida adalah nama ibu kota administratif Extremadura, dan juga nama kota-kota penting di Meksiko dan Venezuela; Medellín adalah nama kota kecil di Extremadura, tetapi juga merupakan nama dari kota terbesar kedua di Kolombia; Albuquerque adalah kota terbesar di New Mexico dan nama itu berbunyi demikian karena kesalahan penulisan nama kota Alburquerque, sebuah kota lainnya di Extremadura. Dua orang astronaut Spanyol yang ada sampai sekarang, Miguel López-Alegría dan Pedro Duque, juga mempunyai hubungan keluarga di Extremadura.

Extremadura tidak boleh dikacaukan dengan Estremadura, sebuah provinsi bersejarah Portugal. Pada masa Penaklukan Kembali, "Extremadura" adalah kata yang digunakan untuk menamai tanah yang menjadi perbatasan Kristen dalam menghadapi perlawanan bangsa Moor, karenanya untuk waktu yang lama Extremadura dijadikan nama untuk provinsi Salamanca yang sekarang . ( Cáceres yang sekarang dulu dikenal sebagai "Transierra Leonesa", dan Badajoz yang sekarang dulunya adalah sebuah kerajaan Moor dengan nama yang sama.)

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Extremadura adalah daerah yang paling miskin di Spanyol.

Pemerintahan Regional Extremadura telah memerintahkan distribusi Linuxnya sendiri, yaitu LinEx.

Dialek Extremeño[sunting | sunting sumber]

"... memiliki bunyi yang jelas untuk f h, dan menggunakan i u untuk e o sebagai bunyi akhir; sementara memodifikasi berbagai huruf hidup ‘’medial’’ yang tidak diberi aksen seperti halnya juga dengan andaluz. Wilayah ini sangat jarang penduduknya karena berbagai alasan: banyak penduduknya yang bermigrasi ke Amerika... bahasanya juga memperlihatkan banyak istilah yang kuno. Di sebelah utara Cáceres di Plasencia, Coria dan Garrovillas, perbedaan dari abad pertengahan antara z yang bersuara dengan ç yang tidak bersuara tetap terasa... Extremeño dalam pengertian lain adalah sebuah dialek transisi antara andaluz dengan patois dari León di selatan."
Sumber: Entwistle, William J. The Spanish Language. (pp. 223–224)

Lihat pula: Bahasa Extremadura

Budaya[sunting | sunting sumber]