Navarra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chartered Community of Navarre
Comunidad Foral de Navarra
Nafarroako Foru Erkidegoa
—  Wilayah otonomi  —
Flag of Navarra
Bendera
Coat-of-arms of Navarra
Lambang
Map of Navarra
Koordinat: 42°49′LU 1°39′BT / 42,817°LU 1,65°BB / 42.817; -1.650Koordinat: 42°49′LU 1°39′BT / 42,817°LU 1,65°BB / 42.817; -1.650
Negara  Spanyol
Capital Pamplona
Pemerintahan
 • President Miguel Sanz (UPN)
Luas(2.2% of Spain; Ranked 11th)
 • Total 10.391 km2 (4,012 mil²)
Populasi (2007)
 • Total 620.337
 • Kepadatan Bad rounding here60/km2 (Bad rounding here150/sq mi)
 • Pop. rank 15th
 • Percent 1,3% of Spain
ISO 3166-2 NA
Official languages Spanish and Basque
Statute of Autonomy August 16, 1982
Parliament Cortes Generales
Congress seats 5 (of 350)
Senate seats 5 (of 264)
Situs web Gobierno de Navarra

Navarra (bahasa Spanyol Navarra, bahasa Basque Nafarroa) adalah sebuah wilayah otonomi Spanyol. Nama resminya dalam bahasa Spanyol adalah Comunidad Foral de Navarra (untuk penjelasan arti foral, lihat fuero).

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Navarra berbatasan di sebelah barat dengan wilayah otonomi Negeri Basque (yang terbentuk oleh provinsi Vizcaya, Guipúzcoa dan Álava, meskipun Navarra hanya berbatasan dengan dua yang terakhir), di selatan dengan wilayah otonomi La Rioja, di timur dengan wilayah otonomi Aragon (terbentuk oleh provinsi Zaragoza/Saragossa, Teruel dan Huesca, meskipun Navarra hanya berbatasan dengan Zaragoza dan Huesca), dan di utara dengan negara Prancis.

Komunitas ini diperintah sebagai wilayah otonom dengan parlemen (Parlamento de Navarra) dan pemerintahannya sendiri (Gobierno de Navarra). seperti di wilayah-wilayah otonom lainnya di Spanyol, kesehatan, lapangan kerja, pendidikan dan pelayanan sosial, perumahan, pembangunan perkotaan, kebijakan perlindungan lingkungan hidup, semuanya diletakkan di bawah tanggung jawab lembaga masing-masing. Berbeda dengan wilayah-wilayah lainnya (dan seperti Negeri Basque), Navarra mempunyai tanggung jawab penuh dalam memungut pajak, yang harus mengikuti pedoman umum yang ditetapkan oleh pemerintahan Spanyol tetapi dengan beberapa perbedaan kecil.

Di Navarra terdapat 272 munisipalitas. Lihat Daftar munisipalitas di Navarra. Sepertiga penduduknya tinggal di ibu kota, Pamplona (Basque: Iruña).

Warisan budaya[sunting | sunting sumber]

Navarra adalah hasil campuran pengaruh Basque dari Pyrenea dan pengaruh Mediterania yang dating dari Ebro. Lembah Ebro sangat cocok ditanami gandum, sayur-sayuran, anggur, dan bahkan pohon zaitun, seperti halnya di Aragon dan la Rioja. Daerah ini diduduki oleh Kekaisaran Romawi dan pada Abad Pertengahan ia menjadi kerajaan taifa dari Tudela. Pada masa Reconquista, penduduk Utara meluas ke selatan. Pada Abad Pertengahan, Pamplona merupakan daerah lintasan untuk orang-orang Basque, Gascon dari seberang Pegunungan Pyrenea dan orang-orang yang berbahasa Roman.

Bahasa Basque telah selama berabad-abad kehilangan pengaruhnya. Bahasa Navarra Hulu adalah dialek dari bahasa Basque yang digunakan di wilayah itu. Perasaan sebagai orang "Basque" seringkali dihubungkan dengan penggunaan bahasanya. Misalnya, seseorang dari sebuah tempat di mana Basque berpuluh tahun yang lalu sudah tidak digunakan lagi mungkin akan mengatakan bahwa ia bukan orang Basque, tetapi kakeknya orang Basque. Identitas Basque ini seringkali dibawa ke dalam politik dengan nasionalisme Basque lebih kuat di Utara, baik dalam cabang partai-partai Basque di Navarra seperti Batasuna, Aralar, Eusko Alkartasuna atau EAJ-PNV atau sebagai gerakan-gerakan yang berkembang di Navarra sendiri seperti Batzarre. Di antara partai-partai yang tidak menekankan hubungan dengan Negeri Basque adalah cabang-cabang regional dari partai-partai Spanyol seperti PSOE, maupun partai-partai regional seperti misalnya UPN (Unión del Pueblo Navarro) dan Convergencia de Demócratas Navarros.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Untuk keterangan lebih lengkap tentang sejarah Navarra, lihat Kerajaan Navarra.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]