Parlemen Catalunya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Parlemen Catalunya
Parlament de Catalunya
Parlemen ke-12
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Satu Kamar
Sejarah
Didirikan 1932 (1932)
Komposisi
Anggota 135
Catalan Parliament (before 21D).svg
Kelompok politik
Pemilihan
Perwakilan proporsional
Pemilihan berikutnya
21 Desember 2017
Tempat bersidang
Parlament de Catalunya.JPG
Palau del Parlament de Catalunya, Parc de la Ciutadella, Barcelona, Catalunya
Situs web
www.parlament.cat

Parlemen Catalunya (bahasa Katalan: Parlament de Catalunya, IPA: [pərɫəˈmen də kətəˈɫuɲə]) adalah lembaga legislatif satu kamar di Catalunya. Parlemen Catalunya memiliki 135 anggota parlemen ("diputats"), yang dipilih setiap empat tahun atau setelah parlemen dibubarkan. Anggota parlemen dipilih oleh semua warga dengan hak pilih pada empat daerah pemilihan di provinsi Catalunya. Gedung parlemen terletak di Taman Ciutadella, Barcelona.

Pemilihan parlemen terbaru diadakan pada tanggal 27 September 2015. Sebagai konsekuensi dari hasil pemilu tersebut, parlemen menyetujui Deklarasi untuk Memulai Proses Kemerdekaan Catalunya. Dalam dokumen ini, Parlemen Catalunya "menyatakan awal proses untuk menciptakan negara Catalunya yang merdeka dalam bentuk republik.".

Setelah pemilihan daerah Catalunya 2015 dan keluarnya hasil referendum kemerdekaan pada tanggal 1 Oktober, Parlemen Catalunya secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol pada 27 Oktober 2017 dengan suara sebesar 70 yang menyetujui dan 10 yang menolak. Deklarasi tersebut bertujuan untuk membentuk Republik Catalunya. Sebanyak 55 anggota abstain atau memboikot pemungutan suara dan tidak setuju dengan gerakan kemerdekaan. Menanggapi hal tersebut, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy membubarkan Parlemen Catalunya dan mengadakan pemilu lebih awal pada 21 Desember 2017.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ruang sidang di Istana Parlemen Catalunya.

Di era modern, terdapat upaya untuk mendirikan lembaga perwakilan otonom untuk Catalunya di awal abad ke-20. Persemakmuran Catalunya (1914-25) adalah majelis tanpa kewenangan legislatif yang beranggotakan delegasi dari provinsi Barcelona, Girona, Lleida dan Tarragona. Majelis itu dibubarkan dan dilarang oleh Miguel Primo de Rivera pada tahun 1925.

Presiden Catalunya Carles Puigdemont memberikan pidato di hadapan Parlemen Catalunya pada 10 Oktober 2017

Setelah gagal mendeklarasikan Republik Catalunya pada 14 April 1931, Parlemen Catalunya yang berbeda didirikan atas mandat dari Statuta Otonomi Catalunya yang disetujui oleh Republik Spanyol. Anggota parlemen terpilih pada 20 Oktober 1932. Parlemen tersebut dikuasai oleh Republikan Kiri Catalunya. Namun, Parlemen tersebut diskors antara tahun 1934 dan 1936 setelah berusaha untuk menciptakan sebuah negara terpisah terutama untuk alasan ekonomi setelah rancangan undang-undang untuk mengubah pajak petani ditolak oleh Mahkamah Konstitusi. Deklarasi kemerdekaan sepihak berlangsung 10 jam. Statuta Otonomi sempat dipulihkan pada bulan Februari 1936, dan dihapuskan kembali oleh Generalissimo Francisco Franco pada tahun 1938 selama Perang Saudara Spanyol. Setelah kematian Franco di tahun 1975 dan transisi menuju demokrasi, Statuta Otonomi Catalunya 1979 mengakui pemulihan kembali Parlemen. Anggota Parlemen Catalunya dalam bentuk saat ini terpilih pada tanggal 20 Maret 1980.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

  • Untuk memilih Presiden Generalitat de Catalunya.
  • Untuk mengesahkan undang-undang di Catalunya.
  • Untuk mengesahkan anggaran Catalunya.
  • Untuk mengawasi tindakan dari Pemerintah Catalunya dan lembaga lainnya, serta perusahaan negara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ponce de León, Rodrigo (27 October 2017). "Rajoy cesa a Puigdemont y su Govern y convoca elecciones para el 21 de diciembre". eldiario.es (dalam bahasa Spanish). Diakses tanggal 27 October 2017.  CS1 maint: Unrecognized language (link)