Junts pel Sí

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Junts pel Sí
PemimpinRaül Romeva, Carme Forcadell, Muriel Casals, Artur Mas, Oriol Junqueras
Didirikan20 Juli 2015
Dibubarkan7 November 2017
Penggabungan dariCDC/PDeCAT
ERC
DC
MES
Independen
IdeologiPro-kemerdekaan Catalunya
Nasionalisme Catalunya
Posisi politikTenda besar
Situs web
www.juntspelsi.cat

Junts pel Sí (IPA: [ʒuns pəɫ si]; bahasa Inggris: Together for Yes, JxSí)[1] adalah sebuah aliansi politik Catalunya dan kelompok parlemen yang berfokus pada pencapaian kemerdekaan Catalunya dari Spanyol. Didirikan pertama kali pada pilkada Catalunya 2015, aliansi ini terdiri dari Konvergensi Demokratis Catalunya (CDC), Republikan Kiri Catalunya (ERC), Demokrat Catalunya (DC) dan Gerakan Kiri (MES).[2] Pencalonan Kesatuan Populer (CUP) juga telah diundang untuk berpartisipasi dalam aliansi ini, namun menolak dan sebaliknya memilih untuk mengajukan calonnya secara terpisah.

Koalisi ini dipimpin oleh Raül Romeva, seorang PhD dalam hubungan internasional dan mantan anggota parlemen Eropa (MEP) eco-sosialis; Carme Forcadell, seorang ahli bahasa dan mantan presiden Majelis Nasional Catalunya (ANC); Muriel Casals, ekonom dan mantan presiden Òmnium Cultural; Artur Mas, Presiden dari Generalitat Catalunya dan pemimpin CDC; serta Oriol Junqueras, pemimpin ERC.

Aliansi ini membentuk pemerintah minoritas sejak pemilu 2015 dengan dukungan kepercayaan dari CUP, dan aliansi ini juga bertanggung jawab dalam mengorganisir referendum kemerdekaan Catalunya 2017. Pada 4 November 2017, ERC memilih untuk tidak bergabung JxSí menjelang pilkada Catalunya 2017.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konvergensi Demokratis Catalunya (CDC), Republikan Kiri Catalunya (ERC), Demokrat Catalonia (DC) dan Gerakan Kiri (MES) setuju pada pertengahan Juli 2015 untuk mencalonkan secara bersama-sama di bawah daftar gabungan separatis Junts pel Sí (bahasa Inggris: Together for Yes), dengan dukungan dari gerakan pro-kemerdekaan Majelis Nasional Catalunya (ANC), Òmnium Budaya, dan Asosiasi Pemerintah Munisipalitas untuk Kemerdekaan (AMI).[4] Artur Mas ditunjuk sebagai calon presiden dari JxSí, meskipun ia ditempatkan di tempat keempat dalam daftar pemilu sebagai hasil dari penyeimbangan kekuatan negosiasi antara ERC dan CDC.[5] Sebaliknya, tiga posisi pertama dalam daftar harus diisi oleh tiga tokoh independen: Raül Romeva, seorang mantan MP Eropa dari Inisiatif untuk Catalunya Hijau yang telah meninggalkan partainya karena tidak mendukung kemerdekaan; Carme Forcadell, mantan presiden ANC; dan Muriel Casals, ketua Òmnium. Oriol Junqueras akan ikuti setelah Mas, yaitu di tempat kelima.[6][7]

Dengan demikian, koalisi berkompromi mendukung pemerintahan tengah-kanan yaitu CDC; rekan tengah-kiri mereka di Parlemen yaitu ERC; demikian pula DC dan MES yang merupakan pecahan pro-kemerdekaan dari Uni Demokratik Catalunya (UDC) dan Partai Sosialis Catalunya (PSC); serta para anggota separatis dari masyarakat sipil.[8] Pencalonan Kesatuan Populer (CUP), yang sebelumnya juga berpartisipasi dalam negosiasi membentuk daftar calon gabungan, akhirnya menolak bergabung dengan alasan bahwa "ini dibentuk oleh para politisi" — mengacu pada kehadiran CDC dan ERC yang cukup kuat dalam daftar koalisi — dan memutuskan untuk mencalonkan sendiri secara terpisah.[9]

Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Konvergensi Demokratis Catalunya (CDC) (sampai 10 Juli 2016)
  • Partai Demokratis Eropa Catalunya (PDeCAT) (sejak 10 Juli 2016)
  • Republikan Kiri Catalunya (ERC)
  • Demokrat Catalunya (DC)
  • Gerakan Kiri (MES)
  • Independen

Hasil pemilu[sunting | sunting sumber]

Parlemen Catalonia[sunting | sunting sumber]

Tanggal Suara Kursi Status Ukuran
# % ±pp # ±
2015 1,628,714 39.6% -4.8 Red Arrow Down.svg9 Pemerintah 1

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Junts pel Sí (Together for Yes): "We are all in, we've reached the end of the line"". Ara. 21 July 2015. Diakses tanggal 13 November 2015. 
  2. ^ ""If the majority is there, the Catalan Parliament will solemnly declare the start of the independence process", states Romeva". 20 July 2015. Diakses tanggal 20 July 2015. 
  3. ^ "ERC descarta reeditar la coalición 'Junts Pel Sí' en las elecciones del 21-D". Cadena SER (dalam bahasa Spanish). 4 November 2017. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  4. ^ "Rull y Junqueras anuncian un principio de acuerdo Convergència-ERC sobre la lista unitaria". El Periódico de Catalunya (dalam bahasa Spanish). 18 June 2015. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  5. ^ "El Govern y ERC desautorizan a Romeva para blindar a Mas". El Periódico de Catalunya (dalam bahasa Spanish). 24 July 2015. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  6. ^ "El Consell Nacional de ERC ratifica la lista unitaria con CDC por asentimiento". La Vanguardia (dalam bahasa Spanish). 15 July 2015. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  7. ^ "Raül Romeva, Forcadell y Casals encabezarán la lista de Mas del 27-S". El Mundo (dalam bahasa Spanish). 15 July 2015. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  8. ^ "Mas doblega a ERC y el 27-S liderará la lista independentista". El Mundo (dalam bahasa Spanish). 15 July 2015. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  9. ^ "David Fernández: "La última propuesta imposibilitaba cualquier acuerdo" por la lista unitaria". La Vanguardia (dalam bahasa Spanish). 14 July 2015. Diakses tanggal 13 November 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Tidak ada URL yang ditemukan. Tuliskan URL di sini atau tambahkan di Wikidata.