Televisió de Catalunya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Televisió de Catalunya
JenisPenyiaran televisi
NegaraSpanyol, Andorra dan juga Prancis dan Italia (Sardinia)
JangkauanCatalonia
Kepulauan Balearik
Andorra, Catalonia Utara (Prancis), La Franja dan Alghero (Sardinia, Italia)
Internasional melalui satelit.
Didirikan1983
Slogan"La teva"
PemilikCorporació Catalana de Mitjans Audiovisuals
Tanggal luncur
September 1983
Situs resmi
www.ccma.cat/tv3/

Televisio de Catalunya (bahasa Katalan: [təɫəβiziˈo ðə kətəˈɫuɲə], dikenal dengan singkatan TVC) adalah jaringan penyiaran umum di Catalonia, salah satu dari tujuh belas komunitas otonom di Spanyol.

Jaringan ini merupakan bagian dari Corporació Catalana de Mitjans Audiovisual, sebuah perusahaan publik yang dibuat oleh Generalitat de Catalunya melalui Founding Act pada tahun 1983. Lebih dari setengah pendapatan (52%) berasal dari dana publik melalui Generalitat de Catalunya, sedangkan 48% sisanya didapatkan melalui iklan, sponsor, cendera mata dan penjualan produksi asli.[1] Jaringan ini secara resmi disusun oleh enam saluran: TV3, TV3 HD, 33/Super3, 3/24, Esport 3 dan TV3CAT.

Walaupun bahasa utama dari semua saluran ini adalah Catalonia, terjemahan bahasa Spanyol biasanya tidak dicantumkan di teks bagian bawah, karena umumnya semua penutur bahasa Catalonia juga merupakan penutur bahasa Spanyol. Beberapa program seperti Polònia dan APM menggunakan bahasa Spanyol secara luas. Di Lembah Aran, terdapat program dalam bahasa Aran.

Kantor pusat TVC terletak di Sant Joan Despi, dekat Barcelona.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Model berskala kantor pusat Televisio de Catalunya di Catalunya en Miniatura.

TV3 memulai uji coba siaran pada tanggal 11 September 1983 (Hari Nasional Catalonia) tetapi siaran reguler dimulai beberapa bulan kemudian, pada 16 Januari 1984.[2] TV3 adalah saluran televisi pertama yang hanya melakukan siaran di Catalonia. Pada tahun 1985, TV3 memperluas cakupan ke Andorra, Catalonia Utara dan Valencia. Satu tahun kemudian, TV3 meresmikan kantor baru, fasilitas seluas 4,5 hektar di Sant Joan Despi, dekat Barcelona.

Sejak tahun 1987, TV3 telah menyiarkan kedua saluran audio pada hampir semua serial dan film berbahasa asing program audio asli, pertama menggunakan sistem Zweikanalton dan saat ini menggunakan NICAM. Serial dan film lokal biasanya disiarkan dalam NICAM stereo, meskipun terkadang sebuah trek narasi audio untuk penyandang buta dan pemirsa tunanetra juga disediakan.

Pada tahun 1988, TV3 memulai proses desentralisasi, pertama penyiaran program dalam bahasa Aran untuk daerah Lembah Aran, satu tahun kemudian, pembukaan kantor cabang di Tarragona, Girona dan Lleida dan membentuk Telenoticies Comarques, sebuah program berita daerah yang disiarkan secara bersamaan dalam empat edisi yang berbeda, satu untuk masing-masing dari empat provinsi Catalonia.

Selama Olimpiade Musim Panas 1992, TV3 dan TVE membuat Olimpiade Channel, sebuah jaringan bersama untuk menyediakan cakupan Olimpiade menggunakan frekuensi Canal 33. Pada tahun 2002, Televisio de Catalunya mulai mengudara dalam sistem televisi digital terestrial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CCRTV - Televisió de Catalunya". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-05-15. Diakses tanggal 2017-12-07. 
  2. ^ "CCRTV - History". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-08. Diakses tanggal 2017-12-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]