Sagrada Família

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sagrada Família
Basílica i Temple Expiatori
de la Sagrada Família

Templo Expiatorio de la Sagrada Familia
Basilika dan Gereja Pelayanan
Keluarga Kudus
Exterior Sagrada Família2.jpg
Sisi Barat, Juli 2018
Informasi umum
Letak Barcelona, Catalonia, Spanyol
Koordinat geografi 41°24′13″N 2°10′28″E / 41.40361°N 2.17444°E / 41.40361; 2.17444Koordinat: 41°24′13″N 2°10′28″E / 41.40361°N 2.17444°E / 41.40361; 2.17444
Afiliasi agama Katolik Roma
Distrik Barcelona
Tahun pemberkatan 7 November 2010
Status Basilika minor
Status Aktif/belum selesai
Status warisan 1969, 1984
Kepemimpinan Yang Mulia Juan Josep Cardinal Omella, Uskup Agung Barcelona
Situs web SagradaFamilia.cat
Deskripsi arsitektur
Arsitek Antoni Gaudí
Gaya arsitektur Modernisme
Kontraktor umum Construction Board of La Sagrada Família Foundation [1]
[diragukan]
Peletakan batu pertama 1882; 136 tahun lalu (1882)
Tahun selesai

pembangunan struktural 2026[2] (perk. 2017)

decorations 2032[3]
Spesifikasi
Arah fasad Tenggara
Kapasitas 9.000
Panjang 90 m (300 ft)[4]
Lebar 60 m (200 ft)[4]
Lebar (pusat) 45 m (150 ft)[4]
Puncak 18 (8 sudah jadi)
Tinggi puncak 170 m (560 ft) (rencana)
Penetapan salah
Nama resmi: Templo Expiatorio de la Sagrada Familia
Jenis MonumenBasilika
Ditetapkan 24 Juli 1969
No. referensi (R.I.)-51-0003813-00000[5]
Situs Warisan Dunia UNESCO
Bagian dari Karya Antoni Gaudí
Kriteria Cultural: i, ii, iv
Referensi 320-005
Pengukuhan 2005 (Sesi ke-29)


Basílica i Temple Expiatori de la Sagrada Família (Bahasa Katalan: [səˈɣɾaðə fəˈmili.ə]; bahasa Spanyol: Templo Expiatorio de la Sagrada Familia; bahasa Indonesia: Basilika dan Gereja Pelayanan Keluarga Kudus) adalah sebuah gereja Katolik Roma besar yang belum selesai dibangun di Barcelona dan dirancang oleh arsitek berkebangsaan Spanyol, Antoni Gaudí (1852–1926).

Karya Gaudi pada bagian bangunan merupakan bagian dari Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO dan pada bulan November 2010 Paus Benediktus XVI mensucikan dan menyatakan bangunan tersebut merupakan basilika minor, sebagai pembeda dari katedral, tempat kedudukan uskup.

Pembangunan basilika Sagrada Familia dimulai pada tahun 1882 oleh arsitek Francisco Paula de Villar, sementara Gaudí mulai terlibat pada tahun 1883 setelah Francisco mengundurkan diri sebagai arsitek utamanya. Sejak mengambil alih proyek tersebut, Gaudí menyesuaikan gaya arsitektur dan konstruksi basilica sesuai dengan gayanya, menggabungkan gaya arsitektur Gothic dan bentuk lengkungan lengkungan Art Nouveau.

Gaudí mendedikasikan tahun tahun terakhir hidupnya untuk proyek ini, dan pada saat kematiannya pada usia 73 pada tahun 1926, kurang dari seperempat dari proyek itu telah selesai.

Konstruksi basilika Sagrada Familia ini berkembang secara perlahan, karena mengandalkan sumbangan pribadi dan sempat terganggu oleh terjadinya perang saudara di Spanyol saat proses pengerjaan proyek pada tahun 1950-an akan dilanjutkan. Konstruksi melewati titik tengah pada tahun 2010 dengan menyisakan beberapa tantangan terbesarnya, termasuk tanggal penyelesaian proyek yang direncanakan pada tahun 2026, bertepatan dengan peringatan seratus tahun kematian Gaudí.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Basilika Sagrada Família adalah inspirasi dari seorang penjual buku, Josep Maria Bocabella, pendoro Asosiasi Spiritual Pemuja Santa Joseph. Setelah kunjungan ke Vatikan pada tahun 1872, Bocabella kembali dari Italia dengan tujuan membangun sebuah gereja terinspirasi oleh yang di Loreto. Pembangunan bagian kubah utama gereja, didanai oleh sumbangan, dimulai 19 Maret 1882, bertepatan dengan festival St Joseph, berdasarkan desain arsitek Francisco de Paula del Villar, yang merencanakan gereja kebangkitan Gothic dalam bentuk standar.

Kubah utama selesai sebelum pengunduran diri Villar pada tanggal 18 Maret 1883, ketika Gaudí menerima tanggung jawab desain, yang pada akhirnya ia ubah secara radikal. Antoni Gaudi mulai bekerja pada gereja pada tahun 1883 dan baru ditunjuk sebagi Arsitek kepala pada tahun 1884.

Design[sunting | sunting sumber]

Gaya arsitektur Sagrada Familia adalah berbagai disamakan dengan Spanyol Akhir Gothic, Catalan Art Nouveau untuk Modernisme dan Noucentisme atau Catalan. Sementara Sagrada Familia jatuh dalam periode Art Nouveau, Nikolaus Pevsner menunjukkan itu, bersama dengan Charles Rennie Macintosh di Glasgow, gaya Art Nouveau Gaudi Dibawa jauh melampaui biasa aplikasi ITS sebagai dekorasi permukaan.

Denah[sunting | sunting sumber]

Pada rancangannya untuk Sagrada Familia ini, Gaudi merencanakan pembangunan delapan belas menara yang mewakili Dua Belas Rasul, Perawan Maria, Empat Penginjil dan yang tertinggi dari semua menara, Yesus Kristus. Gaudi merancang Sagrada Familia memiliki 3 fasad bangunan, yaitu : Nativity, Passion, dan Glory. Fasad Nativity terletak di sebelah timur di jalan Marina. Timur adalah tempat matahari terbit. Detail pahatan pada sisi fasad ini berkisah tentang kelahiran dan kehidupan Yesus. Dengan ini Gaudi ingin menggambarkan yesus seperti fajar. Kelahiran-Nya membawa harapan kehidupan bagi manusia. Di sisi barat dijalan Sardenya, merupakan fasad Passion. Sebagaimana matahari terbenam di ufuk barat, fasad ini menggambarkan akhir kehidupan Yesus. Pintu gereja dihiaskan patung-patung yang bertutur tentang kisah sengsara Yesus di atasnya. Tepat di tengah fasad di atas pintu, terdapat sebuah patung salib yang sangat besar. Di sekitarnya, penuh ornamen fragmen kisah jalan salib. Sementara, sisi selatan dijalan Malorca disebut fasad Glory yang menggambarkan karya-karya keselamatan Yesus di dunia.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Terkait masa konstruksi basilika yang sangat panjang, Gaudí menyatakan: ". Klien saya tidak terburu-buru". Konstruksi Sagrada Familia berkembang perlahan-lahan , karena mengandalkan sumbangan pribadi dan sempat terhenti pengerjaannya akibat Perang Saudara pada tahun 1936 di Spanyol. Pada saat perang saudara tersebut bangunan Sagrada Familia mengalami pengerusakan yang dilakukan oleh kelompok anarkis Catalan.

Setelah Perang Saudara di Spanyol tersebut berakhir. Pada tahun 1940, arsitek Francesc Quintana, Isidre Puig Boada, Lluis Bonet I Gari dan Francesc Condoner mulai bekerja dan melanjutkan pembangunan dengan merekonstruksi rancangan dengan adaptasi modern. Jordi Bonet, anak dari Lluis Bonet mulai memperkenalkan komputer ke dalam proses rancangan dan konstruksi sejak tahun 1980-an. Penggunaan Komputer dalam perancangan berdampak pada semakin cepatnya pembangunan konstruksi dari Sagrada Familia, yang sebelumnya diperkirakan berlangsung selama beberapa ratus tahun, Kubah pada bagian tengah terselesaikan pada tahun 2000. Desain basilika hari ini merupakan versi rekonstruksi dari rencana yang dibakar dalam api serta pada adaptasi modern.

Pada tahun 2006 konsentrasi pembangunan adalah pada persimpangan dan struktur pendukung untuk menara utama yang akan menjadi fasad utama. Pada tahun 2008, beberapa Arsitek Catalan terkenal menganjurkan untuk penghentian rekonstruksi untuk menghormati rancangan asli karya Gaudi yang meskipun tidak lengkap dan rusak sebagian. Pada tahun 2010 delapan menara telah dibangun, sesuai dengan empat rasul pada fasad Nativity dan empat lainnya pada fasad Passion. Sampai saat ini menara pada fasad Glory masih dalam tahap konstruksi. Jika sudah terselesaikan tinggi total puncak menara ini adalah 170m (560 kaki dpl) menjadi satu meter kurang dari bukit Montjuic di Barcelona, Gaudi percaya bahwa ciptaannya tidak boleh melampaui ciptaan Tuhan. Pada Tahun 2010 pula dilakukan pemasangan atap utama sehingga Sagrada Familia yang belum selesai pembangunannya itu akan digunakan untuk ibadah.

Tahapan Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan informasi dari situs resmi Sagrada Familia, tahapan pembangunan Sagrada Familia ini terbagi menjadi 5 tahap. Adapun tahapan tahapantersebut adalah sebagai berikut:

Tahap Awal (1883-1913)[sunting | sunting sumber]

Setelah mengambil alih proyek pada tahun 1883, dikarenakan mundurnya arsitek yang pada awalnya dan Gaudi pun diberikan kepercayaan untukmeneruskan perancangan Sagrada Familia. Tahap pertama yang dilakukan oleh Gaudi ialah membangun crypt, yang selesai pada tahun 1889.Semuanya proses pembangunan berjalan pada kecepatan yang baik berkatsumbangan dari masyarakat di kota Barcelona. Pembangunan terus berjalantanpa terganjal apapun.Suatu ketika Antoni Gaudi mendapatkan satu pencerahan besar yangmemberikan dampak kepada desain dari Sagrada familia, ia berpikir untukmelakukan sebuah pekerjaan baru yang lebih besar, ia membuang ide neo-gothik lama dan mengusulkan konsep yang lebih monumental dan pembaruanbaik dari segi bentuk dan struktur dan konstruksi. Proyek Gaudi terdiri darisebuah gereja besar dengan denah salib latin dan menara tinggi ;itu membawabeban simbolis besar, baik dalam bentuk arsitektur dan patung, dengan tujuanakhir menjadi penjelasan catechistic ajaran injil gereja Pada tahun 1892 ia mulai bekerja pada dasar-dasar fasad Nativity. Padatahun 1894 fasad apse selesai dan pada tahun 1899 pintu roser salah satu pintumasuk ke gereja. Disamping proyek ini, di sudut selatan-barat dari gereja, pada tahun 1909 Gaudi membangun sekolah sementara, dirancang untuk anak-anak dari para pekerja yang bekerja di Sagrada Familia dan anak-anak setempatyang menjadi anggota paroki tersebut. Tahun berikutnya, pada tahun 1910,model fasad Nativity di pamerkan di Grand Palais di Paris pada kesempatanpameran karya gaudi dipromosikan oleh temannya Eusebi Guell.

Tahap Gaudi (1914-1926)[sunting | sunting sumber]

Setelah 1914, Gaudi mengabdikan dirinya secara ekslusif untukmembangun Sagrada Familia, yang mana menjadi alasan mengapa tidak adakarya karya besar lainnya dari tahun-tahun terakhir hidpunya. Dia menjadi begitusibuk di beberapa bulan terakhirnya tepat di sebelah bengkel yang terletak diruang samping apse yang ia gunakan untuk membuat model skala, melakukansketsa dan gambar, sebagai studio patung dan ruang untuk karya fotografi, danlainnya. Pada tahun 1911 ia merencanakanpembangunan dari Passion Fasade yangmerupakan rangkaian dari tiga fasad dari bangunanSagrada Familia. dan pada tahun tahun 1923 iamenemukan solusi untuk rangkaian atap daribangunan Sagrada Familia. Karya-karya majuperlahan-lahan , meskipun begitu Gaudi tidakmenilainya sebagai suatu masalah . bahkan iaberkata : “ Tidak ada alasan untuk menyesal bahwa saya tidak bisamenyelesaikan gereja ini, saya akan menjadi tua tetapi yang lain akan datangsetelah aku, yang harus selalu mereka pegang teguh adalah semangat kerja dariku.”5 Pembangunan Sagrada Familia di Barcelona6Pada 30 November 1925 pembangunan menara lonceng pertama darifasad Nativity telah selesai, menara ini didedikasikan untuk St.Barnaby , menaraini 100m tingginya. Ini adalah satu-satunya yang benar-benar sudah dibangunpada saat Gaudi masih hidup. Karena pada tanggal 10 juni 1926 ia meninggalsebagai akibat dari kecelakaan tragis tiga hari sebelum tanggal kematiannyayaitu akibat tertabrak trem, yang merupakan alat transportasi di kota Barcelonakala itu. Pada tanggal 12 juni ia dimakamkan di Kapel Carmen di ruang bawahtanah dari Sagrada Familia.Selama bertahun-tahun sejumlah arsitek, pematung dan pembuat modeltelah bekerja pada proyek dengan Gaudi. Diantaranya adalah arsitek sepertiFrancesc Bereguer, Joan Rubio, Domenec Sugranes, Josep Maria Jujol, JosepCanaleta, Francesc de Paula Quintana i Vidal, Josep Francesc Rafols, CesarMartinell, Isidre Puig i Boarda, Lluis Bonet i Gari, Francesc Folguera dan JoanBergos. Juga para pematung seperti Llorenc Matamala, Carles Mani dan PauBadia. Konstruktor yang paling menonjol adalah Agusti Massip i Brasso.

Tahap Mulai Kembali (1939-1985)[sunting | sunting sumber]

Setelah perang saudara Spanyolberkhir. Pembangunan Sagrada Familia dikota Barcelona dilanjutkan kembali, dan gereja terus meningkat perlahan-lahan.Pada tahun 1940, arsitek Francesc dePaula Quintana i Vidal, rekan gaudi sejaktahun 1919, memulihkan crypt bakarandan mulai merekonstruksi model yangrusak, yang digunakan untuk melanjutkanpembangunan sesuai dengan ide awalGaudi..Pada tahun 1954, pemasangan pondasi Passion Fasade telah dimulai,pemasangan ini didasarkan dari banyak penelitian yang dilakukan oleh Gaudipada tahun 1892 dan 1917. Pembangunan terus berlanjut hingga 1985 mulaidari di dirikan nya kolom, kubah, dinding nave dan transept.

Tahap Sekarang (1986-2013)[sunting | sunting sumber]

Sejak 1986, pematung Josep MariaSubirachs’ver telah membuat patunguntuk Passion Fasade, yang telahdieksekusi sesuai dengan gayanyaselama 25 tahun terakhir. Pada tahun2000 , kubah dari bagian tengah dantransept dibangun dan pekerjaan dimulaipada fasad Glory. Pada tahun 2001jendela utama dari fasad Passion telah selesai dengan pemasangan kaca patriyang didedikasikan untuk kebangkitan yesus , pengerjaan dilakukan oleh JoanVila-Grau.7 Pembangunan Sagrada Familia di Barcelona8Empat kolom tengah pun juga telah selesai pada tahun ini. Pada tahun 2002,pematung Josep Maria Subirachs melakukan pengerjaan untuk dinding nabiyang terletak di teras fasad Passion. Dan pada tahun 2005, Patung kenaikanTuhan di tempatkan di antara menara-menara pada fasad Passion, diwaktu yangsama , dipasangkan juga simbol ekaristi roti dan anggur di jendela dari bagianfasad Passion oleh pematung asal jepang, Etsuro Grove. Pada tahun 2006ukiran paduan suara pada fasad Glory selesai dibangun sesuai dengan modelGaudi yang asli. Lalu pada tahun 2010 menara yang dimahkotai oleh salibdidirikan , menara ini didedikasikan untuk Perawan Maria. Menara ini akandikelilingi oleh empat menara lainnya, yang didedikasikan untuk penginjil.Pengerjaan yang berlangsung hingga tahun 2013 adalah penyelesaianpembangunan menara, yang mana terdiri dari 16 menara dan penyelesaian darifasad Glory.

Terowongan Bawah Tanah[sunting | sunting sumber]

Sejak 2013, AVE kereta api berkecepatan tinggi Telah lulus dekat Sagrada Familia melalui terowongan bawah tanah berjalan di bawah pusat itu dari Barcelona. Konstruksi terowongan bawah tanah berlokasi dibawah basilika yang dimulai pada 26 Maret 2010 dinilai kontroversial. Kementerian Pekerjaan Umum Spanyol (Ministerio de Fomento) meyakinkan jika proyek ini tidak menimbulkan dampak ke gereja. Sementara jajaran arsitek dan insinyur Sagrada Familia menyatakan sebaliknya, tidak ada jaminan jika terowongan tersebut tidak akan mempengaruhi stabilitas bangunan basilika.

Dewan Sagrada Familia (Patronat de la Sagrada Familia) dan asosiasi lingkungan AVE Pel Litoral (AVE oleh Coast) sudah melakukan kampanye berkaitan dengan rute EVA tersebut, namun tidak membuahkan hasil. Pada bulan Oktober 2010, mesin pengeboran terowongan mencapai area bawah tanah basilika tepat di bawah lokasi façade utama bangunan. Layanan melalui terowongan itu Diresmikan pada tanggal 8 Januari 2013. Trek di terowongan Membuat penggunaan sistem oleh Edilon Sedra di mana rel yang tertanam dalam bahan elastis untuk meredam getaran. Tidak ada kerusakan pada Sagrada Familia telah dilaporkan hingga saat ini.

Konsekrasi[sunting | sunting sumber]

Kubah utama tertutup dan organ dipasang pada pertengahan 2010, gedung Membiarkan masih belum selesai yang akan digunakan untuk layanan keagamaan. Gereja ini ditahbiskan oleh Paus Benediktus XVI pada 7 November 2010 di depan 6.500 orang jemaat sementara sebanyak 50.000 jemaat lainnya mengikuti jalannya misa dari luar basilika. Lebih dari 100 uskup dan 300 imam turun langsung memberikan Komuni Kudus kepada para jemaat.

Sampai saat ini belum ada misa yang dilangsukan secara terjadwal di basilika, namun jemaat yang ingin berdoa bisa melakukannya di Kapel Sakramen Kudus dan Penitence. Untuk beberapa misa yang dilangsungkan dibasilika biasanya membutuhkan undangan untuk bisa menghadirinya. Undangan tersebut bisa diunduh pada website Sagrada Familia.

Kebakaran[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 April 2011, cairan arson menjadi pemantik tragedi kebakaran basilika di area sakristi yang menyebabkan evakuasi wisatawan dan pekerja konstruksi. Sakristi rusak, dan diperlukan kurang lebih 45 menit waktu untuk memadamkan kebakaran

Pendanaan dan izin bangunan[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Sagrada Família tidak didanai oleh pemerintah maupun gereja. Tahap awal pembangunannya didanai oleh sumbangan para donatur.[6] Pembangunan selanjutnya didanai oleh hasil penjualan tiket wisata. Sumbangan disalurkan melalui organisasi Friends of the Sagrada Família.

Anggaran pembangunan tahun 2009 sebesar €18 juta.[7]

Pada Oktober 2018, 136 tahun setelah peletakan batu pertama, dewan pengawas Sagrada Família membayar €36 juta kepada pemerintah kota untuk memperoleh izin mendirikan bangunan.[8] Sebagian besar uang tersebut akan digunakan untuk memperbaiki akses ke gereja dari kereta bawah tanah Barcelona.[9]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fundació junta constructora del Temple Expiatori de la Sagrada Família Fundacions.cat
  2. ^ https://blog.sagradafamilia.org/en/divulgation/what-are-the-main-milestones-for-the-sagrada-familia-in-the-future/
  3. ^ https://www.fastcompany.com/3052694/100-years-after-breaking-ground-gaudis-la-sagrada-familia-enters-final-stage
  4. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama gimeno
  5. ^ "Templo Expiatorio de la Sagrada Familia". Patrimonio Historico – Base de datos de bienes inmuebles (dalam bahasa Spanish). Ministerio de Cultura. Diakses tanggal 9 January 2011. [pranala nonaktif]
  6. ^ Fletcher, Tom. "Sagrada Família Church of the Holy Family". Essential Architecture. Diakses tanggal 5 August 2008. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama elpais
  8. ^ "136 years late, La Sagrada Familia finally lands a building permit". New Atlas. 24 October 2018. 
  9. ^ "Barcelona's Sagrada Familia Church Has Been Under Construction for 136 Years. That's a Lot of Unpaid Permit Fees". Time. 19 October 2018. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Zerbst, Rainer (1988). Antoni Gaudi – A Life Devoted to Architecture. Trans. from German by Doris Jones and Jeremy Gaines. Hamburg, Germany: Taschen. ISBN 3-8228-0074-0. 
  • Nonell, Juan Bassegoda (2004). Antonio Gaudi: Master Architect. New York: Abbeville Press. ISBN 0-7892-0220-4. 
  • Hernandez SJ, Jean-Paul (2007). Pardes, ed. Antoni Gaudi: La Parola nella pietra. I simboli e lo spirito della Sagrada Familia. Bologna, Italy. hlm. 114. ISBN 978-88-89241-31-8. 
  • Crippa, Maria Antonietta (2003). Peter Gossel, ed. Antoni Gaudi, 1852–1926: From Nature to Architecture. Trans. Jeremy Carden. Hamburg, Germany: Taschen. ISBN 3-8228-2518-2. 
  • Schneider, Rolf (2004). Manfred Leier, ed. 100 most beautiful cathedrals of the world: A journey through five continents. Trans. from German by Susan Ghyearuni and Rae Walter. Edison, New Jersey: Chartwell Books. hlm. 33. ISBN 978-0-7858-1888-5. 
  • Borja de Riquer i Permanye (2001). Modernisme i Modernistes. Barcelona: Gaudi, Lunwerg. ISBN 84-7782-776-1. 
  • Barral i Altet, Javier (2001). L'isard, Barcelona, ed. Art de Catalunya. Arquitectura religiosa moderna i contemporània. ISBN 84-89931-14-3. 
  • Bassegoda i Nonell, Joan (1989). Ausa, Sabadell, ed. El gran Gaudí. ISBN 84-86329-44-2. 
  • Bassegoda i Nonell, Joan (2002). Gaudí o espacio, luz y equilibrio. Madrid: Criterio Libros. ISBN 84-95437-10-4. 
  • Bergós i Massó, Joan (1999). Ed. Lunwerg, Barcelona, ed. Gaudí, l'home i l'obra. ISBN 84-7782-617-X. 
  • Bonet i Armengol, Jordi (2001). Ed. Pòrtic, Barcelona, ed. L'últim Gaudí. ISBN 84-7306-727-4. 
  • Crippa, Maria Antonietta (2007). Taschen, Köln, ed. Gaudí. ISBN 978-3-8228-2519-8. 
  • Flores, Carlos (2002). Ed. Empúries, Barcelona, ed. Les lliçons de Gaudí. ISBN 84-7596-949-6. 
  • Fontbona, Francesc; Miralles, Francesc (1985). Ed. 62, Barcelona, ed. Història de l'Art Català. Del modernisme al noucentisme (1888–1917). ISBN 84-297-2282-3. 
  • Giralt-Miracle, Daniel (2002). Lunwerg, ed. Gaudí, la busqueda de la forma. ISBN 84-7782-724-9. 
  • Gómez Gimeno, María José (2006). Mundo Flip Ediciones, ed. La Sagrada Familia. ISBN 84-933983-4-9. 
  • Lacuesta, Raquele (2006). Diputació de Barcelona, Barcelona, ed. Modernisme a l'entorn de Barcelona. ISBN 84-9803-158-3. 
  • Navascués Palácio, Pedro (2000). Espasa Calpe, Madrid, ed. Summa Artis. Arquitectura española (1808–1914). ISBN 84-239-5477-3. 
  • Permanyer, Lluis (1993). Ed. Polígrafa, Barcelona, ed. Barcelona modernista. ISBN 84-343-0723-5. 
  • Puig i Boada, Isidre (1986). Ed. Nou Art Thor, Barcelona, ed. El temple de la Sagrada Família. ISBN 84-7327-135-1. 
  • Tarragona, Josep Maria (1999). Ed. Proa, Barcelona, ed. Gaudí, biografia de l'artista. ISBN 84-8256-726-8. 
  • Van Zandt, Eleyearr (1997). Asppan, ed. La vida y obras de Gaudí. ISBN 0-7525-1106-8. 
  • Zerbst, Rainer (1989). Taschen, ed. Gaudí. ISBN 3-8228-0216-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Video luar
Gaudí, Sagrada Família, Smarthistory

Templat:Tengaran di Barcelona Templat:Situs Warisan Dunia di Spanyol Templat:Situs Warisan Dunia di Katalunya