Sebastiano Serlio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebastiano Serlio
Sebastiano Serlio Image.jpg
Potret Sebastiano Serlio (dicetak oleh Vincenzo Raggio)
Lahir6 September 1475
Bologna
MeninggalSekitar 1554
Fontainebleau
KebangsaanItalia
Karya
ProyekI Sette libri dell'architettura
Kanon Serlio dari 5 ordo arsitektur.

Sebastiano Serlio (6 September 1475 – sekitar 1554) adalah arsitek Mannerist asal Italia, yang merupakan angota dari tim Italia yang membangun Istana Fontainebleau yang sekarang menjadi Situs Warisan Dunia Unesco. Serlio membantu mengkanonisasi arsitektur ordo klasik dalam risalahnya yang berpengaruh yang dikenal sebagai I sette libri dell'architettura ("Tujuh Buku Arsitektur") atau "Tutte l'opere d'architettura et prospetiva" ("Semua karya tentang arsitektur dan perspektif").

Lahir di Bologna, Serlio pergi ke Roma pada tahun 1514 dan bekerja di studio Baldassare Peruzzi, di sana ia tinggal sampai jatuhnya Roma tahun 1527. Pada tahun 1527 semua proyek arsitektur ditahan untuk sementara waktu. Seperti juga Peruzzi, ia memulai kariernya sebagai pelukis. Dia tinggal di Venesia dari sekitar tahun 1527 hingga awal tahun 1540-an dan meninggalkan sedikit karya di kota itu.

Meskipun Serlio menyelesaikan ketujuh bukunya, tetapi hanya lima buku pertama yang diterbitkan selama masa hidupnya. Buku keenam masih dalam bentuk manuskrip hingga abad ke-20.[1] Dia menyusun dua buku tambahan, yang dapat dianggap sebagai lampiran: "Extraordinary Book of Doors"" dan "On Polybius' Castrametation".

Serlio meninggal sekitar tahun 1554 di Fontainebleau, setelah menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Lyon, Prancis.

Gereja dengan model fasad ala Serlio tahun 1537 yang mengkristal dalam sebuah format hingga abad ke-18.
Halaman dari bukunya yang ketujuh.
Dua halaman dari bukunya yang kedelapan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ One manuscript of Book VI is in the Avery Architectural Library, Columbia University. A second manuscript of Book VI as well as a manuscript of "On Polybius' Castrametation" (sometimes referred to as "Book VIII") are in the Staatsbibliothek, Munich.