Struktur hiperboloid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menara air menggunakan teknik struktur hiperboloid pertama di dunia dengan kisi-kisi setinggi 37 meter karya Vladimir Shukhov pada acara Pameran Seluruh Rusia 1896 di Nizhny Novgorod, Rusia.

Struktur hiperboloid adalah struktur arsitektur yang dirancang menggunakan sebuah hiperboloid dalam satu lembar kertas kerja. Seringkali merupakan struktur-struktur yang tinggi seperti menara di mana kekuatan struktural geometri hiperboloid digunakan untuk menopang objek yang berada di tempat yang tinggi dari permukaan tanah, tetapi geometri hiperboloid juga sering digunakan untuk efek dekoratif dan juga ekonomi struktural. Struktur hiperboloid pertama dibangun oleh insinyur Rusia, Vladimir Shukhov (1853-1939).[1] Menara hiperboloid pertama di dunia terletak di Polibino, distrik Dankovsky, Oblast Lipetsk, Rusia.

Struktur hiperbolik memiliki lengkungan Gaussian negatif, yang berarti melengkung ke dalam, bukan melengkung ke luar atau lurus. Seperti permukaan garis rangkap, struktur hiperbolik dapat dibuat dengan kisi-kisi tiang yang lurus, karenanya lebih mudah dibangun daripada permukaan melengkung yang tidak memiliki garis beraturan sehingga harus dibangun dengan tiang yang melengkung.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hyperboloid water tower". International Database and Gallery of Structures. Nicolas Janberg, ICS. 2007. Diakses tanggal 2007-11-28. 
  2. ^ Cowan, Henry J. (1991), Handbook of architectural technology, Van Nostrand Reinhold, hlm. 175, ISBN 9780442205256, It is easier to build timber formwork for a concrete structure or to fabricate a steel structure if a surface is singly ruled, and even more so if it is doubly ruled. 

Referensi[sunting | sunting sumber]