Lompat ke isi

Byleth (Fire Emblem)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Byleth
Tokoh Fire Emblem
Penampilan
perdana
Penampilan
terakhir
Didesain
oleh
Chinatsu Kurahana
Pengisi suara
Bahasa Inggris
Bahasa Jepang
Informasi
SenjataSword of the Creator
KeluargaJeralt Eisner (ayah)
Sitri Eisner (ibu)

Byleth Eisner[a] adalah tokoh fiktif dalam seri permainan video Fire Emblem terbitan Nintendo. Yang laki-laki dan perempuan muncul sebagai tokoh yang dapat dimainkan sekaligus protagonis utama dari permainan Fire Emblem: Three Houses (2019), dan selain itu muncul sebagai tokoh yang dapat dimainkan dalam permainan video persilangan Fire Emblem Heroes (2017) dan Super Smash Bros. Ultimate (2018), yang masing-masing dimasukkan sebagai konten unduhan pada tahun 2019 (untuk Fire Emblem: Heroes) dan 2020 (untuk Super Smash Bros. Ultimate), selain itu pula muncal berulang kali sebagai tokoh antagonis dalam permainan video Fire Emblem Warriors: Three Hopes (2022).[2][3] Di masing-masing permainan tersebut, pemain bisa pilih gender tokohnya menjadi perempuan atau laki-laki.[b] Versi gender laki-laki dari tokoh ini muncul juga dalam permainan video Fire Emblem Engage (2023) sebagai tokoh Emblem (tokoh yang muncul menggunakan cincin) bersama dengan protagonis lain Fire Emblem.[4]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Di Jepang Byleth yang laki-laki dieja dengan nama ベレト (bereto) sedangkan Byleth yang perempuan dieja dengan nama ベレス (beresu)
  2. ^ Di permainan Three Houses dan Three Hopes, pemain pun bisa pula memilih nama tokoh tersebut, walaupun tetap saja Byleth adalah nama canon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Byleth Voices (Fire Emblem)". Behind The Voice Actors. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 February 2024. Diakses tanggal 5 February 2024. 
  2. ^ "New challenger approaching Byleth is coming to Super Smash Bros Ultimate - Nintendo Official Site". www.nintendo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-14. Diakses tanggal 2021-02-05. 
  3. ^ Craddock, Ryan (July 26, 2019). "Owners Of Fire Emblem: Three Houses On Switch Can Get Byleth In Fire Emblem Heroes". Nintendo Life. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 3, 2021. Diakses tanggal January 15, 2023. 
  4. ^ Good, Owen S. (November 23, 2022). "Fire Emblem Engage gameplay trailer shows new Engage attacks and skills". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 26, 2022. Diakses tanggal January 15, 2023.