Bahasa Isyarat Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bahasa Isyarat Australia
Australian Sign Language
Auslan
Dituturkan diAustralia
Penutur bahasa
10.000  (cacah jiwa 2016)e22
BANZSL
  • Bahasa Isyarat Australia
Dialek
Dialek utara (NSW, QLD)
Dialek Victoria dan dialek tenggara (semua negara bagian lain)
Kode bahasa
ISO 639-3asf
Glottologaust1271[1]

Bahasa Isyarat Australia adalah bahasa isyarat mayoritas masyarakat tuli Australia. Istilah Auslan adalah lakuran dari "Australian Sign Language" yang diciptakan oleh Trevor Johnston pada tahun 1980-an walaupun bahasa ini sendiri jauh lebih tua. Auslan berkaitan dengan Bahasa Isyarat Britania (BSL) dan Bahasa Isyarat Selandia Baru (NZSL). Ketiga-tiganya berasal dari bahasa induk yang sama dan bersama-sama membentuk rumpun bahasa BANZSL. Auslan juga telah dipengaruhi oleh Bahasa Isyarat Irlandia (ISL) dan baru-baru ini meminjam isyarat dari Bahasa Isyarat Amerika (ASL).

Seperti bahasa isyarat lain, tata bahasa dan perbendaharaan kata Auslan benar-benar berbeda dari bahasa Inggris. Asal-usulnya tidak dapat dikaitkan dengan individu mana pun. Sebaliknya, bahasa ini merupakan bahasa alami yang muncul secara spontan dan telah berubah seiring waktu.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Bahasa Isyarat Australia". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Bellis, Mary (2004). "Innovations for the Hearing Impaired". About.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 November 2008. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LoBianco" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Dawkins" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Flynn" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Mitchell" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Branson" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Carty" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Oreilly" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SignPuddle" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Schembri" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Rujukan lain[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Rumpun bahasa BANZSL