Cerologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Cerologi dan chereme (dari bahasa Yunani Kuno: χείρ "tangan") adalah sinonim untuk fonologi dan fonem, sebelumnya digunakan dalam kajian bahasa isyarat.

Suatu chereme, sebagai unit dasar dari komunikasi isyarat, secara fungsional dan psikologikal sama dengan fonem pada bahasa oral, dan telah digantikan dengan istilah tersebut dalam literatur akademis. Cerologi, sebagai kajian cherems dalam bahasa, sama dengan fonologi.

Istilah tersebut ditemukan tahun 1960 oleh William Stokoe [1] di Universitas Gallaudet untuk menjelaskan bahwa bahasa isyarat adalah benar dan sepenuhnya bahasa. Sebelumnya bahasa isyarat adalah gagasan yang kontroversial, posisinya sekarang telah diterima secara universal dalam linguistik. Terminologi Stokoe, bagaimanapun juga, telah lama ditinggalkan. [2]

Untuk informasi lebih lanjut lihat Fonem pada bahasa isyarat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stokoe, William C. 1960. Sign Language Structure: An Outline of the Visual Communication Systems of the American Deaf, Studies in linguistics: Occasional papers (No. 8). Buffalo: Dept. of Anthropology and Linguistics, University of Buffalo.
  2. ^ Seegmiller, 2006. "Stokoe, William (1919–2000)", in Encyclopedia of Language and Linguistics, 2nd ed.