Babelan, Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Babelan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBekasi
Pemerintahan
 • CamatDrs. Surya Wijaya, MM
Populasi
 • Total209.564 jiwa
Kode Kemendagri32.16.02 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan9

Babelan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Babelan berbatasan dengan Tarumajaya di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah Barat Laut, Muara Gembong di sebelah utara, Sukawangi di sebelah timur, Tambun Utara di sebelah tenggara, dan Bekasi Utara di sebelah selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Babelan berasal dari Baba Land yaitu Tuan Tanah yang memiliki tanah yang sangat luas. Dahulu Babelan termasuk daerah yang memiliki banyak sawah dengan hasil pertanian yang sangat produktif, karena Babelan dialiri oleh sungai-sungai besar yang berhulu di Daerah Dataran Tinggi Jonggol, Bogor seperti Sungai Bekasi dan Sungai Cikeas membuat Babelan tidak pernah mengalami kekurangan air. Babelan mengalami beberapa kali perubahan sebutan kata. Dahulu Bekasi dihuni dengan kebanyakan etnis Tionghoa dan seiring berjalannya waktu mulailah datang penduduk Jakarta dimana penduduk Jakarta memiliki khas logat ‘e’ dalam pengucapannya sehingga mengubah nama Baba Land menjadi Babe-land atau dalam pengucapannya menjadi Babelan ada juga yang bilang kalau babelan itu berasal dari kata BEBELAN yang kata dasarnya adalah BEBEL atau Berjubel di karenakan jaman dahulu lalulintas kebanyakan mengunakan jalur air hinga orang dari mana saja banyak yang kepasar mengunakan tranporasi perahu hinga terjadi kemacetan atau Berjubel atau kata lainnya adalah Bebelan perahu-perahu ditepi sungai pasar pada saat itu yang kemudian di sebut dengan Babelan hingga saat ini.[1]

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prasetyo, Galih (1 Februari 2022). "Sosok Baba Lan, Tokoh Tionghoa yang Mengilhami Nama Babelan di Bekasi". bekaci.suara.com. Suara.com. Diakses tanggal 12 Oktober 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]