Cikarang Selatan, Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cikarang Selatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBekasi
Pemerintahan
 • CamatEnop Can, SH, M.Si-
Populasi
 • Total191,904 jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.16.19 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan7

Cikarang Selatan (Aksara Sunda: ᮎᮤᮊᮛᮀ ᮊᮤᮓᮥᮜ᮪) adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Cikarang Selatan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bekasi yang sangat cepat perkembangannya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya industri yang berada di dalam maupun di sekitar kecamatan ini, diantaranya Jababeka II, EJIP (East Jakarta Industrial Park), Delta Silicon dan Bekasi International Industrial Estate (Hyundai).

Kecamatan Cikarang Selatan juga menyumbang industri migas di Kabupaten Bekasi dengan beroperasinya tiga sumur gas yaitu Jatirarangon 1, 2 dan 3. Selain itu, kota mandiri Lippo Cikarang juga berada di wilayah kecamatan ini.

Pendidikan dan Kepesantrenan[sunting | sunting sumber]

Hingga tahun 2019, tercatat bahwa Kecamatan Cikarang Selatan memiliki banyak sekali lembaga pendidikan (sekolah) di wilayahnya, baik itu lembaga pendidikan/sekolah negeri maupun swasta dengan perincian sebagai berikut:

  1. TK Negeri, berjumlah 2 TK (TK Negeri Pembina Cikarang Selatan di Desa Ciantra dan TK Merak di Desa Sukadami)
  2. TK Swasta, berjumlah 50 TK
  3. SD/MI Negeri, berjumlah 21 sekolah
  4. SD/MI Swasta, berjumlah 20 sekolah
  5. SMP/MTs Negeri, berjumlah 6 sekolah (SMPN 1 Cikarang Selatan di Desa Sukadami, SMPN 2 Cikarang Selatan di Desa Pasirsari, SMPN 3 Cikarang Selatan di Desa Ciantra, SMPN 4 Cikarang Selatan di Desa Cibatu, SMPN 5 Cikarang Selatan di Desa Sukadami dan MTsN 4 Bekasi di Desa Serang)
  6. SMP/MTs Swasta, berjumlah 12 sekolah
  7. SMA/MA/SMK Negeri, berjumlah 3 sekolah (SMAN 1 Cikarang Selatan di Desa Sukaresmi, SMAN 2 Cikarang Selatan di Desa Sukadami dan SMKN 1 Cikarang Selatan di Desa Ciantra)
  8. SMA/MA/SMK Swasta, berjumlah 8 sekolah

Selain itu, di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan juga banyak terdapat lembaga pendidikan nonsekolah (pondok pesantren, majelis taklim, dan lain-lain). Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Desa Sukadami : PP Al-Furqon, PP. Al-Husiniyyatul Khoeriyyah, PP. Babussalam Al-Ishlah 2, MT. Al-Hidayatul Ummah, MT. Nahdlatul Ulama Al-Karomatul Fadhilah
  2. Desa Ciantra : PP. Tahfidz Daarul Qur'an Putri, PP. Al-Muttaqin, MT. Nahdlatul Ulama Al-Ittihadiyah
  3. Desa Sukasejati : PP. Tahfizhul Qur'an Taqi Boarding School, PP. Ibnu Abbas, PP. Sirojul Huda 2 Al-Jailani
  4. Desa Serang : PP. Nihayatul Amal, PP. Al-Fathoniyah, PP. Darul Ulum Al-Qomariyah, MT. Darul Muta'allimat, MT. As-Salam, MT. Babussalam
  5. Desa Sukaresmi : PP. Sirojul Huda, PP. Miftahul Huda, PP. Nurul Iman
  6. Desa Cibatu :
  7. Desa Pasirsari : MT. Nurul Huda
Sumur gas Jatirarangon #1

Referensi[sunting | sunting sumber]