Aurora (karakter fiksi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aurora; Briar Rose
Penampilan
perdana
Sleeping Beauty (1959)
PenciptaCharles Perrault
Pengisi suaraMary Costa (film asli)
Adele (musical)
Informasi
Jenis kelaminPerempuan
PekerjaanGadis desa (dulu); Putri (sekarang)
KeluargaRaja Stefan (ayah kandung); Ratu Leah (ibu kandung)
PasanganPangeran Phillip

Putri Aurora adalah tokoh fiksi dan protagonis dari film animasi Walt Disney yang ke-16, Sleeping Beauty. Aurora adalah anggota kelompok Disney Princess yang ketiga.

Putri Aurora memiliki paras yang cantik. Dia dilahirkan dengan diiringi kebahagiaan dari seluruh kerajaan. Banyak peri-peri yang memberinya hadiah sebuah mantra. namun tiba-tiba ada seorang penyihir datang tanpa diundang dan dia merasa tersinggung mengapa dia tak diundang. Akhirnya ia memberi kutukan kepada Putri Aurora, pada umur ke-17 nya dia akan mati tertusuk jarum. Kemudian sang penyihir pun pergi meninggalkan kerajaan. Sang Raja dan Ratu, serta para rakyat pun gelisah. Kemudian peri terakhir segera menyampaikan hadiah mantranya agar Putri Aurora tidak akan mati saat tertusuk jarum namun dia akan tertidur panjang sampai ada Pangeran gagah berani yang mampu menciumnya dan menghilangkan kutukan tersebut.

Selang beberapa tahun, akhirnya Putri Aurora menginjak usia 17 tahun. Rasa ingin tahunya memuncak dan dia berjalan-jalan kekoridor istana. Kemudian dia mendengar suara mesin dari sebuah pintu, lalu dengan sigap dia masuk kedalam dan melihat seorang perempuan paruh baya yang sedang menjahit. Kemudian dia minta diajari bagaimana cara menjahit. Tanpa disangka, ternyata perempuan itu adalah sang penyihir. Saat Putri Aurora mulai menjahit, tiba-tiba tangannya tertusuk jarum dan kemudian tergeletak dilantai. Para prajurit membawanya kekamar dan sontak sang penyihir senang. Putri Aurora ternyata tertidur dan seluruh istana pun juga tertidur panjang sampai datangnya seorang pangeran gagah berani yang bisa mencium sang Putri.

Telah banyak Pangeran yang mencoba masuk kedalam Istana namun tak ada yang bisa semuanya menyerah. Pada akhirnya ada seorang Pangeran dan kudanya yang berani memasuki Istana. Pangeran itu bernama Pangeran Phillip. Setelah susah payah dia memasuki Istana tersebut, akhirnya ia berhasil masuk kedalam istana. Dia melihat para pelayan,prajurit, bahkan Raja dan Ratu mematung tertidur pulas. Dengan cekatan sang Pangeran mencari sang Putri lalu menciumnya. Pada akhirnya sihir itu lenyap, sang Putri dan semua yang ada dikerajaan hidup kembali. Dan sang Putri dan Pangeran hidup bahagia selamanya.