Elena and the Secret of Avalor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Elena and the Secret of Avalor
SutradaraJamie Mitchell
PenulisCraig Gerber
CeritaCraig Gerber
Michael G. Stern
Pemeran
MusikJohn Kavanaugh
Perusahaan
produksi
DistributorDisney Channel (main)
Disney Junior (subsidiary)
Tanggal rilis
  • 20 November 2016 (2016-11-20) (Disney Channel dan Disney
    Junior di Amerika Serikat)
  • 03 Desember 2016 (2016-12-03) (Disney Channel di UK)
  • 24 Desember 2016 (2016-12-24) (DC; UK)
  • 08 Januari 2017 (2017-01-08) (Disney Channel Asia)
Durasi
63 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Elena and the Secret of Avalor (Bahasa Indonesia: Elena dan Rahasia Avalor) adalah film televisi crossover petualangan fantasi musikal animasi komputer Amerika antara dua serial televisi Disney, Disney Junior's Sofia the First dan Disney Channel's Elena of Avalor, menempatkan sebelum serial terakhir. Tayang perdana pada 20 November 2016, di keduanya Disney Channel dan Disney Junior.[1][2] The Secret of Avalor debut pada Disney Channel di Britania Raya pada 3 Desember 2016,[3][4] dan terakhir diulang pada Sabtu, 24 Desember 2016.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di kerajaan Avalor, Elena mengajak Naomi menaiki gunung untuk menunjukkan pemandangan favoritnya dari kerajaan. Ia berkeluh-kesah kepada Naomi bagaimana dia terjebak dalam Jimat Avalor selama empat puluh satu tahun, dan memperlihatkan tongkat sihir yang rusak. Ia memberitahunya bahwa itu adalah tongkat sihir Shuriki dan bagaimana ia akan tetap terjebak dalam jimat jika bukan karena putri muda pemberani: Sofia. Kemudian, Elena berusaha memberitahu Naomi tentang cerita secara lengkap: Sebuah kereta kencana mengarah ke kastil Avalor sangat cepat karena dia dikejar oleh kabut hijau. Ketika kereta kencana sampai di kastil, Elena keluar untuk menyambut orang tuanya tepat waktu kabut tersebut menampakkan seseorang yang membunuh orang tua Elena dengan sebuah mantra. Lalu, Si penyihir berusaha menyerang Elena dengan mantra yang sama. Serangan tersebut membangunkan renungan yang dialami Sofia. Flora keluar dan meliburkan murid-murid untuk liburan musim panas. Ketika Sofia kembali menuju kereta kencana, jimat Sofia mulai bersinar biru yang memperingatkannya bahwa waktunya pergi ke Perpustakaan Rahasia.

Sementara itu, Raja Roland dan Ratu Miranda mencoba untuk memutuskan kemana mereka membawa anak-anak untuk liburan musim panas mereka. Ketika kembaran kerajaan bertemu mereka, mereka mengungkapkan mereka masih belum menemukan jalan keluar. Sementara itu, Sofia meraih dinding belakang dan menuju ke Perpustakaan Rahasia. Saat ia tiba, perpustakaan memilih buku berjudul "The Lost Princess of Avalor" (Putri yang Hilang dari Avalor) yang membuat Sofia terkejut. Ketika buku masuk ke bagian pendulum, ia berubah menjadi seorang pria diketahui sebagai Alakazar, Penyihir Kerajaan dari Avalor. Ia lalu berusaha memberitahu Sofia tentang cerita "The Lost Princess of Avalor", dimana kisah dari Putri Elena. Pada ulang tahun kelima belas, ia mendapat jimat Avalor dari ibunya. Tapi pada suatu hari yang naas, penyihir jahat yang mengambil kekuasaan bernama Shuriki menyerbu Avalor. Ia menyerang dan membunuh Raja dan Ratu dan menetapkan sasarannya di istana. Menurut cerita, Elena memilih menghadapi Shuriki seorang diri. Ketika Shuriki berusaha menyerangnya, jimatnya menyelamatkan kehidupan Elena dengan menariknya ke dalamnya. Alakazar menemukan jimat dan mengetahui satu-satunya jalan untuk membebaskan Elena adalah menemukan putri spesial untuk membebaskannya. Selama bertahun-tahun, Alakazar mencari putri tersebut sampai ia terlalu tua untuk meneruskannya. Lalu ia menggunakan sihir terakhir untuk mengubah dirinya menjadi buku yang dia ubah. Alakazar juga menjelaskan selama bertahun-tahun jimat telah dicoba banyak putri sebelumnya dan sampai sekarang jimat telah dipilih Sofia untuk membebaskan Elena, dan renungan yang ia alami itu Elena memberitahunya waktunya telah tiba untuk membebaskannya. Untuk membebaskan Elena, Sofia harus pergi ke Avalor dan memanggil chanulnya. Alakazar juga memperingatkan Sofia untuk berhati-hati dengan Shuriki yang sangat kuat dan jahat dari yang pernah ada. Sofia menemui keluarganya dan meyakinkan mereka dapat menghabiskan liburan mereka di kerajaan Avalor. Lalu, keluarga kerajaan Enchancia berlayar ke Avalor.

Keluarga kerajaan tiba di kerajaan Galleon di bawah komando dari Laksamana Vasquez. Ketika Sofia melihat kota Avalor, ia bertanya-tanya bagaimana ia menemukan rumah Alakazar di kota besar. Sofia terkejut mengetahui mereka akan bertemu Shuriki sejak Roland mengirim pesan di depan menceritakan mereka telah tiba. Itu kebiasaan Raja atau Ratu ketika mengunjungi kerajaan baru. Sementara itu, Shuriki menggunakan mantranya untuk menyiapkan kedatangan mereka lalu Esteban datang dan mengabarkannya mereka telah tiba. Keluarga Kerajaan disambut oleh sorak-sorai kerumunan. Tetapi, Sofia melihat kerumunan itu tidak benar-benar gembira. Shuriki tiba untuk menyambut mereka dan Sofia dengan segera waspada. Sofia melihat pemain suling untuk mengecewakan Shuriki. Ketika mereka sampai ke dalam kereta kencana, Sofia melihat penjaga Shuriki untuk mengambil suling dari anak yang memainkannya dan membingungkannya. Mereka tiba di Kastil Avalor dimana Shuriki memberi perjalanan mereka sebelum mengajaknya makan besar. Tiba-tiba, jaquin datang dan mengambil makanan. Shuriki hampir mengeluarkan tongkat sihirnya. Tetapi, Esteban menghentikannya dan memimpin mereka kembali ke dalam. Jimat Sofia bercahaya dan menariknya ke arah jaquin dimana Sofia mengambil kesimpulan mereka dapat membantunya. Sofia naik ke jaquin dan meminta bantuan mereka. Awalnya, jaquin menolak mereka tidak membantu teman Shuriki. Namun, setelah mendengar rencana Sofia untuk mengembalikan Putri Elena, jaquin langsung dengan senang hati membantu dan menerbangkannya ke rumah Alakazar.

Sofia tiba di rumah Alakazar. Seorang wanita menyambutnya. Ternyata, dia tidak membantu ketika Sofia menceritakan mengapa ia di sini. Tiba-tiba, cucu Alakazar Mateo keluar dan menanyakan Sofia tentang pengetahuan sihirnya dan mengungkapkan perempuan itu adalah ibunya. Sofia memperkenalkan dirinya dan mengungkapkan Alakazar mengirimnya. Mateo menyadari bahwa jimat Sofia adalah jimat Avalor dan mengajaknya ke bengkel. Sesampainya di sana, Mateo mengungkapkan dia telah melatih dirinya menjadi penyihir diam-diam sejak Shuriki melarang semua sihir selain dirinya ketika dia mengambil alih. Ia juga mengungkapkan bahwa chanul adalah roh hewan yang bertindak sebagai pelindung semua hal ajaib di dunia dan itu adalah chanul Alakazar yang mengungkapkan kepadanya tentang kehidupan Elena dalam jimat dan bagaimana mengeluarkannya. Mateo memanggil chanul Alakazar Zuzo yang memberitahu Sofia apa yang harus dia lakukan untuk membebaskan Elena dari jimat: Dia harus mendapatkan tongkat sihir Shuriki. Setelah mendapatkannya, dia harus membungkus jimat dan meletakkan keduanya di Mahkota Aziluna, penyembuh Maruvian yang bisa membatalkan setiap mantra atau kutukan dan terletak di gunung yang merupakan patung dirinya. Setelah Zuzo lenyap, Sofia tidak tahu bagaimana ia mendapatkan tongkat sihir Shuriki sampai Mateo sengaja memberinya ide: Menari dengannya. Di Kastil Avalor, Armando menjamu kembaran kerajaan sementara percakapan Shuriki dengan Roland dan Miranda membuatnya bermaksud menyerang Enchancia. Sofia datang dan meyakinkan Shuriki menari sambarossa dengannya. Setelah Armando memberitahu mereka bagaimana, semua menari sambarrosa. Selama menari, Sofia berpura-pura berjalan dan melangkah di sepatu Shuriki. Ketika Shuriki melompat kesakitan, Sofia mencuri tongkat sihir Shuriki darinya. Setelah mengantongi tongkat sihir, Sofia meyakinkannya Shuriki membiarkannya dan saudaranya bermain petak umpet dengan Armando sedangkan ia dan orang tuanya melanjutkan diskusi. Ketika Armando mulai menghitung, Sofia menarik saudara laki-laki dan perempuannya pergi dengannya. Amber sadar Sofia akan berbuat sesuatu dan menanyakannya tentang itu. Sofia menjanjikannya dan James bahwa dia akan menjelaskan semua nanti dan membutuhkan mereka untuk tetap bersembunyi selama mungkin. James langsung setuju tapi Amber ingin tahu kenapa Sofia tidak memberitahunya, hanya kepadanya berkata ini untuk kebaikan kalian. Sofia kembali pada Mateo dan jaquin dengan tongkat sihir. Keduanya terkesan dengannya untuk menariknya keluar dan mereka terbang untuk membebaskan Elena.

Mereka tiba di kuil Maruvian dimana mahkota Aziluna berada, dan masuk untuk menemukan danau ajaib. Agar mantra bekerja, Sofia perlu berenang ke dalam air terpesona. Jadi, Sofia berubah menjadi putri duyung dan menyelam ke danau. Selama di dalam air, ia menemukan Mahkota Aziluna dan seperti yang diperintahkan Zuzo. Menyebabkan sebuah pulau dengan patung di atasnya keluar dari air. Setelah di permukaan, Sofia menggeser kaki patung. Tiba-tiba, jimat Sofia bersinar merah muda dan turun. Setelah menyentuh tanah, seseorang muncul dalam kilatan cahaya merah muda. Jimat kembali pada Sofia sehingga berubah menjadi merah muda. Orang tersebut terungkap ialah Putri Elena, yang akhirnya bebas. Elena memeluk Sofia dan menyambut jaquin dan Mateo. Lalu, Ia menyuarakan niatnya untuk membebaskan Avalor dari Shuriki. Setelah meninggalkan kuil, Elena memberitahu rencananya: Ia akan menggunakan wand Shuriki untuk melawannya. Sofia dan Mateo ingin membantu. Tetapi, ia menolak dan terbang menghadapi Shuriki sendiri dengan Sofia dan Mateo pergi setelahnya. Armando masih bermain petak umpet dengan Amber dan James ketika Elena mendarat di kastil. Skylar ingin membantu. Tetapi, Elena memberitahunya ia bisa melakukannya sendiri. Elena menghadapi Shuriki di ruang singgasana dan memberitahu Shuriki sekrang waktunya untuk membayar kejahatannya, untuk menakuti Shuriki. Ketika Roland bertanya, "Apa kejahatannya?". Elena membawanya bagaimana Shuriki menyerbu Avalor dan merebut tahta dari keluarga kerajaan Avalor. Shuriki mencoba mengeluarkan tongkat sihirnya hanya untuk menemukan Elena memilikinya, yang mana membuatnya menyimpulkan bahwa Sofia mengambilnya. Miranda terkejut mengetahui keterlibatan putrinya, dimana Elena tegaskan. Lalu ia mencoba menghancurkan Shuriki. Tetapi, dia hanya berhasil menghancurkan selain permadani yang mengungkapkan lukisan adik dan kakek-nenek Elena. Shuriki mengungkapkan bagaimana Alakazar melindungi mereka: Dengan menempatkan mereka dalam lukisan terpesona bahkan sihirnya tidak bisa menyentuh. Ia juga mengungkapkan Esteban adalah sepupu Elena, dan mengambil balik tongkat sihirnya sebelum memanggil pengawalnya untuk menangkap Elena. Tetapi, Skylar terbang membantu Elena untuk melarikan diri. Shuriki memerintahkan pengawalnya untuk melemparkan keluarga Sofia ke dalam penjara dan untuk menangkap Sofia dan Elena. Elena bertemu Sofia dan memberitahunya bahwa Shuriki memiliki keluarganya. Bersamanya, mereka terbang ke rumah Mateo. Ketika mereka tiba di rumah Mateo, ibu Mateo, Rafa keluar dan memberitahu mantra yang dapat membebaskan keluarga Elena. Penduduk Avalor juga keluar dan, atas desakan Sofia, Elena setuju untuk membiarkan mereka membantu. Sofia dan Elena terbang ke pintu rahasia ke kastil dan menyelinap ke ruang bawah tanah. Setelah berada di dalam, mereka bertemu Armando yang setuju untuk membantu. Sementara Armando mengalihkan perhatian penjaga, Sofia menyelinap melewatinya menggunakan kemampuan menyusutnya. Sofia menemukan keluarganya dan mengeluarkannya. Setelah mengunci penjaga, mereka mengatur pelaksanaan rencana Elena. Sementara itu, Shuriki meminta Esteban untuk melakukan apa yang ia ingingkan. Esteban protes bahwa ketika ia membantunya menyerang Avalor dia berjanji tak seorangpun di keluarganya akan terluka yang mana Shuriki menjawab bahwa ia juga berjanji kekuatannya yang ia berikan setelah menunjukkan kanselir. Shuriki memberitahunya untuk bersyukur dia menjaga salah satu janjinya atau dia akan berakhir seperti bibi dan pamannya. Tiba-tiba, Luna terbang dan menyerang Shuriki, kemudian mengejarnya. Ketika Shuriki tidak ada, Mateo menyelinap dan menggunakan mantra yang diberikan ibunya, membebaskan keluarga Elena, yang dengan senang hati berkumpul dengan Elena. Kemudian, semuanya terbang menjalankan rencana selanjutnya: Menggalang penduduk Avalor melawan Shuriki. Penduduk Avalor and Enchancia berbaris di istana bersama-sama dan membanjiri penjaga, yang mengunci pintu gerbang.

Sofia dan Elena terbang dan membuka pintu gerbang, melalui dimana the Avalorians dan Enchancians berbaris. Shuriki mengangkat tongkat sihirnya untuk menghancurkan Elena tapi Esteban, yang berpura-pura melayani Shuriki untuk melindungi keluarganya darinya, meraih tongkat sihir Shuriki dan melemparkannya ke Elena yang mematahkannya menjadi dua. Dengan tongkat sihirnya patah, kekuatan Shuriki hancur dan ia menjadi wanita tua, dan Shuriki lemah yang mengerikan jatuh ke air terjun dan berenang menjauh. Kemudian Esteban menyatakan Elena adalah pewaris sah dari Avalor. Sofia menawarkan jimat kembali pada Elena, hanya mengatakan bahwa Elena ingin ia memilikinya. Lalu Elena menerima tahta kerajaan Avalor, suka cita semua penduduk Avalor. Kembali ke Perpustakaan Rahasia, Sofia dan Alakazar meninjau cerita Sofia yang telah selesai. Ia memberi cerita akhir kehebatan Elena yang juga memberinya cerita awal yang hebat. Setelah Alakazar menghilang, gaun Sofia mengalami perubahan dan ia meninggalkan Perpustakaan Rahasia. Kembali masa sekarang, Elena dan Naomi memutuskan untuk mengunci tongkat sihir Shuriki jauh di kotak selamanya dan kembali ke istana bersama-sama.

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Dari Sofia the First[sunting | sunting sumber]

Dari Elena of Avalor[sunting | sunting sumber]

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Jimat Avalor berubah dari ungu tua menjadi merah muda setelah Sofia melepaskan Elena darinya.
  • Keluarga Sofia mengetahui kebenaran tentang sihir dari jimat Sofia; meskipun Amber pertama kali tahu tentang sihir tersebut dalam The Curse of Princess Ivy, tapi ingatannya terhapus setelah itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Evans, Greg (June 9, 2016). "Disney Channel Sets Premiere Date For 'Sofia' Spinoff 'Elena Of Avalor'". Deadline.com. Disney Channel will air a special TV movie this fall called Elena And The Secret Of Avalor, explaining how Elena was imprisoned for decades in a magical amulet and set free by Princess Sofia of Enchancia. 
  2. ^ "'Elena and the Secret of Avalor' TV Special Premieres November 20". Animation World Network. October 13, 2016. Elena and the Secret of Avalor combines the creative teams from Sofia the First and Elena of Avalor. The TV movie was written by Craig Gerber and directed by Jamie Mitchell 
  3. ^ Evans, Greg (June 9, 2016). "Disney Channel Sets Premiere Date For 'Sofia' Spinoff 'Elena Of Avalor'". Deadline.com. Disney Channel will air a special TV movie this fall called Elena And The Secret Of Avalor, explaining how Elena was imprisoned for decades in a magical amulet and set free by Princess Sofia of Enchancia. 
  4. ^ "'Elena and the Secret of Avalor' TV Special Premieres November 20". Animation World Network. October 13, 2016. Elena and the Secret of Avalor combines the creative teams from Sofia the First and Elena of Avalor. The TV movie was written by Craig Gerber and directed by Jamie Mitchell