Angkutan kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Angkutan Kota)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam transportasi di Indonesia, angkutan kota atau biasa disingkat angkot adalah sebuah transportasi umum jenis taksi bersama dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte bus sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.[1]

Secara internasional, angkot ini diklasifikasikan sebagai taksi bersama (shared taxi), yakni moda transportasi antara taksi dan bus. Kendaraan yang disewa ini berukuran lebih kecil dari bus dan membawa penumpang pada rute tetap atau setengah tetap tanpa jadwal, serta berangkat saat semua kursi telah terisi. Mereka biasa berhenti di mana saja untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Angkot atau taksi bersama ini sering ditemui di negara berkembang,[2] kendaraan yang biasa digunakan sebagai angkot berkisar dari mobil empat kursi hingga minibus.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Angkot di daerah Maluku

Keberadaan angkot dimulai pada tahun 1943 ketika Indonesia masih dijajah oleh Jepang. Jenis transportasi ini dimaksudkan sebagai cara bepergian dengan kendaraan bermotor. Pada tahun 1946, angkot menjadi bagian dari DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia) sebagai angkutan umum. Angkot atau mikrolet menjadi sangat populer karena mampu melakukan perjalanan dengan kendaraan yang relatif kecil hingga 10 penumpang di dalamnya. Mikrolet jauh lebih kecil daripada bus, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk bepergian di jalan-jalan Jakarta tanpa menyebabkan kemacetan lalu lintas.[4]

Angkutan kota mulai diperkenalkan di Jakarta pada akhir tahun 1970-an dengan nama mikrolet untuk menggantikan oplet yang sudah dianggap terlalu tua, terseok-seok jalannya dan sering mengalami gangguan mesin. Tarif yang dibebankan kepada penumpang bervariasi tergantung jauhnya jarak yang ditempuh. Jalur operasi suatu angkutan kota dapat diketahui melalui warna atau kode berupa huruf atau angka yang ada di badannya.

Angkot sangat membantu jika kamu sedang berada di luar daerah dan kesulitan mencari transportasi yang murah. Lain halnya di Papua dan Papua Barat, angkot atau masyarakat daerah tersebut sering menyebutnya dengan taksi justru memiliki tarif setara dengan Bus AKAP untuk satu kali perjalanan.

Sebutan[sunting | sunting sumber]

Oplet di Pekanbaru
Pete-pete di Makassar

Di beberapa tempat juga ada kendaraan roda tiga yang disebut Bemo (seperti becak yang berdasarkan Daihatsu Midget), tetapi kini sudah dihapus. Angkot versi lama disebut Oplet. Nama transportasi ini berbeda di setiap provinsi atau daerah yang berbeda. Di Jakarta disebut Angkot, di daerah lain seperti di Sulawesi, istilah Mikrolet yang disingkat "Mikro" lebih banyak digunakan terutama di Manado.

Angkutan Kota di Indonesia memiliki berbagai macam istilah tergantung daerah masing-masing. Mikrolet dan JAK Lingko adalah angkutan umum layaknya angkot di Jakarta. Di Surabaya angkutan kota lebih dikenal dengan istilah Lyn. Di Makassar dikenal dengan istilah "Pete-pete". Sementara, di Medan dikenal sebutan "Sudako", di Aceh dikenal sebutan "Labi-Labi", dan di Malang dikenal sebagai "Angkota".

Angkot di luar negeri[sunting | sunting sumber]

Tidak hanya di Indonesia, kendaraan berupa angkot ini juga dapat ditemui di negara-negara lain (terutama di negara berkembang), dalam klasifikasi taksi bersama (shared taxi). Dari sekian banyak negara, berikut adalah beberapa contohnya.

Filipina[sunting | sunting sumber]

Jeepney di Manila, Filipina

Angkot di Filipina dikenal sebagai Jeepney (bahasa Filipino: Dyipni). Jeepney ini awalnya terbuat dari jip militer AS yang tersisa dari Perang Dunia II[5] dan dikenal karena warna dan dekorasinya yang flamboyan.[6] Saat ini jeepney dibuat oleh bengkel lokal dari kombinasi elemen prefabrikasi (dari segelintir pabrikan Filipina) dan improvisasi dan dalam banyak kasus dilengkapi dengan "surplus" atau mesin SUV atau truk ringan bekas Jepang, drive train, suspensi dan komponen kemudi (dari kendaraan daur ulang di Jepang).

Angkot jenis lainnya yang juga umum di Filipina adalah UV Express yang menggunakan Compact MPV dan van sebagai faktor bentuknya.

Ghana[sunting | sunting sumber]

Tro tro di Accra, Ghana

Di Ghana dan negara-negara tetangga, angkot (taksi bersama) disebut Tro tro, dan kendaraan minibus ini adalah milik pribadi[7] untuk disewa yang menempuh rute tetap, dan berangkat saat sudah terisi penuh.[8] Meskipun ada halte khusus tro tro, taksi bersama ini juga dapat dinaiki di mana saja di sepanjang rute yang dilalui.[9]

Dioperasikan oleh pengemudi dan kondektur, yang mengumpulkan uang, meneriakkan tujuan, dan disebut "mate",[10] tro tro banyak yang dihiasi dengan slogan dan ucapan religius, dan sedikit beroperasi pada hari Minggu. Tro tro digunakan oleh 70% komuter Ghana.

Hong Kong[sunting | sunting sumber]

Public light bus di Hong Kong

Di Hong Kong, angkot dikenal sebagai public light bus atau bus ringan umum (bahasa Tionghoa: 公共小型巴士). Kendaraan umum ini menggunakan minibus untuk melayani area yang tidak dapat dijangkau oleh jalur bus standar Hong Kong secara efisien. Kendaraan ini sehari-hari dikenal dengan kode-switch Van仔 (Van Jái) secara harfiah "van-ette".

Angkot ini biasanya menawarkan solusi transportasi yang lebih cepat dan efisien karena ukurannya yang kecil, daya dukung yang terbatas, frekuensi dan rute yang beragam, meskipun umumnya sedikit lebih mahal daripada bus standar, minibus ini dapat membawa maksimal 19 penumpang duduk. Penumpang tidak diperbolehkan utuk berdiri.[11]

Negara-negara bekas Soviet[sunting | sunting sumber]

Marshrutka di Moskwa, Rusia

Marshrutka (bahasa Rusia dan Ukraina: маршру́тка) atau "taksi rute", adalah moda transportasi umum di Eropa Timur[12] seperti angkot yang berasal dari era Uni Soviet, dan kini masih ada di Rusia dan negara-negara CIS lainnya, di negara-negara Baltik, Bulgaria, Georgia, Turkmenistan, Ukraina, dan Armenia. Fungsi marshrutka modern secara teoritis mirip dengan angkot, yang menggunakan minibus di beberapa negara lain. Marshrutka pertama diperkenalkan di Moskwa pada tahun 1938.

Marshrutka biasanya berbentuk van, mereka beroperasi di rute yang sudah ditentukan, biasanya berangkat ketika semua kursi telah terisi, dan mungkin memiliki tarif yang lebih tinggi daripada bus. Penumpang dapat menaiki marshrutka di mana saja di sepanjang rutenya jika ada kursi yang tersedia.[13] Ongkos dibayar sebelum meninggalkan marshrutka.[14] Orang yang duduk dekat pengemudi bertanggung jawab untuk menagih ongkos para penumpang serta memberikan uang kembalian.[15]

Thailand[sunting | sunting sumber]

Angkot di Thailand dan Laos biasa disebut sebagai songthaew (bahasa Thai: สองแถว) yang berarti "dua baris".[16] Angkot jenis ini diadaptasi dari mobil pikap[17] atau truk besar dan dapat digunakan sebagai taksi bersama. Mereka juga dikenal sebagai bus baht.

Songthaew digunakan baik di dalam kota maupun di luar kota dan untuk rute yang lebih panjang antara kota dan desa. Mereka yang berada di dalam kota diubah dari truk pikap dan biasanya menempuh rute tetap dengan tarif yang suah ditetapkan, tetapi dalam beberapa kasus (seperti di Chiang Mai) taksi tersebut digunakan sebagai angkot untuk penumpang yang bepergian dengan arah yang kira-kira sama.

Turki dan Siprus Utara[sunting | sunting sumber]

Dolmuş di Bodrum, Turki

Di Turki dan Siprus Utara yang dikontrol Turki, angkot dikenal sebagai dolmuş (diucapkan "dolmush"), yakni taksi bersama yang beroperasi pada rute tertentu di dalam dan antar kota. Masing-masing mobil atau minibus ini menampilkan rute mereka di papan nama yang dipasang di belakang kaca depan.[18]

Beberapa kota mungkin hanya mengizinkan dolmuş untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di halte yang telah ditentukan, dan juga di terminal yang ada.[19] Dolmuş berasal dari bahasa Turki yang berarti "penuh" atau "berisi", karena taksi bersama ini berangkat dari terminal hanya ketika jumlah penumpang yang cukup telah naik. Pengunjung di Turki mungkin akan dikejutkan oleh kecepatan perjalanan dolmuş ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah Angkutan Kota di Indonesia". flokq.com. Diakses tanggal 2021-07-22. 
  2. ^ Grava, Sigurd (2002-09-09). Urban Transportation Systems (dalam bahasa Inggris). McGraw Hill Professional. ISBN 978-0-07-138417-9. 
  3. ^ "Fostering Commercial Transit: Alternatives in Greater Los Angeles". 
  4. ^ "Angkot: Transportasi Umum Klasik Jakarta | Flokq Coliving Jakarta Blog". Flokq. 2020-08-11. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  5. ^ Otsuka, Keijiro; Masao Kikuchi; Yujiro Hayami (January 1986). "Community and Market in Contract Choice: The Jeepney in the Philippines". Economic Development and Cultural Change. 34 (2): 279–98. doi:10.1086/451528. ISSN 0013-0079. JSTOR 1153851. S2CID 155062784.
  6. ^ "Manila's jeepney pioneer fears the end of the road". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2007-11-20. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  7. ^ Briggs, Philip; Rushton, Katherine (2007). Ghana: The Bradt Travel Guide (dalam bahasa Inggris). Bradt Travel Guides. ISBN 978-1-84162-205-7. 
  8. ^ "TroTro: Transport for the People by the People". GhanaWeb (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-17. 
  9. ^ "Report from the Field: The Tro-Tro - An Essential Mode of Transport in Accra, Ghana". State of the Planet (dalam bahasa Inggris). 2010-09-29. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  10. ^ "Ghanaweb Tro Tro Page". www.ghanaweb.com. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  11. ^ "Transport Department - Relevant Regulations of Public Light Bus". www.td.gov.hk. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  12. ^ "Marshrutka". priyank.com. 
  13. ^ "Marshrutka minibus taxi, St. Petersburg, Russia". www.saint-petersburg.com. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  14. ^ "Marshrutka". moscow.info. 
  15. ^ "Marshrutka minibus taxi, St. Petersburg, Russia". www.saint-petersburg.com. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  16. ^ Olson, Martha Stevenson (1997-04-20). "Island Escape From Bangkok". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  17. ^ "Travel". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2021-11-17. 
  18. ^ "Turkish Dolmush (Shared Taxi or Minibus)". Turkey Travel Planner (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-17. 
  19. ^ "Bus Services in North Cyprus | Essential Cyprus". web.archive.org. 2010-08-23. Diakses tanggal 2021-11-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]