Aarne Juutilainen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aarne Juutilainen
Nama lahirAarne Edward Juutilainen
JulukanMarokon kauhu (Teror Maroko)
Lahir(1904-10-18)18 Oktober 1904
Sortavala, Kadipaten Agung Finlandia, Kekaisaran Rusia
Meninggal28 Oktober 1976(1976-10-28) (umur 72)
Helsinki, Finlandia
PengabdianLegiun Asing Prancis (1930–1935)
Finlandia
Dinas/cabangAngkatan Darat
Pangkat Kapten (Finlandia)
KomandanKompi Maroko
Perang/pertempuranPerang Saudara Finlandia[1]

Penaklukan Prancis Atas Maroko
Perang Dunia II

HubunganTuomas Juutilainen (Ayah)[2]
Helmi Kauppinen (Ibu)[2]
Helvi Hovi (Istri)[2][3]
Erkki Juutilainen (Anak Laki-laki)[3]
Ilmari Juutilainen (Saudara Laki-laki)[4]
Olavi Juutilainen (Keponakan Laki-laki)[3]

Aarne Edward Juutilainen (Finlandia: [ˈɑːrne ˈjuːtilɑi̯nen]; 18 Oktober 1904 – 28 Oktober 1976), dijuluki "Marokon kauhu" (Inggris: Teror Maroko), adalah seorang kapten tentara Finlandia yang bertugas di Legiun Asing Prancis di Maroko antara tahun 1930 dan 1935. Setelah kembali ke Finlandia, ia bertugas di tentara Finlandia dan menjadi pahlawan nasional dalam Pertempuran Kollaa selama Perang Musim Dingin dengan Uni Soviet; dengan semangat juangnya yang tiada henti, ia naik ke status legendaris di medan perang.[5][6] Dia terluka tiga kali selama Perang Dunia II.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Juutilainen lahir di Sortavala pada tanggal 18 Oktober 1904. Orang tuanya adalah pegawai kereta api Tuomas Juutilainen dan Helmi Sofia Juutilainen née Kauppinen. Saudaranya adalah Ilmari Juutilainen, yang kemudian lebih dikenal sebagai penerbang ulung selama peperangan.

Juutilainen bersekolah di Sortavala, di mana dia membaca tujuh kelas di Sortavala Lyceum. Dia atletis, dan menikmati bermain ski, berkuda, anggar, dan pesäpallo; dia adalah anggota tim pesäpallo Sortavalan Viritys pada tahun 1924.

Saat masih kecil, ia pertama kali bersentuhan dengan perang pada tahun 1918, berpartisipasi dalam Perang Saudara Finlandia dengan memasang sabuk senapan mesin di sisi putih. Setelah perang, Juutilainen yang masih di bawah umur mencoba menjadi sukarelawan untuk ekspedisi Aunus, tetapi perekrut menemukan bahwa Juutilainen telah memalsukan persetujuan orang tuanya untuk ekspedisi tersebut.

Meski demikian, Juutilainen memutuskan untuk memilih karir militer sebagai profesinya. Ia bersekolah di Sekolah Perwira Cadangan pada tahun 1925 dan melanjutkan studinya di Sekolah Kadet pada tahun 1926–1927. Dia harus putus sekolah karena gaya hidup yang tidak cocok untuk perwira aktif dan mengundurkan diri dari Angkatan Darat Finlandia pada tahun 1928.

Karir Militer[sunting | sunting sumber]

Legiun Asing Prancis[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Juni 1930, Juutilainen melakukan perjalanan ke Prancis dan bergabung dengan Legiun Asing Prancis. Dia dipindahkan ke Fort St. Nicolas di Prancis Selatan, dekat Marseille, dan dari sana ke Oran di Aljazair. Dia menghabiskan waktu di kamp pelatihan Legiun Asing di kota Sidi Bel Abbès. Dari sana dia dipindahkan ke Fez dan bertempur dalam beberapa pertempuran melawan pemberontak Berber di Pegunungan Atlas. Karena pengabdiannya di Maroko, ia dijuluki "Teror Maroko" oleh pasukan Finlandia.

Perang di Pegunungan Atlas berlangsung lama, dan pada tahun 1931 serangan Berber menyerah. Juutilainen bertugas di Legiun Asing selama lima tahun penuh dan dianugerahi Legion Cross dan kewarganegaraan Prancis. Ia kembali ke Finlandia pada tanggal 20 Juni 1935, saat bagian selatan Maroko berada di bawah protektorat Prancis.

Perang Musim Dingin[sunting | sunting sumber]

Kapten Juutilainen di garis depan Kollaa selama Perang Musim Dingin.

Pada bulan November 1939, Uni Soviet menyerang Finlandia, memulai Perang Musim Dingin. Juutilainen bertugas di tentara Finlandia selama perang ini, terutama selama Pertempuran Kollaa.

Pertanyaan Mayor Jenderal Woldemar Hägglund "Akankah Kollaa bertahan?" ("Kestääkö Kollaa?") dijawab dengan terkenal oleh Letnan Juutilainen: "Kollaa akan bertahan, kecuali perintah harus dijalankan." ("Kyllä kestää, ellei käsketä karkuun juoksemaan.")

Selama komandonya di Kollaa pada bulan Desember 1939, Juutilainen bernegosiasi dengan Hägglund tentang strategi Front Kollaa. Pertempuran Kollaa mempunyai kepentingan strategis. "Kecuali kita disuruh lari" mempunyai arti yang persis seperti itu; seminggu sebelumnya, dia menerima perintah resimen untuk mundur, namun dia mengabaikannya.

Setelah itu, Letnan Kolonel dan komandan resimen Wilhelm Teittinen, yang memimpin JR/34 di Front Kollaa, memberikan penghormatan kepada Juutilainen: "Dia menciptakan semangat Kollaa". ("Hän loi Kollaan hegen")

Pada tahun 1940, dia menjadi kapten yang memimpin "Kompi Maroko", sebuah unit "pemain ski dan pemain ski yang bagus" yang semuanya dianugerahi penghargaan karena keberaniannya. Sebuah laporan berita kontemporer menggambarkan unit tersebut telah mencapai "kemenangan mengejutkan di sektor ini" selama perang. Anak buah Juutilainen memanggilnya "papa". Dia menggunakan keterampilan perang gerilya yang dia pelajari di Legiun Asing Prancis untuk melatih anak buahnya. Saat ini, Juutilainen telah kehilangan satu jari tangan kanannya akibat pecahan peluru Rusia.

Kompi ke-6 Resimen Infantri 34, sebuah unit yang dipimpin oleh Letnan Juutilainen, juga termasuk penembak jitu militer legendaris Simo Häyhä, yang dikenal sebagai "Kematian Putih".

Perang Kelanjutan[sunting | sunting sumber]

"Teror Maroko" menunggu perintah penyerangan (Dekat Myllyniemi), 4 Juli 1941.

Selama fase ofensif Perang Lanjutan, Juutilainen menjabat sebagai komandan kompi dan komandan batalion di Resimen Infantri 9. Dia mempunyai reputasi Perang Musim Dingin di pundaknya dan tindakannya diawasi dengan ketat. Juutilainen sedang dalam performa terbaiknya di lini depan, di tengah pertarungan. Di Svir, ia menjabat sebagai komandan Grup Pertempuran Juutilainen di Resimen Infantri 3. Panglima Angkatan Pertahanan masa depan, Yrjö Keinonen, juga menjabat sebagai salah satu komandan kompi di grup pertempuran tersebut.

Setelah pertempuran paling sengit dalam Perang Berkelanjutan di Gora pada tahun 1942, Juutilainen dipindahkan ke komando garnisun JR 9, posisi yang ia jabat selama periode perang parit dari tahun 1942 hingga 1944. Ia menjabat sebagai komandan resimen, untuk lebih banyak lagi. dari setahun sebelum dia dipromosikan menjadi komandan Divisi 7. Dia menjabat sebagai komandan divisi selama satu tahun. Setelah itu, sebelum kembali ke tentara lapangan, Juutilainen bertugas mulai Mei 1944 sebagai komandan Kompi Tawanan Perang ke-31. Pemindahan ke unit itu terjadi karena "terus menerus mabuk dan pemukulan terhadap seorang pria di bawah komandonya pada bulan April 1944", menurut Buku Harian Hukuman petugas Divisi 7; Saat ia menjabat sebagai komandan markas divisi, aksi dan kegembiraan digantikan oleh alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ia dikenal sebagai pria yang gugup dan galak, serta tidak tunduk pada siapa pun. Ia bahkan diketahui pernah menembak kaki bawahannya saat memberikan dorongan pada perintahnya, namun di lini depan ia menjaga anak buahnya, bersikap adil dan dihormati bawahannya.

Pada musim panas tahun 1944, Juutilainen sekali lagi mengambil bagian dalam pertempuran dalam mengarahkan kompi ke arah Loimola, dan dia juga berada di sana ketika gencatan senjata selesai pada awal September 1944.

Perang Lapland[sunting | sunting sumber]

Sebagai kapten Perang Lapland, Aarne Juutilainen mengambil bagian dalam tahap awal pemantauan mundurnya Tentara Gunung XX Jerman bersama dengan resimennya, dari mana pasukan cadangan telah dipulangkan. Batalyon Juutilainen mengikuti pertempuran mundurnya pasukan Jerman ke Karesuvanto dan masih ke Lätäseno sampai Kapten Aarne Juutilainen menerima pemberitahuan bahwa dia harus secara resmi mengajukan pengunduran diri dari Angkatan Pertahanan Finlandia pada bulan Desember 1944.

Tahun Kemudian dan Kematian[sunting | sunting sumber]

Selepas perang, Juutilainen berjuang dengan masa damai, akhirnya beralih ke alkoholisme. Dia menetap di Helsinki dan menghidupi dirinya sendiri dengan berbagai pekerjaan. Olavi Juutilainen, putra saudaranya Ilmari Juutilainen, menggambarkan pamannya Aarne sebagai berikut:

Aarne tidak dapat disangkal adalah seorang prajurit yang tak kenal takut, tetapi gambaran dirinya yang sebelumnya terlalu romantis terlukis. Perilakunya tidak pantas bagi perwira tersebut selama masa damai dan perang. Dia mengancam dan menunjuk anak buahnya sendiri dengan pistolnya. Seperti yang dikatakan orang-orang itu, Aarne lebih banyak membawa pistol daripada di kopernya.––– Ayah saya juga bukan teladan dalam segala hal. Dia mengkhianati ibu saya di depan umum dan kemudian mendambakan alkohol juga. Orang tua saya bercerai ketika saya berumur 10 tahun. Namun, Illu [Ilmari] senang dan lucu, Aarne adalah orang jahat. Namun, ayahku mempunyai cengkeraman yang tidak bisa dijelaskan pada Aarne saat dia mengamuk di kepalanya. Ayah saya juga menjamin hutang Aarne.[3]

Mayor Ahti Vuorensola, saudara seperjuangan selama pertempuran Kollaa, membantu Juutilainen semaksimal mungkin. Juutilainen meninggal sendirian di sebuah panti jompo di Helsinki pada 28 Oktober 1976, pada usia 72 tahun. Ia dimakamkan di Pemakaman Malmi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://sotaveteraanit.fi/2018/01/15/juutilaisen-veljekset-havittaja-assa-ja-marokon-kauhu/
  2. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama sotaupseerit
  3. ^ a b c d Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama pimeä puoli
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama juutilainen
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama yle
  6. ^ Suomen Kadettiupseerit