Perang Kontinuasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Perang Kelanjutan)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perang Kontinuasi
Bagian dari Front Timur Perang Dunia II
StuG III Ausf. G.jpg
StuG III Finlandia
Tanggal25 Juni 1941–19 September 1944
LokasiFinlandia, Karelia dan Murmansk
Hasil Gencatan senjata; kemenangan Soviet; Gencatan senjata Moskwa
Pihak terlibat
 Finlandia
Bendera Jerman Jerman Nazi
Bendera Italia Italia[1]
 Uni Soviet
 Britania Raya
Tokoh dan pemimpin
Bendera Finlandia C.G.E. Mannerheim Bendera Uni Soviet Kirill Meretskov
Bendera Uni Soviet Leonid Govorov

Perang Kontinuasi (bahasa Finlandia: jatkosota, bahasa Swedia: fortsättningskriget, bahasa Rusia: Война-продолжение) (25 Juni 1941 – 19 September 1944) juga diketahui sebagai Perang Soviet-Finlandia ke dua (Yang pertama adalah Perang Musim Dingin), adalah sebuah konflik militer yang melibatkan Finlandia, dan juga Nazi Jerman melawan Uni Soviet. Perang dimulai pada 1941 dan diakhiri pada 1944, Sebagai bagian dari Front Timur Perang Dunia II, dipandang dari sisi sejarah Uni Soviet, perang ini dipanggil Perang Patriotik Front Finlandia. Jerman membantu Finlandia karena menganggap Finlandia dapat membantu dalam perang Front Timur.


Perang Kontinuasi dimulai 15 bulan setelah Perang Musim Dingin berakhir (Juga perang antara Finlandia dengan Soviet). Ada banyak alasan bagi Finlandia untuk menyerang Soviet, salah satunya adalah pengambil-alihan wilayah Finlandia (Tanah Genting Karjala, Salla, Petsamo) yang direbut oleh Soviet pada Perang Musim Dingin. Pernyataan lain atas konflik juga menyatakan visi presiden Ryti atas Finlandia Raya dan keinginan Panglima tertinggi C.G.E Mannerheim untuk menguasai Karelia timur. Rencana penyerangan direncanakan bersama dengan Faksi Politik Finlandia, Pemimpin Militer Finlandia dan Wehrmacht. Meskipun Finlandia secara resmi bekerjasama dengan Jerman, Finlandia tidak menandatangani Perjanjian Tripartit yang berarti tidak pernah secara resmi bergabung dengan Poros. Namun Finlandia menandatangani Pakta Anti-Comintern. Pemimpin Finlandia membenarkan aliansi dengan Jerman sebagai tindakan pertahanan.

Pada bulan Juni 1941, bersamaan dengan dimulainya invasi Jerman ke Uni Soviet, Pasukan Pertahanan Finlandia melakukan serangan yang diikuti serangan udara Soviet. Pada September 1941, Finlandia teah mengambil wilayah yang diambil setelah perang musim dingin, yaitu Tanah Genting Karelia, Karelia Ladoga, Salla, Petsamo. Namun Finlandia tetap meyerang mengikuti perebutan Petrozavodsk dan Karelia Timur. Pasukan Finlandia berhenti sekitar 30-32 Km dari Leningrad, dan berpartisipasi dalam Pengepungan Leningrad, dengan cara memotong jalur suplai utara kearah Leningrad, dan bertahan sampai 1944. Di Lapland, pasukan gabungan Jerman-Finlandia gagal merebut jalur Kirov untuk proyek Lend-Lease pada Uni Soviet, dan juga gagal merebut kota Murmansk. Konflik seterusnya hanyalah pertempuran kecil hingga Perang berpihak pada Soviet. Serangan Vyborg-Petrozavodsk pada Juni 1944. Serangan itu memukul Finlandia kembali ke wilayah lamanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[2] (Bahasa Inggris)

  1. ^ On 17 May 1942 the International Naval Detachment K (with boats from Finland, Germany, and Italy) was deployed on Lake Ladoga. During its patrols, the Detachment interdicted the Leningrad supply route in the southern part of the massive lake, sinking one barge. (See Siege of Leningrad)
  2. ^ https://books.google.com/books?id=xXkpDwAAQBAJ&q=naval+detachment+k+italy&pg=PT123