Pesäpallo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pesäpallo
Siipen nuoret pelaamassa pesapalloa.jpg
Gadis-gadis bermain pesäpallo di Siilinjärvi pada tahun 2006.
Pertama dimainkan1920-an
Data lengkap
Jumlah pemain9 (bertahan)
12 (menyerang)
PeralatanBola, pemukul, sarung tangan, helm
Dipertandingkan di OlimpiadeDemonstrasi, 1952

Pesäpallo (pengucapan bahasa Finlandia[pesæpɑlːo]; bahasa Swedia: boboll, kedua nama secara harfiah berarti "bola sarang", juga disebut sebagai "bisbol finlandia") adalah sebuah olahraga yang menggunakan bola dan pemukul dan sering disebut sebagai olahraga nasional Finlandia. Olahraga ini juga dapat ditemukan di negara-negara lain termasuk Jerman, Swedia, Swiss, Australia, dan Ontario Utara, Kanada (dua negara terakhir memiliki populasi Nordik yang signifikan). Permainan ini mirip dengan brännboll, kasti, dan lapta, serta bisbol.

Pesäpallo adalah kombinasi dari permainan tim memukul bola tradisional dan bisbol asal Amerika Utara. Pesäpallo diciptakan oleh Lauri "Tahko" Pihkala pada tahun 1920-an.[1] Pesäpallo telah berubah seiring dengan waktu dan popularitas yang meningkat.

Ide dasar dari pesäpallo serupa dengan bisbol: tim menyerang mencoba untuk mencetak poin dengan berhasil memukul bola dan berjalan melalui basis, sedangkan tim bertahan mencoba untuk membuat pemukul dan pelari keluar. Salah satu perbedaan yang paling penting antara pesäpallo dan bisbol adalah bahwa bola dilempar secara vertikal, yang membuat pengendalian kekuatan dan arah bola menjadi jauh lebih mudah. Hal ini memberikan permainan tim menyerang yang lebih beragam dengan menonjolkan aspek kecepatan dan taktik dibandingkan dengan bisbol.[1] Tim bertahan terpaksa untuk pemukul dengan skema defensif dan antisipasi; Pesäpallo menjadi latihan mental.

Manajer memiliki peran penting dalam pesäpallo, yang mengarahkan tim menyerang dengan memberikan sinyal kepada para pemain menggunakan kipas angin warna-warni. Permainan tim bertahan diarahkan oleh perintah manajer dan isyarat tangan oleh pemain di lapangan.[1]

Pesäpallo adalah olahraga demonstrasi pada Olimpiade Musim Panas 1952, yang diadakan di Helsinki, Finlandia.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Peralatan Pesäpallo

Helm[sunting | sunting sumber]

Setiap pemain diwajibkan memakai helm ketika bermain dalam menjadi tim menyerang. Jika seorang pemain memegang pemukul tanpa menggunakan helm, pemain tersebut dinyatakan keluar. Terlepas dari pitcher dan outfielder, fielder diwajibkan untuk memakai helm.[2]

Sarung tangan[sunting | sunting sumber]

Sarung tangan digunakan untuk memudahkan menangkap bola saat bermain bertahan. Sarung tangan yang digunakan dalam pesäpallo berbeda dari yang digunakan dalam bisbol baik dalam karakteristik dan penampilan, lebih menyerupai sarung tangan kiper dalam hoki. Sarung tangan ini terbuat dari kulit meskipun beberapa produsen menggunakan berbagai jenis serat sintetis di sisi belakang. Bagian dalam sarung tangan ini selalu terbuat dari kulit tebal.

Pemukul[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya pemukul yang digunakan dalam pesäpallo yang terbuat dari kayu. Pemukul ini cukup rapuh dan tidak tahan lama saat digunakan untuk memukul bola berat. Sekarang, pemukul kayu hanya digunakan dalam permainan anak-anak dan pemukul yang digunakan pada orang dewasa terbuat dari campuran serat kaca dan serat karbon.

Perbedaan terbesar antara kelelawar terletak pada berat, pusat gravitasi, fleksibilitas dan panjang. Panjang maksimum pemukul adalah 100 sentimeter (39 in). Jika menggunakan bola anak-anak, panjang maksimum pemukul adalah 90 sentimeter (35 in).

Bola[sunting | sunting sumber]

Bola yang digunakan dalam pesäpallo berwarna kuning dan memiliki ukuran lingkar 21,60–22,20 sentimeter (8,50–8,74 in). Berat bola bervariasi:[2]

  • Bola untuk pria 160–165 gram (5,6–5,8 oz)
  • Bola untuk wanita 135–140 gram (4,8–4,9 oz)
  • Bola untuk anak-anak 95–100 gram (3,4–3,5 oz)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Introduction to the game". Pesis.fi. Pesäpalloliitto. Diakses tanggal 16 October 2015. 
  2. ^ a b "Pesäpallon pelisäännöt, ohjekirja ja kenttäkuvat". Pesis.fi (dalam bahasa Suomi). Pesäpalloliitto. 2015. Diakses tanggal 16 October 2015. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]