Fita (Kiril)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ѳ)
Huruf Kiril Fita
Penggunaan Fonetis:[f], [t], [θ]
Nomor Kiril:9
Diambil dari:Huruf Yunani Theta (Θ θ)
Alfabet Kiril
Huruf Slavia
АА́А̀А̂А̄ӒБ
ВГҐДЂЃЕ
Е́ÈЕ̂ЁЄЖЗ
З́ЅИИ́ЍИ̂Й
ІЇЈКЛЉМ
НЊОŌПРС
С́ТЋЌУУ́ У̀
У̂ӮЎФХЦЧ
ЏШЩЪЫЬЭ
ЮЯ
Huruf non-Slavia
ӐА̊А̃Ӓ̄ӔӘӘ́
Ә̃ӚВ̌ҒГ̑Г̣Г̌
ҔӺҒ̌ӶД̌Д̣Д̆
ӖЕ̄Е̃Ё̄Є̈ӁҖ
ӜҘӞЗ̌З̱З̣Ԑ
Ԑ̈ӠӢИ̃ҊӤҚ
ӃҠҞҜК̣ԚӅ
ԮԒӍӉҢԨӇ
ҤО́О̀О̆О̂О̃Ӧ
Ӧ̄ӨӨ̄Ө́Ө̆ӪҨ
ԤР̌ҎҪС̣С̱Т̌
Т̣ҬУ̃Ӱ Ӱ́Ӱ̄Ӳ
ҮҮ́ҰХ̣Х̱Х̮Х̑
ҲӼӾҺҺ̈ԦҴ
ҶӴӋҸҼҾЫ̆
Ы̄ӸҌЭ̆Э̄Э̇Ӭ
Ӭ́Ӭ̄Ю̆Ю̈Ю̈́Ю̄Я̆
Я̄Я̈ Я̈́ԜӀ
Huruf Kuno atau tidak digunakan
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԪԬГ̧Г̄

Fita (Ѳ ѳ; italik: Ѳ ѳ) adalah huruf dari Alfabet Kiril awal. Bentuk dan nama dari huruf ini berasal Huruf Yunani Theta (Θ θ). Dalam sistem ISO 9, Ѳ diromanisasi menggunakan F dengan aksen nontirus (F̀ f̀).[1]

Dalam sistem angka Kiril, Fita memiliki nilai 9.

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Dalam bentuk tradisional (Gereja Slavonia), garis biasanya terletak di tengah dari badan huruf dam serif yang ada di tengahnya mirip bagian pinggir Т: . Kadang-kadang garis ditarik rendah ke garis dasar, yang mana membuat kesulitan untuk membedakan dari Д.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Rusia Kuno dan Gereja Slavonia[sunting | sunting sumber]

Nama tradisional Rusia huruf ini adalah фита́ fitá (atau, dalam bentuk sebelum 1918, ѳита́). Fita dulu terutama digunakan untuk menulis nama Yunani dan kata serapan dari Yunani. Orang Rusia mengucapkan nama dengan suara /f/ sebagai ganti /θ/ (mirip pengucapan dari th dalam "thin"), untuk contoh "Theodore" diucapkan sebagai "Feodor" (sekarang "Fyodor").

Teks kuno Rusia (dan dalam resensi Rusia dari Slavonia Gereja) mendemonstrasikan sebuah peningkatan yang dapat dipertukarkan dari Ѳ dan Ф. Tulisan sama disukai satu dari huruf dan mengabaikan yang lain. Di sana ada sebuah sistem ortografi untuk menulis Ѳ dalam posisi awal dan Ф di tempat lain. Sejak pertengahan Abad Ke-17, seleksi diantara Ѳ dan Ф telah diulang persis mengikuti asal Yunani, sistem tetap digunakan dalam ortografi Gereja Slavonia.

Rusia[sunting | sunting sumber]

Dalam varian pertama dari Alfabet Rusia Petrine (1707–1708), huruf Ф dihilangkan dan Fita menjadi jalan untuk melambangkan /f/. Kemudian (1710) huruf Ф (dengan aturan etimologi yang sama dengan Ѳ dan Ф) telah dikembalikan dan keduanya masih ada sebelum reformasi 1918, Fita telah dihilangkan dan digantikan oleh Huruf Ef (Ф ф).

Semua huruf Yunani dengan Theta digunakan dalam bahasa Rusia dengan Te (Т т) sebagai ganti Fita (kebanyakan melalui Latin atau Bahasa Eropa barat): театръ (teater), теорема (teorema), атлетъ (atlit), пантера (panther), фталевый (ftalat), dsb. Kadang-kadang ganda /pengucapan yang ada: аѳеизмъ/атеизмъ (ateisme), алгориѳмъ/алгоритмъ (algoritma), каѳолическій/католическій (Katolik), dsb.; varian dengan Fita (dalam modern dengan Ф) biasanya kuno atau istimewa.

Bahasa lain[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa lain yang menggunakan Alfabet Kiril , Fita diucapkan /t/ dan digantikan dengan Te (Т т). Untuk contoh, Bulgaria, Makedonia dan versi Serbia dari Theodore adalah Тодор Todor atau Теодор Teodor.[butuh rujukan]

Romania[sunting | sunting sumber]

Dipanggil thita, Ѳ adalah bagian dari Alfabet Kiril Romania, tetap digunakan hingga 1860.

Aleut[sunting | sunting sumber]

Fita digunakan dalam Alfabet Kiril versi Aleut, biasanya dalam dalam kata serapan .

Huruf terkait[sunting | sunting sumber]

Kode Komputasi[sunting | sunting sumber]

Informasi karakter
Pratayang Ѳ ѳ
Nama Unicode CYRILLIC CAPITAL LETTER FITA CYRILLIC SMALL LETTER FITA
Pengodean decimal hex dec hex
Unicode 1138 U+0472 1139 U+0473
UTF-8 209 178 D1 B2 209 179 D1 B3
Referensi karakter numerik Ѳ Ѳ ѳ ѳ

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ISO 9:1995: Information and documentation — Transliteration of Cyrillic characters into Latin characters — Slavic and non-Slavic languages". International Organization for Standardization. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 15 June 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]