I dengan aksen rendah (Kiril)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Huruf Kiril
I dengan aksen rendah
Alfabet Kiril
Huruf Slavia
АА́А̀А̂А̄ӒБ
ВГҐДЂЃЕ
Е́ÈЕ̂ЁЄЖЗ
З́ЅИИ́ЍИ̂Й
ІЇЈКЛЉМ
НЊОŌПРС
С́ТЋЌУУ́ У̀
У̂ӮЎФХЦЧ
ЏШЩЪЫЬЭ
ЮЯ
Huruf non-Slavia
ӐА̊А̃Ӓ̄ӔӘӘ́
Ә̃ӚВ̌ҒГ̑Г̣Г̌
ҔӺҒ̌ӶД̌Д̣Д̆
ӖЕ̄Е̃Ё̄Є̈ӁҖ
ӜҘӞЗ̌З̱З̣Ԑ
Ԑ̈ӠӢИ̃ҊӤҚ
ӃҠҞҜК̣ԚӅ
ԮԒӍӉҢԨӇ
ҤО́О̀О̆О̂О̃Ӧ
Ӧ̄ӨӨ̄Ө́Ө̆ӪҨ
ԤР̌ҎҪС̣С̱Т̌
Т̣ҬУ̃Ӱ Ӱ́Ӱ̄Ӳ
ҮҮ́ҰХ̣Х̱Х̮Х̑
ҲӼӾҺҺ̈ԦҴ
ҶӴӋҸҼҾЫ̆
Ы̄ӸҌЭ̆Э̄Э̇Ӭ
Ӭ́Ӭ̄Ю̆Ю̈Ю̈́Ю̄Я̆
Я̄Я̈ Я̈́ԜӀ
Huruf Kuno atau tidak digunakan
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԪԬГ̧Г̄

I dengan aksen rendah (Ѝ ѝ; Italik: Ѝ ѝ) adalah Huruf yang melambangkan sebuah varian dari Huruf reguler И dalam Alfabet Kiril, tetapi tidak satupun dari mereka, baik modern atau kuno, memasukkannya sebagai huruf terpisah.

Bahasa Slavia Selatan[sunting | sunting sumber]

Bulgaria dan Makedonia[sunting | sunting sumber]

Paling sering Ѝ digunakan dalam bahasa Bulgaria dan Makedonia untuk membedakan bentuk pendek dari objek tidak langsung ѝ ("nya" ) dari konjungsi и ("dan", "juga") atau, lebih jarang, untuk mencegah ambiguitas dalam kasus serupa lainnya. Jika tidak tersedia, karakter ѝ sering diganti dengan и biasa (tidak disarankan tetapi masih benar secara ortografis) atau dalam bahasa Bulgaria dengan huruf й (secara resmi dianggap sebagai kesalahan ejaan).

Gereja Slavonia[sunting | sunting sumber]

Sejak abad ke-17 dalam versi Rusia modern Slavonia Gereja, Ѝ dan vokal lainnya dengan aksen serius hanyalah varian ortografis dari huruf yang sama dengan aksen akut ketika digunakan sebagai huruf terakhir dari sebuah kata.

Serbia[sunting | sunting sumber]

Ѝ (serta vokal lainnya dengan aksen akut, rendah, sirkumfleks, atau aksen rendah ganda) dapat digunakan secara opsional dalam teks Serbian untuk menunjukkan salah satu dari empat kemungkinan nada dari penekanan suku kata. Dalam kasus seperti ('untuk mengumpulkan') vs. ('untuk membeli lebih banyak'), atau ('penebusan' 'tebusan') vs. ('rapat'), penggunaan diakritik juga dapat mencegah ambiguitas. Dalam alfabet Latin Serbo-Kroasia (yang disebut Alfabet Gaj), semua tanda tekanan/nada adalah sama: Kiril Ѝ sesuai dengan bahasa Latin ì, dll.

Bahasa Slavia Timur[sunting | sunting sumber]

Ѝ dan vokal lainnya dengan aksen serius dapat ditemukan dalam buku-buku Rusia dan Ukraina yang lebih tua sebagai varian yang ditekankan dari vokal reguler (tanpa aksen) hingga awal tanggal 20 abad, seperti Rusia вѝна ('anggur') vs. а̀ ('bersalah'). Baru-baru ini, tipografi Slavia Timur mulai menggunakan aksen tirus (ви́на) alih-alih aksen nontirus (вина́) untuk menunjukkan tekanan.

Tanda stres adalah opsional dalam Bahasa Slavia Timur dan secara teratur hanya digunakan dalam buku-buku khusus seperti kamus, primer, atau buku teks untuk orang asing, karena stres sangat tidak terduga dalam ketiga bahasa. Namun, dalam teks-teks umum, tanda tekanan hampir tidak pernah digunakan dan terutama untuk mencegah ambiguitas atau untuk menunjukkan pengucapan kata-kata asing.

Beberapa kamus Rusia modern menggunakan aksen serius untuk menunjukkan tekanan sekunder dalam kata majemuk, dengan aksen akut untuk tekanan utama, seperti еспосо́бный [ˌʐɨzʲnʲɪspɐˈsobnɨj] ('layak') (dari жизнь [ʐɨzʲnʲ] 'hidup' dan особный [spɐˈsobnɨj] 'mampu').

I "Desimal" dengan aksen rendah[sunting | sunting sumber]

Ortografi Kiril yang memiliki І (disebut "I Desimal" atau "I Ukraina") dapat menggunakan ì atau í sebagai varian yang ditekankan dalam ortografi Ukraina dan Belarusia modern, Rusia atau Serbia kuno, dan Gereja Slavonia. Perbedaan antara ì dan í sama dengan perbedaan antara ѝ dan и́.

Huruf Terkait[sunting | sunting sumber]

Kode Komputasi[sunting | sunting sumber]

Informasi karakter
Pratayang Ѝ ѝ
Nama Unicode CYRILLIC CAPITAL LETTER
I WITH GRAVE
CYRILLIC SMALL LETTER
I WITH GRAVE
Pengodean decimal hex dec hex
Unicode 1037 U+040D 1117 U+045D
UTF-8 208 141 D0 8D 209 157 D1 9D
Referensi karakter numerik Ѝ Ѝ ѝ ѝ