I dengan aksen rendah (Kiril)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Archive-ugent-be-973E9242-B062-11E1-9EF1-99BDAAF23FF7 DS-375 (cropped)-derivative.jpg
Huruf Kiril
I dengan aksen rendah
 
Cyrillic letter I grave - uppercase and lowercase.svg
Alfabet Kiril
Huruf Bahasa Slavia
АА́А̀БВГҐ
ДЂЃЕÈЁЄ
ЖЗЗ́ЅИИ́Ѝ
ЙІЇЈКЛЉ
МНЊОŌПР
СС́ТЋЌУӮ
ЎФХЦЧЏШ
ЩЪЫЬЭЮЯ
Huruf non-Slavia
ӐА̄А̊А̃ӒӒ̄Ӕ
ӘӘ́Ә̃ӚВ̌ҒГ̑
Г̣Г̌ҔӺҒ̌ӶД̣
Д̆ӖЕ̄Е̃Ё̄Є̈Ӂ
ҖӜҘӞЗ̌З̱З̣
ԐԐ̈ӠӢИ̃ҊӤ
ҚӃҠҞҜК̣Ԛ
ӅԮԒӍӉҢԨ
ӇҤО́О̀О̆О̂О̃
ӦӦ̄ӨӨ̄Ө́Ө̆Ӫ
ҨԤР̌ҎҪС̣С̱
Т̌Т̣ҬУ̃Ӱ Ӱ́Ӳ
ҮҮ́ҰХ̣Х̱Х̮Х̑
ҲӼӾҺҺ̈ԦҴ
ҶӴӋҸҼҾЫ̆
Ы̄ӸҌЭ̆Э̄Э̇Ӭ
Ӭ́Ӭ̄Ю̆Ю̈Ю̈́Ю̄Я̆
Я̄Я̈ԜӀ
Huruf Kiril Kuno
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԪԬГ̧Г̄

I dengan aksen rendah (Ѝ ѝ; Italik: Ѝ ѝ) adalah Huruf yang melambangkan sebuah varian dari Huruf reguler И dalam Alfabet Kiril, tetapi tidak satupun dari mereka, baik modern atau kuno, memasukkannya sebagai huruf terpisah.

Bahasa Slavia Selatan[sunting | sunting sumber]

Bulgaria dan Makedonia[sunting | sunting sumber]

Paling sering Ѝ digunakan dalam bahasa Bulgaria dan Makedonia untuk membedakan bentuk pendek dari objek tidak langsung ѝ ("nya" ) dari konjungsi и ("dan", "juga") atau, lebih jarang, untuk mencegah ambiguitas dalam kasus serupa lainnya. Jika tidak tersedia, karakter ѝ sering diganti dengan и biasa (tidak disarankan tetapi masih benar secara ortografis) atau dalam bahasa Bulgaria dengan huruf й (secara resmi dianggap sebagai kesalahan ejaan).

Gereja Slavonia[sunting | sunting sumber]

Sejak abad ke-17 dalam versi Rusia modern Slavonia Gereja, Ѝ dan vokal lainnya dengan aksen serius hanyalah varian ortografis dari huruf yang sama dengan aksen akut ketika digunakan sebagai huruf terakhir dari sebuah kata.

Serbia[sunting | sunting sumber]

Ѝ (serta vokal lainnya dengan aksen akut, rendah, sirkumfleks, atau aksen rendah ganda) dapat digunakan secara opsional dalam teks Serbian untuk menunjukkan salah satu dari empat kemungkinan nada dari penekanan suku kata. Dalam kasus seperti ('untuk mengumpulkan') vs. ('untuk membeli lebih banyak'), atau ('penebusan' 'tebusan') vs. ('rapat'), penggunaan diakritik juga dapat mencegah ambiguitas. Dalam alfabet Latin Serbo-Kroasia (yang disebut Alfabet Gaj), semua tanda tekanan/nada adalah sama: Kiril Ѝ sesuai dengan bahasa Latin ì, dll.

Bahasa Slavia Timur[sunting | sunting sumber]

Ѝ dan vokal lainnya dengan aksen serius dapat ditemukan dalam buku-buku Rusia dan Ukraina yang lebih tua sebagai varian yang ditekankan dari vokal reguler (tanpa aksen) hingga awal tanggal 20 abad, seperti Rusia вѝна ('anggur') vs. а̀ ('bersalah'). Baru-baru ini, tipografi Slavia Timur mulai menggunakan aksen tirus (ви́на) alih-alih aksen nontirus (вина́) untuk menunjukkan tekanan.

Tanda stres adalah opsional dalam Bahasa Slavia Timur dan secara teratur hanya digunakan dalam buku-buku khusus seperti kamus, primer, atau buku teks untuk orang asing, karena stres sangat tidak terduga dalam ketiga bahasa. Namun, dalam teks-teks umum, tanda tekanan hampir tidak pernah digunakan dan terutama untuk mencegah ambiguitas atau untuk menunjukkan pengucapan kata-kata asing.

Beberapa kamus Rusia modern menggunakan aksen serius untuk menunjukkan tekanan sekunder dalam kata majemuk, dengan aksen akut untuk tekanan utama, seperti еспосо́бный [ˌʐɨzʲnʲɪspɐˈsobnɨj] ('layak') (dari жизнь [ʐɨzʲnʲ] 'hidup' dan особный [spɐˈsobnɨj] 'mampu').

I "Desimal" dengan aksen rendah[sunting | sunting sumber]

Ortografi Kiril yang memiliki І (disebut "I Desimal" atau "I Ukraina") dapat menggunakan ì atau í sebagai varian yang ditekankan dalam ortografi Ukraina dan Belarusia modern, Rusia atau Serbia kuno, dan Gereja Slavonia. Perbedaan antara ì dan í sama dengan perbedaan antara ѝ dan и́.

Huruf Terkait[sunting | sunting sumber]

Kode Komputasi[sunting | sunting sumber]

Karakter Ѝ ѝ
Unicode CYRILLIC CAPITAL LETTER
I WITH GRAVE
CYRILLIC SMALL LETTER
I WITH GRAVE
Pengkodean decimal hex decimal hex
Unicode 1037 U+040D 1117 U+045D
UTF-8 208 141 D0 8D 209 157 D1 9D
Nomor referensi karakter Ѝ Ѝ ѝ ѝ