Ge dengan diakritik penaikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Huruf Kiril
Ge dengan diakritik penaikan
Penggunaan Fonetis:[g]
Alfabet Kiril
Huruf Slavia
АА́А̀А̂А̄ӒБ
ВГҐДЂЃЕ
Е́ÈЕ̂ЁЄЖЗ
З́ЅИИ́ЍИ̂Й
ІЇЈКЛЉМ
НЊОŌПРС
С́ТЋЌУУ́ У̀
У̂ӮЎФХЦЧ
ЏШЩЪЫЬЭ
ЮЯ
Huruf non-Slavia
ӐА̊А̃Ӓ̄ӔӘӘ́
Ә̃ӚВ̌ҒГ̑Г̣Г̌
ҔӺҒ̌ӶД̌Д̣Д̆
ӖЕ̄Е̃Ё̄Є̈ӁҖ
ӜҘӞЗ̌З̱З̣Ԑ
Ԑ̈ӠӢИ̃ҊӤҚ
ӃҠҞҜК̣ԚӅ
ԮԒӍӉҢԨӇ
ҤО́О̀О̆О̂О̃Ӧ
Ӧ̄ӨӨ̄Ө́Ө̆ӪҨ
ԤР̌ҎҪС̣С̱Т̌
Т̣ҬУ̃Ӱ Ӱ́Ӱ̄Ӳ
ҮҮ́ҰХ̣Х̱Х̮Х̑
ҲӼӾҺҺ̈ԦҴ
ҶӴӋҸҼҾЫ̆
Ы̄ӸҌЭ̆Э̄Э̇Ӭ
Ӭ́Ӭ̄Ю̆Ю̈Ю̈́Ю̄Я̆
Я̄Я̈ Я̈́ԜӀ
Huruf Kuno atau tidak digunakan
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԪԬГ̧Г̄

Ge dengan diakritik penaikan (Ґ ґ; Italik: Ґ ґ ) merupakan sebuah huruf dalam Alfabet Kiril. Huruf ini merupakan bagian dari Alfabet Ukraina, Alfabet Bahasa Rusyn dan dikedua alfabet dari Alfabet Karpathi Rusyn, dan beberapa varian bahasa Urum dan Belarusia (Alfabet Taraškievica). Huruf ini dipanggil sebagai "Ge" diantara alfabet-alfabet, dan huruf yang menjadi tumpuan huruf ini ⟨Г г⟩ (yang juga dipanggil sebagai "Ge" dalam bahasa Rusia dan banyak bahasa lain) disebut sebagai "He". Dalam Unicode, huruf ini disebut sebagai "Ghe with upturn" (Indonesia: Ge dengan diakritik penaikan).[1]

Bentuk huruf dari huruf ini didasarkan pada bentuk huruf ⟨Г г⟩, namun bentuk kursif huruf non-kapital huruf ini tidak mengikuti modifikasi italik dari ⟨г⟩ (г).

Huruf ini melambangkan suara konsonan letup langit-langit belakang bersuara /ɡ/, seperti dalam pengucapan ⟨g⟩ dalam "gambar".

Ghe dengan diakritik penaikan diromanisasi dengan huruf Latin G (namun dengan aksen rendah tambahan dalam ISO 9).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam kebanyakan bahasa Slavia,Konsonan letup langit-langit belakang bersuara [ɡ] dilambangkan dalam ortografi Sirilik sebagai ⟨Г⟩, yang disebut sebagai ге ghe. Namun, dalam bahasa Ukraina sekitar abad ke-13 awal, suara ini mengalami lenisi menjadi Konsonan desis langit-langit belakang bersuara [ɣ] (kecuali untuk dwisuara *zg),[2] dan sekitar abad ke-16, huruf ini mengalami debukalisasi menjadi konsonan frikatif kerongkongan [ɦ][3] (seperti pengucapan ⟨h⟩ dalam bahan). Fonem ini menjadi alasan atas penggunaan ⟨Г⟩ sebagai ге he dalam bahasa Ukraina.

Diantara abad-abad pertama perkembangan suara mulai terjadi, [ɡ] diperkenalkan kembali dari kata pinjam bahasa Eropa barat. Semenjak saat itu, huruf ini memiliki notasi berbeda dalam penulisannya.

Dalam ortografi bahasa Ukraina dan Belarusia awal, huruf Latin ⟨g⟩ atau digraf Sirilik ⟨кг⟩ (kh) pernah digunakan untuk melambangkan suara ⟨g⟩ bahasa Latin.

Penggunaan dalam Bahasa Slavia Selatan[sunting | sunting sumber]

Belarusia[sunting | sunting sumber]

Huruf ґ kemudian г digunakan dalam "Taraškievica" - pemutaran klasik dari Bahasa Belarusia. Upaya membedakan dalam penulisan transmisi dari suara /ɣ/ dan /g/, digunakan bersama dengan huruf Г , г sebuah huruf spesial Ґ, ґ, yang berbeda ukuran dan bentuknya, terjadi dalam sejarah Bahasa Belarus Lama.[4][5]

Dalam publikasi A. Jelsky pada 1895, sebuah tanda diintroduksi untuk /ɣ/ melekat dalam bahasa Belarusia, berbeda dengan terobosan Rusia [g]. Huruf baru berbeda konturnya dengan huruf Г, dengan adanya tanda diakritik berupa tanda kurung yang ditekuk ke bawah. Dalam publikasi cerita rakyat dan karya etnografi oleh A.K. Serzhputovsky pada tahun 1911, dengan garis horizontal melengkung ke atas diusulkan untuk tujuan yang sama. Tanda yang sama digunakan dalam alfabet koleksi Kupala pada tahun 1908 dan menjadi bagian dari alfabet yang disetujui oleh tata bahasa normatif pertama dari bahasa Belarusia oleh BA Tarashkevych, hanya dengan tujuan yang berbeda - untuk menyampaikan terobosan langit-langit lunak yang nyaring /g/. Tetapi pada tahun 1933 huruf Ґ, dikeluarkan dari alfabet Belarusia, serta dari alfabet Ukraina.

Ortografi Klasik Belarusia[sunting | sunting sumber]

Karena mengadopsi nama luar negeri, /g/ eksplosif dapat ditrasmisi menjadi huruf ґ (“ґе”): Аґра, Аґюст, Анґола, Арґентына, Арлінґтан, Аўґуст, Аўґсбурґ, Біґ-Бэн, Буґацьці, Бэкінґгэм, Бэрґгоф, Бэльґрана, Вашынґтон, Віктор Юґо, Вюртэмбэрґ, Гааґа, Гайдэльбэрґ, Ґай, Ґас, Ґаза, Ґабрыеля, Ґалац, Ґалюа, Ґамбія, Ґаўс, Ґасконь, Ґарыбальдзі, Ґалґота, Ґаяна, Ґейл, Ґелера, Ґервяты, Ґент, Ґёбэльс, Ґётэ, Ґгаты, Ґібральтар, Ґіём, Ґітлін, Ґотлянд, Ґоццы, Ґоя, Ґэлап, Ґэртын, Ґэры, Ґрандэ, Ґрэнобль, Ґрэнляндыя, Ґрэйвэз, Ґлазґа, Ґудўін, Ґянджа, Ірвінґ, Кіплінґ, Кройцбэрґ, Лэнґлі, Лонґ-Айлэнд, Люксэмбурґ, Майнінґен, Мэґі, Ніяґара, Пітаґор, Пітсбурґ, Пэдынґтан, Ролінґ Стоўнз, Руґен, Рэдынґ, Рэґенсбурґ, Турынґія, Тыніс Мяґі, Сіґітас Ґяда, Сійґ, Фоґель, Хэнэраль-Бэльґрана, Уґанда, Эбінґгаўз etc.[6]

Dalam Bahasa Belarus harfiah, suara eksplosif /g/ (dan dalam bentuk lembut /g/) diucapkan dalam kombinasi suara dalam bahasa Belarus [z̪] , [g], [d͡z̞g], [d͡ʐg]: анэк(ґ)дот, вак(ґ)зал, пак(ґ)гаўз, во[зґ]ры, ма[зґ’, ро[зґ’, абры[зґ]лы, бра[зґ]аць, пляву[зґ]аць, вэ[дзґ]аць, [джґ]аць, эк(ґ)замэн, эк(ґ)сгумацыя dan sebuah angka dalam kata serapan: [ґ]анак, [ґ]арсэт, [ґ]валт, [ґ]зымс, [ґ]онта, [ґ]узік, а[ґ]рэст, [ґ’]ер[ґ’]етаць, цу[ґ]лі, шва[ґ’]ер. Ini awal pemulihan pada abad Ke-20 penggunaan huruf ґ, yang digunakan dalam bahasa Belarusia lama.

Dalam nama diri dengan sebuah basis leksikal non-Slavia, /g/ secara tradisional diucapkan dalam bahasa Belarus sebagai /ɣ/; pelestarian /g/ dalam pengucapan tidak memenuhi sebagai sebuah pelanggaran dari norma ortoepik: [Г]арыбальдзі dan [Ґ]арыбальдзі, [Г]рэнляндыя dan [Ґ]рэнляндыя, [Г’]ётэ dan [Ґ’]ётэ, [Г’]ібральтар dan [Ґ’]ібральтар.

Ukraina[sunting | sunting sumber]

Huruf Ґ, ґ dalam bahasa Ukraina melambangkan /g/. Itu ditransliterasi sebagai huruf Gg, seperti huruf Гг di transliterasi sebagai Hh. (Хх sebagai Kh kh)

Huruf Terkait[sunting | sunting sumber]

Kode Komputasi[sunting | sunting sumber]

Informasi karakter
Pratayang Ґ ґ
Nama Unicode CYRILLIC CAPITAL LETTER
GHE WITH UPTURN
CYRILLIC SMALL LETTER
GHE WITH UPTURN
Pengodean decimal hex dec hex
Unicode 1168 U+0490 1169 U+0491
UTF-8 210 144 D2 90 210 145 D2 91
Referensi karakter numerik Ґ Ґ ґ ґ
KOI8-U 189 BD 173 AD
Windows-1251 165 A5 180 B4
Macintosh Cyrillic 162 A2 182 B6

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cyrillic: Range: 0400–04FF" (PDF). The Unicode Standard, Version 6.0. Unicode Inc. 2010. hlm. 42. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2019-05-11. Diakses tanggal 2011-10-13. 
  2. ^ Shevelov (1977)
  3. ^ Shevelov (1977)
  4. ^ А._І._Жураўскі орыя еларускай аратурнай овы. . 1. — ., 1967.
  5. ^ "еларуская ова: оматыя: апаможнік" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2017-03-29. Diakses tanggal 2022-01-09. 
  6. ^ БЕЛАРУСКІ КЛЯСЫЧНЫ ПРАВАПІС

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Definisi kamus Ґ di Wikikamus
  • Definisi kamus ґ di Wikikamus