Yery (Kiril)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Archive-ugent-be-973E9242-B062-11E1-9EF1-99BDAAF23FF7 DS-375 (cropped)-derivative.jpg
Huruf Kiril Yery
 
Cyrillic letter Yery - uppercase and lowercase.svg
Penggunaan Fonetis:[ɨ]
Nama:ѥрꙑ
Sampel suara
Alfabet Kiril
Huruf Bahasa Slavia
АА́А̀БВГҐ
ДЂЃЕÈЁЄ
ЖЗЗ́ЅИИ́Ѝ
ЙІЇЈКЛЉ
МНЊОŌПР
СС́ТЋЌУU dengan akut
ӮЎФХЦЧЏ
ШЩЪЫЬЭЮ
Я
Huruf non-Slavia
ӐА̄А̊А̃ӒӒ̄Ӕ
ӘӘ́Ә̃ӚВ̌ҒГ̑
Г̣Г̌ҔӺҒ̌ӶД̣
Д̆ӖЕ̄Е̃Ё̄Є̈Ӂ
ҖӜҘӞЗ̌З̱З̣
ԐԐ̈ӠӢИ̃ҊӤ
ҚӃҠҞҜК̣Ԛ
ӅԮԒӍӉҢԨ
ӇҤО́О̀О̆О̂О̃
ӦӦ̄ӨӨ̄Ө́Ө̆Ӫ
ҨԤР̌ҎҪС̣С̱
Т̌Т̣ҬУ̃Ӱ Ӱ́Ӳ
ҮҮ́ҰХ̣Х̱Х̮Х̑
ҲӼӾҺҺ̈ԦҴ
ҶӴӋҸҼҾЫ̆
Ы̄ӸҌЭ̆Э̄Э̇Ӭ
Ӭ́Ӭ̄Ю̆Ю̈Ю̈́Ю̄Я̆
Я̄Я̈ԜӀ
Huruf Kiril Kuno
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԪԬГ̧Г̄

Yery, Yeru, Ery atau Eru (Ы ы; italik: Ы ы), biasanya dilafalkan sebagai /ɨ/ dalam bahasa Rusia modern atau sering disebut sebagai еры yerý. Secara historis dan dalam bahasa Slavia Gereja modern, Ы adalah sebuah huruf dalam alfabet Kiril. Ini mewakili suara Vokal takbulat tertutup madya /ɨ/ (lebih belakang dari i), letak huruf ini dalam alfabet Belarusia dan Rusia yaitu setelah konsonan non-palatalis (keras) atau Ъ.

Huruf ini biasanya diterjamahkan dalam aksara latin dalam Bahasa Inggris dan sebagian besar bahasa Eropa Barat lainnya seperti y: Krylov (merupakan nama keluarga, Крылов). Ejaan itu cocok digunakan dengan Bahasa Polandia, yang menggunakan y untuk mewakili suara yang sangat mirip dengan ы. Dalam bahasa Rusia ы digunakan untuk mentransliterasi y dari bahasa Polandia ke dalam alfabet Kiril: Maryla (Марыля). Namun, y bahasa Latin dapat digunakan untuk tujuan lain juga (seperti untuk й, atau sebagai bagian dari digraf untuk я.

Asal[sunting | sunting sumber]

Yery dalam beberapa font

Seperti banyak huruf Kiril lainnya, itu berasal dari ligatur ꙑ (yang direpresentasikan dalam Unicode sebagai Yeru dengan Yer Belakang ), dibentuk dari Yer Ъ dan і (sebelumnya ditulis tanpa titik atau dengan dua titik) atau Izhe (⟨ yang sebelumnya melambangkan н). Dalam naskah Banna, hampir selalu ditemukan sebagai ⟨ъі⟩ atau ⟨ъи⟩. Setelah huruf tersebut kehilangan nilainya sebagai vokal dalam bahasa Slavia, huruf tersebut berkembang menjadi bentuk modernnya .