Palochka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Huruf Kiril Palochka
Alfabet Kiril
Huruf Slavia
АА́А̀А̂А̄ӒБ
ВГҐДЂЃЕ
Е́ÈЕ̂ЁЄЖЗ
З́ЅИИ́ЍИ̂Й
ІЇЈКЛЉМ
НЊОŌПРС
С́ТЋЌУУ́ У̀
У̂ӮЎФХЦЧ
ЏШЩЪЫЬЭ
ЮЯ
Huruf non-Slavia
ӐА̊А̃Ӓ̄ӔӘӘ́
Ә̃ӚВ̌ҒГ̑Г̣Г̌
ҔӺҒ̌ӶД̌Д̣Д̆
ӖЕ̄Е̃Ё̄Є̈ӁҖ
ӜҘӞЗ̌З̱З̣Ԑ
Ԑ̈ӠӢИ̃ҊӤҚ
ӃҠҞҜК̣ԚӅ
ԮԒӍӉҢԨӇ
ҤО́О̀О̆О̂О̃Ӧ
Ӧ̄ӨӨ̄Ө́Ө̆ӪҨ
ԤР̌ҎҪС̣С̱Т̌
Т̣ҬУ̃Ӱ Ӱ́Ӱ̄Ӳ
ҮҮ́ҰХ̣Х̱Х̮Х̑
ҲӼӾҺҺ̈ԦҴ
ҶӴӋҸҼҾЫ̆
Ы̄ӸҌЭ̆Э̄Э̇Ӭ
Ӭ́Ӭ̄Ю̆Ю̈Ю̈́Ю̄Я̆
Я̄Я̈ Я̈́ԜӀ
Huruf Kuno atau tidak digunakan
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԪԬГ̧Г̄

Palochka atau Palotchka (Ӏ ӏ; italik: Ӏ ӏ) (bahasa Rusia: палочка, tr. palochka; IPA: [ˈpaɫətɕkə], harfiah "sebuah batang") adalah huruf dari Alfabet Kiril. Huruf ini mempunyai hanya bentuk kapital, dan juga digunakan dalam bentuk kecil. Bentuk kapital dari palochka mirip sekali dengan huruf kapital dari Huruf Kiril I dengan titik (І і), bentuk kapital dari Huruf Latin I (I i), dan bentuk kecil dari Huruf Latin L (L l). Huruf ini telah diintroduksi pada akhir 1930.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam awal waktu di Uni Soviet, semua Huruf Kiril yang non-Rusia ditemukan dalam Abjad Rusia untuk tetap kompatibel dengan Sistem penulisan Rusia. Suara absen dari Rusia ditandai dengan digraf dan kombinasi huruf lainnya. Palochka adalah satu-satunya pengecualian karena angka numerik 1 digunakan sebagai pengganti huruf. Faktanya, pada banyak mesin tik Rusia, karakternya tidak terlihat seperti angka 1 tetapi seperti angka Romawi I dengan serif. Itu masih umum karena palochka tidak ada di sebagian besar tata letak keyboard standar (dan, untuk beberapa di antaranya, bahkan huruf I bertitik lembut) atau font umum sehingga tidak dapat dengan mudah dimasukkan atau ditampilkan dengan andal di banyak sistem komputer. Misalnya, pada 20 April 2024, bahkan situs resmi Majelis Rakyat Republik Ingushetia menggunakan angka 1 sebagai ganti palochka.[1]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Dalam alfabet dari Abaza, Adyghe, Avar, Dargwa, Ingush, Lak, Lezgia, dan Tabassaran, itu adalah sebuah huruf modifikasi konsonan sebagai sebuah sembur atau konsonan aspirasi;[2] huruf ini tidak mempunyai nilai. Sebuah ekssepsi di Bahasa Abkhaz, dan palochka tidak digunakan untuk aspirasi, bila menggunakan pepet (ә) sebagai sebuah huruf modifikasi untuk labialisasi.

Dalam Adyghe, palochka adalah juga adalah konsonan letup celah-suara /ʔ/.

Dalam Avar

  • Contoh dari Avar: кӏалъазе [kʼaˈɬaze], "untuk speak"

Dalam Chechen, palochka membuat letup nirsuara atau sembur gesek, dan juga melambangkan Konsonan desis hulu-kerongkongan bersuara /ʕ/ dan itu tidak mengikuti sebuah letup nirsuara atau gesek. Sebagai ekssepsi, dalam digraf ⟨хӏ⟩, itu melambangkan Konsonan desis hulu-kerongkongan nirsuara /ħ/.

  • Contoh dari Chechen: йоӏ [joːʕ], "perempuan" dan хӏорд [ħoːrd], "laut"

Kode Komputasi[sunting | sunting sumber]

Informasi karakter
Pratayang Ӏ ӏ
Nama Unicode CYRILLIC LETTER PALOCHKA CYRILLIC SMALL LETTER PALOCHKA
Pengodean decimal hex dec hex
Unicode 1216 U+04C0 1231 U+04CF
UTF-8 211 128 D3 80 211 143 D3 8F
Referensi karakter numerik Ӏ Ӏ ӏ ӏ
Bentuk kecil dari palochka ditambahkan dalam Unicode 5.0 pada Juli 2006.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Г1алг1ай Республика законаш". Народное Собрание Республики Ингушетия (dalam bahasa Ingushetia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-08. Diakses tanggal 2021-11-08. 
  2. ^ "Cyrillic: Range: 0400–04FF" (PDF). The Unicode Standard, Version 6.0. 2010. hlm. 42. Diakses tanggal 2011-05-20.