Wikipedia:Arsip halaman utama/2024/02/16

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Noken yang merupakan tas tradisional masyarakat Papua.

Sistem noken adalah sebuah sistem pemilihan umum yang digunakan khusus untuk sejumlah kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah di Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan, Indonesia. Sistem ini dinamai dari noken (gambar), yaitu sebuah tas anyaman dari serat kulit kayu yang memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat Papua. Sistem noken digunakan di wilayah adat Mee Pago (Papua Tengah) dan La Pago (Papua Pegunungan). Walaupun tidak ada definisi umum untuk menentukan sistem pemilihan mana yang dapat dianggap sebagai sistem noken, secara umum terdapat dua pola sistem noken. Pola pertama, yaitu sistem big man (pria berwibawa), menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada kepala suku. Kepala suku dapat melakukan pencoblosan untuk warganya atau sekadar memberitahukan pilihan masyarakatnya kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pola kedua, yaitu sistem "noken gantung", dilandaskan pada hasil kesepakatan bersama masyarakat dengan kepala suku setelah melalui proses deliberasi. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Dinasti TangRainilaiarivonyTurk (mesin)

Tahukah Anda

{{{title}}}
Seorang bissu

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut. Mari bersama-sama merintisnya pada Februari 2024.

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

16 Februari: Hari Bintang Bersinar di Korea Utara; Hari Kenegaraan di Lituania (1918)

Tanggal lain: 15 Februari 16 Februari 17 Februari

Hari ini tanggal 16 Februari 2024 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Hamparan ladang gundul yang landai dengan jalan setapak, rerumputan hijau, dan pohon pir tunggal di dekat Hohe Strasse di sebelah tenggara distrik Herbolzheim, Neudenau, Jerman.
Hamparan ladang gundul yang landai dengan jalan setapak, rerumputan hijau, dan pohon pir tunggal di dekat Hohe Strasse di sebelah tenggara distrik Herbolzheim, Neudenau, Jerman.
(ukuran asli: 8.749 × 5.524 piksel, 24,82 MB)

Oleh: Aristeas
Lisensi: CC BY-SA 4.0