Ugrasena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini mengenai tokoh susastra Hindu. Untuk raja Bali bernama sama, lihat Ugrasena (raja Bali)

Dalam susastra Hindu, Ugrasena adalah nama Raja Mathura, sebuah kerajaan yang didirikan oleh Wangsa Yadawa, Wrishni, dan Bhoja untuk menyatukan kerajaan yang berbatasan, dan keturunan para raja tidak mutlak untuk mewarisi kerajaan (namun bisa saja) dan jika tidak dinginkan untuk menjadi raja, penggantinya dipilih oleh rakyat, oleh karena itu sistem semi-demokrasi berdiri.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Ketika semua golongan berkumpul, partai persatuan mengangkat Ugrasena sebagai Raja berdasarkan kecakapannya di bidang peperangan dan sikapnya yang tenang terhadap isu politik dari dalam dan luar negeri. Ugrasena menikahi Ratu Padmawati dan merupakan ayah Kamsa (tidak secara biologis). Oleh karena kekuatan Kamsa yang luar biasa, Ugrasena mengumumkannya sebagai putera mahkota Mathura, dan menjamin dirinya sebagai penerus kerajaan setelah Ugrasena pensiun atau wafat. Setelah itu, Ugrasena juga mengangkat Kamsa sebagai panglima perang pasukan Mathura.

Namun, oleh karena sikap Kamsa yang suka bermusuhan dan kekejamannya terhadap prajurit dan penduduk Mathura, pergeseran pun terjadi yang mengakibatkan perdebatan apakah Kamsa tidak akan diangkat sebagai raja. Tetapi, sebelum rakyat memberontak dan berubah pikiran, Kamsa menggulingkan kekuasaan ayahnya dengan dukungan dari mertuanya, Raja Jarasanda dari Magadha beserta angkatan perangnya yang besar. Setelah serangan tersebut, Kamsa memenjarakan ayahnya dan mengurungnya di ruang bawah tanah yang dalam selama beberapa jangka waktu.

Setelah kematian Kamsa di tangan Kresna, Ugrasena diangkat menjadi Raja Mathura dan wilayah kekuasaannya sangat luas selama beberapa lama. Putera mahkota di bawah pemerintahan keduanya adalah ayah Kresna, Basudewa.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

 
 
Ahuka
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Ugrasena
 
Dewaka
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Surasena
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Raja Cedi
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kamsa
 
Dewaki
 
Basudewa
 
9 putra
 
3 putri
 
Kunti
 
Pandu
 
Srutasrawa
 
Damagosa
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kresna
 
Baladewa
 
Subadra
 
Yudistira
 
Bima
 
Arjuna
 
Sisupala


Ugrasena lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Ugrasena lainnya ialah nama salah satu di antara seratus orang Korawa.
  • Ugrasena versi pewayangan Jawa adalah nama lain dari Satyajit adik bungsu Kunti.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]