Ulupi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ulupi
उलूपी
Lukisan Ulupi dan Arjuna, karya N. Gopala Rao.
Lukisan Ulupi dan Arjuna, karya N. Gopala Rao.
Tokoh Mahabharata
Nama Ulupi
Ejaan Dewanagari उलूपी
Ejaan IAST Ulūpī
Kitab referensi Mahabharata
Asal Manipur
Suku naga
Ayah Korawya
Suami Arjuna
Anak Irawan

Ulupi (Dewanagari: उलूपी,IASTUlūpī, उलूपी), dalam wiracarita Mahabharata, merupakan salah satu istri Arjuna. Ia adalah seorang putri dari suku naga, anak Korawya. Ia merupakan ibu bagi Irawan, salah satu putra Arjuna. Ia merupakan orang yang menghidupkan Arjuna setelah dibunuh oleh Babruwahana dalam pertempuran.

Dalam bahasa Sanskerta, kata Ulupi secara harfiah berarti "muka yang mempesona".

Dalam Mahabharata disebutkan bahwa Ulupi merupakan seorang janda. Suaminya dibunuh oleh Garuda. Ia bertemu dengan Arjuna saat Arjuna menjalani masa pembuangan selama satu tahun. Ketika itu, Arjuna mandi di sungai Gangga yang dianggap suci, kemudian Ulupi bertemu dengannya. Ulupi membujuk Arjuna agar mau menikahinya. Meskipun Arjuna menyukai Ulupi, ia menolak untuk menikahinya karena sudah menikahi Dropadi. Setelah Ulupi merayu Arjuna dengan alasannya yang jelas, Arjuna bersedia menikahinya.

Arjuna tinggal bersama Ulupi dalam waktu yang singkat, setelah itu ia pergi dari sungai Gangga dan menceritakan pengalamannya kepada para resi yang tinggal di pinggir sungai. Dari pernikahannya dengan Arjuna, Ulupi melahirkan seorang putra yang diberi nama Irawan. Irawan diasuh oleh ibunya di negeri Naga, dan tumbuh menjadi seorang pemuda yang kuat dan gagah berani seperti ayahnya.

Setelah Babruwahana membunuh Arjuna yang tak dikenalinya, Babruwahana memutuskan untuk bunuh diri namun Ulupi datang untuk mencegahnya dan memberikan sebuah batu permata yang berharga. Kekuatan istimewa batu tersebut ialah dapat menghidupkan orang yang sudah mati. Batu permata itu digunakan oleh Ulupi untuk menghidupkan Arjuna kembali. Setelah Arjuna hidup, Babruwahana insaf lalu meminta maaf.

Ulupi tinggal bersama wangsa Kuru di Hastinapura. Saat para Pandawa dan Dropadi memutuskan untuk melakukan perjalanan terakhir mereka, Ulupi kembali ke tempat asalnya di sungai Gangga.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]