Yasoda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yasoda
Dewanagariयशोदा
KediamanVrindavan
Gokul
PustakaBhagawatapurana
Hariwangsa
Mahabharata
Wisnupurana
Brahmawaiwartapurana
Informasi pribadi
Nanda
AnakKrishna (anak angkat)
Balarama (anak angkat)
Yogamaya (putri)
Orang tuaSumukha (ayah), Pataladevi (ibu)[1]
SaudaraYashodhara, Yashodeva, Sudeva, Kumbhaka
DinastiYadu

Dalam mitologi Hindu, Yasoda (Dewanagari: यशोदा; ,IASTYaśodā, यशोदा) adalah nama seorang gopi (pengembala wanita), istri dari Nanda. Ia juga merupakan ibu angkat Krishna saat Kresna masih kanak-kanak. Yasoda tinggal di Gokul, suatu komunitas pengembala sapi di India Selatan. Yasoda erat kaitannya dengan Krishna dan sering muncul dalam kisah masa kecil Kresna di Gokul dan Vrindavan.

Pada mulanya Yasodha melahirkan seorang bayi perempuan yang lahir bersamaan dengan Krishna, tetapi di tempat yang berbeda. Untuk menyelamatkan Kresna dari kejahatan Kangsa, bayi perempuan Yasoda ditukar dengan Krishna. Semenjak saat itu, Krishna berada dalam asuhan Yasodha.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Yashoda berarti 'orang yang memberi (da, दा) ketenaran atau kemuliaan (Yash, यश)'.[2][3][4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brahmavaivarta Purana Sri-Krishna Janma Khanda (Fourth Canto) Chapter 13.Verse 38 English translation by Shantilal Nagar Parimal Publications Link: https://archive.org/details/brahma-vaivarta-purana-all-four-kandas-english-translation
  2. ^ www.wisdomlib.org (2012-06-24). "Yashoda, Yaśodā, Yaśoda, Yashas-da: 14 definitions". www.wisdomlib.org. Diakses tanggal 2020-11-15. 
  3. ^ DADUZEN, Dayal N. Harjani aka (2018-07-18). Sindhi Roots & Rituals - Part 2 (dalam bahasa Inggris). Notion Press. ISBN 978-1-64249-480-8. 
  4. ^ Brahmavaivarta Purana Sri-Krishna Janma Khanda (Fourth Canto) Chapter 13.Verse 39