The Fox and the Hound

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Fox and the Hound
Berkas:Fox and hound Poster.JPG
Poster layar lebar
SutradaraTed Berman
Richard Rich
ProduserRon Miller
Art Stevens
Wolfgang Reitherman
Ditulis olehDaniel P. Mannix (buku)
Ted Berman
Larry Clemmons
PemeranMickey Rooney
Kurt Russell
Pearl Bailey
Pat Buttram
Sandy Duncan
Richard Bakalyan
Paul Winchell
Jack Albertson
Jeanette Nolan
Keith Coogan
Corey Feldman
Penata musikLagu:
Richard Johnston
Richard Rich
Jim Stafford
Jeffrey Patch
Musik latar:
Buddy Baker
Perusahaan
produksi
DistributorBuena Vista Distribution
Tanggal rilis
10 Juli 1981
Durasi83 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran12 juta dolar AS[1]
Pendapatan
kotor
$39,900,000[2]
SekuelThe Fox and the Hound 2 (2006)

The Fox and the Hound (Rubah dan Anjing Pemburu) adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney Productions yang dirilis ke bioskop oleh Buena Vista Pictures pada 10 Juli 1981. Film ini merupakan film ke-24 dari rangkaian film animasi klasik Walt Disney. Film ini dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama yang ditulis oleh Daniel P. Mannix dan mengisahkan seekor anjing pemburu dan seekor rubah merah yang berusaha mempertahankan persahabatan mereka meskipun berlawanan dengan naluri mereka yang mulai muncul. Skenarionya ditulis oleh Ted Berman dan Larry Clemmons serta disutradarai oleh Ted Berman dan Richard Rich.

Kurt Russell, Mickey Rooney, Pearl Bailey, Pat Buttram, Sandy Duncan, Richard Bakalyan, Paul Winchell, Jack Albertson, Jeanette Nolan, Keith Coogan, dan Corey Feldman berperan dalam pengisian suara di film ini. Film ini bercerita tentang seekor rubah merah Tod muda yang kehilangan keluarganya dipelihara oleh Balu Tweed sedangkan tetangganya Amos Slade mendapat seekor anak anjing perburuan. Tod dan Copper sejak kecil menjadi teman anak-anak, sampai akhirnya mereka dewasa dan Copper dilatih menjadi anjing pemburu di mana sasaran buruannya adalah Tod, teman baiknya sendiri.

Pada saat rilis, itu yang paling mahal film animasi yang dihasilkan, ini memakan biaya sebesar 12 juta dolar AS.[1] Ia terakhir "Walt Disney Animasi Klasik" film tidak akhir kredit, the last Disney animated film to use the Buena Vista logo, dan terakhir di film Disney yang terlibat Don Bluth dalam produksi. Sekuel film ini, The Fox and the Hound 2, dirilis pada tahun 2006. Film ini berslogan Two Friends Who Didn't Know They Were Supposed To Be Enemies.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setelah seekor anak rubah merah menjadi yatim piatu, burung hantu Big Mama (Pearl Bailey), burung pelatuk Boomer (Paul Winchell), burung finch Dinky (Richard Bakalyan) mengatur agar anak rubah merah itu diadopsi oleh manusia bernama Widow Tweed (Jeanette Nolan). Tweed menamakannya Tod (disuarakan oleh Keith Coogan) karena mengingatkan dirinya pada anak kecil yang baru belajar berjalan (bahasa Inggris: toddler). Sementara itu, tetangga Tweed bernama Amos Slade (Jack Albertson) membawa pulang ke rumah seekor anak anjing pemburu bernama Copper (Corey Feldman), dan memperkenalkannya kepada anjing pemburunya yang bernama Chief (Pat Buttram). Tod dan Copper menjadi teman baik, dan bersumpah untuk menjadi "sahabat selama-lamanya". Slade kesal dengan Copper yang selalu pergi bermain ke tempat yang jauh, dan akhirnya Copper diikat. Sewaktu bermain dengan Copper di rumahnya, Tod tidak sengaja membangunkan Chief. Slade dan Chief mengejar Tod hingga Tweed meminta keduanya untuk berhenti mengejar. Setelah terjadi adu pendapat antara Slade dan Tweed, Slade berkata bahwa Tod akan dibunuhnya bila sekali lagi memasuki tanah pertanian miliknya. Musim berburu dimulai, dan Slade mengajak anjing-anjingnya ke hutan untuk berburu. Sementara itu, Big Mama menjelaskan kepada Tod bahwa persahabatannya dengan Copper tidak dapat berlanjut, karena anjing dan rubah adalah musuh alami, tetapi Tod tidak percaya.

Bulan demi bulan berlalu, Tod dan Copper menjadi dewasa. Tod (Mickey Rooney) menyelinap untuk bertemu Copper yang baru kembali dari dari berburu. Copper (Kurt Russell) menjelaskan bahwa walaupun Tod masih dihargainya sebagai seorang kawan, keadaan sudah berubah. Dirinya sekarang telah berubah menjadi seekor anjing pemburu. Chief terbangun dan memberi tahu Slade. Terjadi kejar-mengejar, dan Tod ditangkap oleh Copper. Namun Copper melepaskan Tod, dan lalu mengalihkan perhatian Chief dan Slade ke arah lain. Chief terus mengejar hingga ke sebuah jalan kereta api hingga tertabrak kereta api yang lewat dan terluka. Copper dan Slade menyalahkan Tod sebagai penyebab kecelakaan, dan bersumpah akan membalas dendam. Tweed menyadari bahwa Tod sudah tidak aman lagi bila tetap dipeliharanya. Tod akhirnya ditinggalkan di sebuah cagar alam. Big Mama memperkenalkannya dengan seekor rubah betina bernama Vixey (Sandy Duncan). Sementara itu, Slade dan Copper yang sedang mengejar dua ekor rubah, melanggar perbatasan dan masuk ke daerah cagar alam. Pengejaran berpuncak ketika Slade dan Copper secara tidak sengaja menyebabkan keduanya diserang seekor beruang. Slade jatuh terpeleset dan masuk ke dalam perangkap yang dibuatnya sendiri. Senapan miliknya juga terjatuh di luar jangkauannya. Copper sendirian berkelahi melawan beruang, tetapi dia bukanlah tandingan seekor beruang. Tod datang membantu melawan beruang hingga keduanya jatuh ke air terjun. Ketika Copper sedang menghampiri Tod yang terbaring di danau, Slade muncul, dan siap menembak Tod. Copper memasang badannya di depan Tod dan menolak untuk menyingkir. Slade menurunkan senapannya, dan akhirnya pergi berlalu bersama Copper. Di rumah, Tweed mengobati Slade hingga sembuh sementara para anjing beristirahat. Sebelum tertidur, Copper tersenyum, karena teringat hari-hari ketika dirinya berteman dengan Tod. Dari atas sebuah bukit, Vixey dan Tod melihat ke bawah, ke rumah Copper dan Tweed.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

The Fox and the Hound mengalami peluncuran perdananya di bioskop pada tanggal 10 Juli 1981. Kemudian film ini diluncurkan ulang pada tanggal 25 Maret 1988. Peluncuran perdananya di video format VHS terjadi pada tanggal 4 Maret 1994. Pada 2 Mei 2000 versi DVD diluncurkan untuk pertama kalinya.

Tokoh-tokoh[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis[sunting | sunting sumber]

Daftar musik film[sunting | sunting sumber]

  • The Best of Friends
  • Lack of Education
  • A Huntin' Man
  • Goodbye May Seem Forever
  • Appericate the Lady

Direksi Sequence[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b The Official Disney Trivia Book: Paperjacks, date 1988, pages 63-64 , ISBN 0-7701-1002-9 info on cost and book source story info'
  2. ^ "The Fox and the Hound (1981)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2008-09-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]