A Christmas Carol (film 2009)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
A Christmas Carol (film 2009)
A CHRISTMAS CAROL(2009).jpg
Poster layar lebar
Sutradara Robert Zemeckis
Produser Melissa Cobb
Penulis Robert Zemeckis
Charles Dickens
Pemeran Jim Carrey
Colin Firth
Gary Oldman
Musik Alan Silvestri
Sinematografi Robert Presley
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis Amerika Utara:
6 November 2009
Britania Raya:
3 November 2009
Indonesia:
18 November 2009
Durasi 96menit
Bahasa Inggris
Anggaran 175-200 juta dolar AS
Pendapatan kotor $325,286,646


A Christmas Carol adalah karya novel klasik yang dijadikan sebuah film animasi dan dibuat ulang dengan teknologi animasi yang modern yang dirilis pada tanggal 6 november 2009 di Amerika Serikat dan Inggris pada tanggal 3 november. Film ini disutradarai oleh Robert Zemeckis dan Charles Dickens. Pengisi suara dalam film animasi ini antara lain ialah Jim Carrey, Colin Firth, Gary Oldman, dan lain-lain.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ebenezer Scrooge (Jim Carrey) sosok yang pandai, orang yang tidak memikirkan orang lain dan hanya memikirkan dari untung dan rugi.Bahkan persahabatan, cinta dan hari Natal adalah sesuatu yang tidak diperlukan. Suatu ketika Ebenezer Scrooge didatangi sosok gaib bernama Jacob Marley (Gary Oldman). Jacob memberi tahu bahwa Ebenezer akan didatangi tiga sosok gaib yang akan mengungkap kisah perjalanan hidup Ebenezer. Tiga sosok gaib ini akan mengantar Ebenezer melewati perjalanan panjang melampaui batas ruang dan waktu untuk membuka mata hati Ebenezer.

Yang muncul pertama adalah Ghost of Christmas Past (Jim Carrey). Ghost of Christmas Past ini membawa Ebenezer ke masa lalu untuk mengungkap apa sebenarnya yang membuat Ebenezer sangat membenci hari Natal. Setelah itu muncul Ghost of Christmas Present (Jim Carrey) yang mengantar Ebenezer melihat kebahagiaan dan penderitaan orang-orang yang ada di sekitar Ebenezer. Setelah tugas Ghost of Christmas Present selesai, muncullah Ghost of Christmas Yet to Come (Jim Carrey). Sosok ketiga ini memperlihatkan apa yang akan terjadi pada Ebenezer jika ia tidak segera mengubah jalan hidupnya.

Pada akhirnya ia mengubah dari pelit menjadi seorang yang dermawan. Film ini mengisyarakat bahwa kita harus berbagi kepada yang membutuhkan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Summary: A Christmas Carol" (html). Diakses 2012-09-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]