Dumbo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dumbo
Dumbo-1941-poster.jpg
Poster layar lebar
Sutradara Ben Sharpsteen
Produser Walt Disney
Penulis Helen Aberson (buku)
Harold Perl (buku)
Otto Englander (pengarah cerita)
Joe Grant
Dick Huemer
Pemeran Edward Brophy
Herman Bing
Margaret Wright
Sterling Holloway
Cliff Edwards
Musik Frank Churchill
Lance Husher
Distributor RKO Radio Pictures
Tanggal rilis 23 Oktober 1941
Durasi 64 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran AS$950.000


Dumbo adalah sebuah film animasi Walt Disney yang diproduksi tahun 1941. Film ini merupakan film ke-4 produksi Walt Disney Animation Studios, dan telah menjadi salah satu Film Animasi Klasik Disney. Dumbo pertama kali diputar di bioskop pada 23 Oktober 1941 oleh distributor bernama RKO Radio Pictures.

Film ini diangkat dari buku cerita anak berjudul sama karya Helen Aberson dan ilustrasi oleh Harold Perl. Tokoh utamanya bernama Jumbo Jr., seekor gajah jantan yang bertingkah laku seperti manusia, dan diberi nama panggilan Dumbo. Ia memiliki daun telinga yang lebar yang dipakainya sebagai sayap untuk terbang. Di dalam cerita, teman setia hanyalah ibunya, dan seekor tikus bernama Timothy. Persahabatan Dumbo dan Timothy sekaligus merupakan parodi dari hubungan yang tidak serasi antara gajah dan tikus.

Sinopsis

Seekor ibu gajah di sirkus yang bernama Mrs. Jumbo menerima seekor bayi gajah yang dibawa seekor burung bangau. Jumbo memberi nama bayi gajah itu Jumbo, Jr. Ia terlihat aneh karena daun telinganya yang lebar. Oleh karena itu, ia dipanggil gajah-gajah lain sebagai Dumbo.

Jumbo menyayanginya dengan sepenuh hati, dan Dumbo dibesarkan seperti anaknya sendiri. Namun sayangnya, Dumbo tidak pandai main sirkus sehingga makin jadi bahan ejekan gajah-gajah lain dan tidak punya teman. Pada suatu hari, anak kecil yang menonton sirkus menarik daun telinga Dumbo. Akibatnya, Jumbo yang memarahi anak tersebut, dan membuatnya anak itu luka.

Sebagai hukuman, Jumbo dimasukkan ke dalam kandang, dan Dumbo menjadi sedih. Teman yang menghibur Dumbo adalah Timothy si tikus. Bersama Timothy, Dumbo minum air bercampur bir hingga mabuk. Dumbo bermimpi melihat gajah berwarna merah jambu sedang menari. Tanpa sadar, Dumbo dan Timothy sudah berada di atas pohon. Keesokan harinya, mereka berdua dibangunkan oleh kawanan burung gagak. Pemimpin burung gagak, Jim Crow mengatakan bahwa Dumbo dan Timothy sedang berada di atas pohon. Dumbo terkejut dan jatuh ke tanah. Dumbo belum tahu bahwa ia bisa terbang. Menurut Jim Crow, Dumbo bisa terbang lagi kalau kepercayaan dirinya pulih. Oleh karena itu, ia memberikan Dumbo sebuah "bulu ajaib". Dengan "bulu ajaib" tersebut, Dumbo bisa terbang kembali. Ia lalu mempertontonkan keterampilannya terbang di sirkus. Dumbo menjadi gajah terkenal di Amerika Serikat. Di akhir cerita, Dumbo bisa bertemu kembali dengan ibunya.


Pengisi suara dan staf produksi

Daftar musik film

  1. Main Title (01:47)
  2. Look Out For Mister Stork (02:16)
  3. Loading The Train / Casey Junior / Stork On A Cloud / Straight From Heaven / Mother And Baby (04:58)
  4. Song Of The Roustabouts (02:38)
  5. Circus Parade (01:28)
  6. Bathtime / Hide And Seek (01:31)
  7. Ain't That The Funniest Thing / Berserk / Dumbo Shunned / A Mouse! / Dumbo And Timothy (03:23)
  8. The Pyramid Of Pachyderms (01:58)
  9. No Longer An Elephant / Dumbo's Sadness / A Visit In The Night / Baby Mine (03:34)
  10. Clown Song (01:00)
  11. Hiccups / Firewater / Bubbles / Did You See That? / Pink Elephants On Parade (06:07)
  12. Up A Tree / The Fall / Timothy's Theory (01:32)
  13. When I See An Elephant Fly (01:48)
  14. You Oughta Be Ashamed (01:10)
  15. The Flight Test / When I See An Elephant Fly (Reprise) (00:57)
  16. Save My Child / The Threshold Of Success / Dumbo's Triumph / Making History / Finale (02:14)
  17. Spread Your Wing (rekaman demo)

Terbitan

Buku cerita bergambar dari Disney Press oleh penerbit Random House Disney. Cerita ditulis oleh Liane Onish dengan ilustrasi oleh Peter Emslie.
Cerita ditulis oleh Alan Benjamin, ilustrasi oleh Peter Emslie, dan disunting oleh Heather Lowenberg.
Buku yang ditujukan untuk balita dan prasekolah ini diberi ilustrasi oleh Peter Emslie dan cerita oleh Diane Muldrow.

Referensi

  • Barrier, Michael (1999). Hollywood Cartoons: American Animation in Its Golden Age. Oxford: Oxford University Press. ISBN 0-19-503759-6.
  • Maltin, Leonard (1980, updated 1987). Of Mice and Magic: A History of American Animated Cartoons. New York: Penguin Books. ISBN 0-452-25993-2.

Pranala luar