Dinosaur (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dinosaur
Dinosaurmovieposter.jpg
Theatrical release poster
Sutradara Eric Leighton
Ralph Zondag
Produser Baker Bloodworth
Pam Marsden
Penulis John Harrison
Robert Nelson Jacobs
Walon Green
Thom Enriquez
Pemeran D.B. Sweeney
Alfre Woodard
Ossie Davis
Max Casella
Hayden Panettiere
Musik James Newton Howard
Penyunting Robert Bagley
Robert Brakey
Mark A. Hester
Anna Solorio-Catalano
Don Thompson
Distributor Buena Vista Pictures
Tanggal rilis 19 Mei 2000
Durasi 82 min.
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $127.5 juta (perkiraan)

Dinosaur merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2000 yang diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada 19 Mei 2000. Film yang disutradarai oleh Eric Leighton ini pemainnya antara lain ialah D.B. Sweeney, Alfre Woodard, Ossie Davis, Max Casella, dan Hayden Panettiere. Banyak tempat yang dimunculkan di dalam ini, salah satunya adalah Angel Falls, Venezuela.

Alur Film[sunting | sunting sumber]

Film ini diawali dari seekor ibu Iguanodon terpaksa harus meninggalkan sarangnya karena adanya serangan oleh Karnotaurus. Setelah serangan itu, hanya tersisa satu telur di sarangnya, dan diambil oleh Oviraptor untuk dimakan. Karena perselisihan dengan Oviraptor yang lain, telur itu jatuh ke air, dan hanyut ke sebuah sungai, dan diambil lagi oleh seekor Pteranodon ke sebuah pulau yang banyak dihuni lemur. Saat jatuh di kawasan lemur, telur tersebut menetas, dan akhirnya diadopsi oleh seeokor lemur betina yang bernama Pilo, dan bayi Iguanodon tersebut diberi nama Aladar.

Saat Aladar sudah dewasa, pesta perjodohan lemur diadakan pada sore hari. Sesaat sesudah acara tersebut, pulau diporakporandakan oleh sebuah meteor besar. Hanya Aladar, Plio, ibunya, Yar , kakeknya, serta Zini dan Suri yang selamat dari bencana itu.

Malamnya, Aladar dan keluarganya memulai perjalanan, mencari tempat baru untuk tinggal. Setelah berhasil melarikan diri dari kawanan Velociraptor, mereka bertemu sebuah kawanan besar dinosaurus yang bermigrasi ke sebuah "Tanah Bersarang", yang dipimpin oleh Kron (Iguanodon) dan Bruton. Di kawanan tersebut Aladar dan keluarganya bertemu dengan Eema (Styracosaurus), dan Baylene (Brachiosaurus), serta Url (Ankylosaurus), yang merupakan hewan peliharaan Eema. Aladar juga bertemu Iguanodon betina, yaitu Neera, yang merupakan adik Kron.

Di tengah perjalanan, kawanan merasa lelah dan dehidrasi, hingga sampai di tempat yang berair. Akan tetapi, airnya kering, hingga Aladar dan Baylene menemukan air tersebut yang ternyata terperangkap di bawah tanah. Malamnya, Kron memerintahkan para dinosaurus untuk segera melanjutkan perjalanan karena adanya ancaman bahaya dari Karnotaurus. Tetapi, Eema dan Baylene yang sudah terlalu tua dan Aladar tertinggal oleh kawanan. Akhirnya, mereka singgah di sebuah gua, untuk berteduh dari hujan. Mereka juga bertemu Bruton yang disuruh oleh Kron mencari air, tetapi melarikan diri karena diserang oleh Karnotaurus.

Sesaat kemudian, dari luar tampak dua ekor Karnotaurus yang melihat Aladar beseta kawanannya, dan mencoba memakan mereka. Naasnya, Bruton tertimpa dinding gua setelah mencoba berkelahi dengan Karnotaurus. Lalu, Aladar dan kawanannya menelusuri gua itu, yang akhirnya menemukan jalan buntu. Setelah kehilangan harapan, Aladar dan Baylene serta Eema berusaha merobohkan dinding gua tersebut, yang akhirnya mereka sampai di Tanah Bersarang. Sialnya, kawanan Kron melewati jalur lain yang terlalu berbahaya untuk sampai di Tanah Bersarang

Akhirnya Aladar segera menyusul mereka dan memerintahkan kawanan untuk lewat jalur pintas lain. Sempat terjadi perkelahian antara Aladar dan Kron. Aladar yang terluka, akhirnya ditolong oleh Neera. Saat ingin kembali ke jalur pintas, seekor Karnotaurus datang. Dengan berani, Aladar mengusir Karnotaurus itu, diikuti dinosaurus lainnya. Karena Kron yang sendirian melewati jalur curam, Karnotaurus akhirnya mengejar Kron. Aladar dan Neera pun mengejar Karnotaurus yang ingin memakan Kron. Sempat terjadi perkelahian hebatantara Karnotaurus dengan Aladar, Kron, dan Neera. Akhirnya, Kron pun mati, dan Karnotaurus jatuh ke jurang.

Akhir film diperlihatkan dengan bayi Iguanodon dari Aladar dan Neera yang menetas, dan Plio menceritakan akhir film, dan berharap agar cerita mereka dikenang dalam sejarah. Lalu, kemudian ia berkata "But one thing is for sure. Our journey is not over, we can only hope in some small way our time here will be remembered." (Tetapi satu hal yang pasti. Perjalanan kami belum selesai. Kita hanya dapat berharap dalam beberapa cara sederhana waktu kami di sini akan dapat dikenang)

Pemeran, Karakter, dan Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

  1. Aladar, merupakan tokoh protagonis di film ini. Disuarakan oleh D.B. Sweeney. Berani dan merupakan Iguanodon yang penuh belas kasihan, yang diadopsi dari keluarga lemur dan melakukan apa yang ia bisa untuk menujukkan bahwa tua dan lemah tidak tertinggal dalam migrasi itu.
  1. Neera, merupakan Iguanodon betina yang merupakan adik Kron, yang jatuh cinta terhadap Aladar karena kebaikan hatinya. Disuarakan oleh Juliana Marguiles.
  1. Plio, adalah seekor lemur yang menjadi ibu tiri Aladar, yang penuh perhatian. Disuarakan oleh Alfre Woodard.
  1. Yar, adalah seekor lemur yang merupakan ayah dari Plio dan Zini, dan kakek dari Suri. Perwatakannya keras kepala, kasar, dan hanya sesekali ia berbelas kasihan terhadap siapapun. Disuarakan oleh Ossie Davis.
  1. Zini, adalah paman dari Suri dan merupakan adik Plio, dan juga merupakan sahabat baik Aladar. Merupakan seekor lemur yang pandai merayu. Disuarakan oleh Max Casella.
  1. Suri, adalah anak perempuan dari Plio, saudara tiri Aladar, keponakan Zini, dan cucu Yar. Disuarakan oleh Hayden Panettiere.
  1. Kron, adalah seekor Iguanodon yang memimpin kawanan dinosaurus bermigrasi ke Tanah Bersarang, dan juga merupakan kakak Neera. Ia dikarakterkan keras, tidak punya belas kasihan, ingin menang sendiri, dan kasar. Disuarakan oleh Sammuel E. Wright.
  1. Bruton, adalah seekor Iguanodon yang menjadi bawahan Kron selama migrasi. Ia dikhianati oleh Kron dan ditinggal untuk mati, dan mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan Aladar, keluarganya, dan para dinosaurus di gua. Disuarakan oleh Petrus Siragusa.
  1. Baylene, adalah seekor Brachiosaurus tua yang dalam migrasi merupakan spesies terakhir yang masih hidup. Disuarakan oelh Joan Plowright.
  1. Eema, adalah seekor Styracosaurus tua yang lemah, dan memiliki heawan peliharaan yang bernama Url, seekor Ankylosaurus. Disuarakan oleh Della Reese.
  1. Velociraptor, Carnotaurus, Url, dan Dinosaurus lain, disuarakan oleh Frank Welker

Pranala luar[sunting | sunting sumber]