Lilo & Stitch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lilo & Stitch
LiloandStitchmovieposter.jpg
Poster promosi
Sutradara Chris Sanders
Dean DeBlois
Produser Clark Spencer
Penulis Chris Sanders
Dean DeBlois
Pemeran Daveigh Chase
Chris Sanders
Tia Carrere
David Ogden Stiers
Kevin McDonald
Ving Rhames
Jason Scott Lee
Musik Alan Silvestri
Penyunting Darren T. Holmes
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis 21 Juni 2002
Durasi 85 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran 80 juta dolar AS
Pendapatan kotor

Domestik: 127.349.813 dolar AS

Seluruh dunia: 273.144.151 dolar AS
Diikuti oleh Stitch! The Movie (2003)
Lilo & Stitch 2: Stitch Has a Glitch (2005)
Leroy and Stitch (2006)

Lilo & Stitch adalah film animasi Amerika Serikat produksi tahun 2002 dari Walt Disney Pictures. Film yang dirilis 21 Juni 2002 ini merupakan film animasi bioskop dari Disney yang ke-42. Penulis dan sutradaranya adalah Chris Sanders, dan Dean DeBlois. Chris Sanders sendiri ikut sebagai pengisi suara bersama-sama dengan Daveigh Chase, Tia Carrere, David Ogden Stiers, Kevin McDonald, Ving Rhames, dan Jason Scott Lee.

Film ini merupakan film animasi kedua dari tiga film animasi layar lebar Disney yang sebagian besar diproduksi di studio Walt Disney Feature Animation Florida yang berlokasi di Disney-MGM Studios, Walt Disney World, Orlando, Florida. Lilo & Stitch dinominasikan untuk Film Animasi Terbaik Academy Award 2002. Namun penghargaan tersebut akhirnya dimenangi oleh Spirited Away karya Hayao Miyazaki yang juga didistribusikan oleh Walt Disney Pictures.

Sekuel yang diedarkan langsung ke video Stitch! The Movie dirilis pada 26 Agustus 2003. Selanjutnya, Stitch muncul dalam serial televisi Lilo & Stitch: The Series yang ditayangkan mulai 20 September 2003 hingga 29 Juli 2006. Sekuel berikutnya yang juga diedarkan langsung ke video, Lilo & Stitch 2: Stitch Has a Glitch, dirilis pada 30 Agustus 2005. Sekuel ketiga sekaligus terbaru adalah Leroy & Stitch yang dirilis langsung ke video pada 27 Juni 2006.

Plot

Dr. Jumba Jookiba ilmuwan "genius jahat" diadili oleh badan pemerintah galaksi akibat melakukan eksperimen genetika secara ilegal, termasuk membuat Experiment 626, seekor monster kurang ajar yang diprogram untuk menghancurkan, dan hampir mustahil dihancurkan. Jumba dihukum penjara, dan Eksperimen 626 menerima hukuman berupa pengasingan di sebuah asteroid. Ketika sedang diangkut dengan kapal Captain Gantu, 626 melarikan diri dengan pesawat kecil ke planet Bumi. Pemimpin galaksi Grand Councilwoman secara diam-diam memerintahkan Agent Pleakley bekerja sama dengan Jumba untuk menangkap 626. Eksperimen 626 mendarat darurat di Hawaii dan selamat tiba di Bumi. Namun setelah itu pingsan tertabrak truk yang lewat. Para sopir truk yang menabraknya mengira 626 adalah sejenis anjing trah, dan membawanya ke tempat penampungan anjing liar.

Nani Pelekai, adalah gadis Hawaii berusia 19 tahun yang seorang diri mengasuh adik perempuan bernama Lilo. Orang tua dari kakak beradik ini baru saja meninggal dunia dalam kecelakaan. Pekerja sosial Cobra Bubbles khawatir Nani tidak mampu mengasuh Lilo yang aktif dan sulit diatur. Cobra mengusulkan Lilo dimasukkan ke rumah yatim atau dicarikan orang tua asuh, tapi usul tersebut ditolak oleh Nani. Nani membolehkan Lilo memelihara seekor anjing setelah mendengar doa Lilo di kamar yang memohon agar diberikan seorang sahabat. Lilo tidak memiliki "seorang teman pun" karena anak perempuan sebaya semua menjadikannya bulan-bulanan. Di tempat penampungan anjing, Lilo langsung jatuh hati pada Eksperimen 626, meskipun Nani dan petugas tempat penampungan curiga dengan kelakuan "anjing" yang "aneh" itu. Lilo mengadopsi Eksperimen 626 sebagai binatang peliharaan, dan menamakannya "Stitch". Stitch mengajak Lilo berkeliling mencari jalan melarikan diri. Namun akhirnya menyerah setelah tahu dirinya berada di sebuah pulau yang dikelilingi laut. Kelemahan utama Stitch adalah tidak dapat berenang. Stitch dengan cepat tenggelam ke dasar laut dan perlu ditolong oleh Lilo yang pandai menyelam.

Nani yang sibuk mencari-cari pekerjaan, terpaksa mengajak Lilo dan Stitch ketika diwawancarai. Lilo mengajarkan Stitch agar tidak terlalu agresif dengan mendorongnya bertingkah laku seperti Elvis Presley yang menurutnya adalah "warga panutan". Tingkah laku Stitch sewaktu menghindari aksi tangkapan Jumba dan Pleakley, merusak kesempatan Nani untuk mendapat kerja. Seorang kawan Nani yang bernama David melihat Nani yang gagal melamar menjadi penjaga pantai akibat ulah Stitch. Nani yang sedang bersedih diajak David berselancar. Ketika Nani, Lilo, dan Stitch sedang berselancar di ombak besar, Jumba sekali lagi berusaha menangkap Stitch dengan menariknya dari bawah air. Namun yang terjadi, Stitch ikut menarik Lilo ke dasar laut. Walaupun mereka semuanya selamat kembali ke pantai, Cobra melihat peristiwa itu dari tepi pantai. Stitch dilihatnya seperti berusaha menenggelamkan Lilo. Kepada Nani, Cobra berkata bahwa keesokan harinya Lilo terpaksa diambil untuk dicarikan orang tua asuh. Stitch menyesal telah membuat banyak kesulitan, dan pergi meninggalkan Lilo dan Nani. Lilo berkata "Namun aku akan mengingatmu. Aku ingat semua yang sudah pergi."

Keesokan harinya, ketika Nani sedang menunggu kedatangan Cobra, David datang menyampaikan tawaran kerja. Mengingat hari masih pagi, Nani setuju untuk pergi bersama David. Lilo diminta Nani agar baik-baik di rumah sementara Nani pergi wawancara. Jumba memergoki Stitch yang sedang bersembunyi di hutan. Kepadanya Jumba berkata bahwa Stitch tidak akan benar-benar memiliki "keluarga" karena Eksperimen 626 diciptakan hanya untuk menghancurkan. Di bawah tembakan gencar Jumba yang mengejarnya, Stitch berlari ke rumah Lilo. Melihat Stitch sedang berduel dengan Jumba, Lilo menelepon Cobra untuk meminta bantuan. Rumah Lilo jadi hancur berantakan karena duel Stitch dan Jumba.

Ketika Nani dan Cobra beradu pendapat mengenai Lilo, sendirian Lilo menyelinap ke hutan untuk menemui Stitch. Stitch mengaku kepada Lilo bahwa dirinya makhluk asing dari luar angkasa. Ketika Lilo mengatakan bahwa Stitch sudah merusakkan segalanya, keduanya ditangkap oleh Captain Gantu. Nani terkejut melihat Captain Gantu memasukkan Lilo dan Stitch ke dalam tabung kaca, dan dibawa pergi dengan pesawat luar angkasa. Namun, Stitch berhasil membebaskan diri setelah pesawat Gantu mengangkasa. Nani kemudian menyadari bahwa Stitch bukanlah seekor anjing, dan meminta penjelasan yang sebenarnya dari Stitch. Sosok Jumba dan Pleakley sebagai makhluk asing juga terbongkar oleh Nani ketika keduanya sedang menangkap Stitch. Jumba dan Pleakley akhirnya mengaku kenal Lilo, dan mau membantu Stitch membebaskan Lilo sedang dibawa Gantu ke luar angkasa. Stitch mengejar Gantu dengan bantuan pesawat yang dikemudikan Jumba. Setelah meledakkan truk tanker di kawah gunung berapi, Stitch melesat ke udara mengejar pesawat Gantu. Stitch berhasil mengalahkan Gantu dan membebaskan Lilo. Setelah pesawat Jumba mendarat di Bumi, mereka dipergoki oleh Grand Councilwoman yang ternyata sudah tiba di Bumi untuk menangkap Stitch. Namun akhirnya Grand Councilwoman tidak tega melihat Stitch yang sudah belajar berbicara, dan akrab dengan Nani dan Lilo. Setelah melihat sertifikat kepemilikan anjing atas nama Lilo yang menyatakan Lilo sebagai pemilik Stitch, Councilwoman secara resmi menyatakan Stitch sebagai bagian dari keluarga Nani dan Lilo. Stitch diizinkannya tinggal di Bumi bersama manusia sebagai pengasuh. Councilwoman memerintahkan para penjaga untuk menangkap Gantu. Pleakley dan Jumba tidak dibolehkan kembali ke pesawat luar angkasa mereka. Cobra ternyata mantan agen CIA spesialis makhluk asing. Sebelumnya Cobra sudah pernah bertemu Councilwoman di Roswell pada tahun 1973. Councilwoman meminta Cobra untuk mengawasi keluarga baru Stitch. Ditemani Jumba dan Pleakley, Stitch diterima sebagai anggota keluarga Nani dan Lilo.


Pengisi suara

Produksi

Lilo & Stitch adalah salah satu dari segelintir film Disney yang mengambil latar belakang cerita pada zaman modern; film-film lainnya adalah One Hundred and One Dalmatians (1961), The Rescuers (1977), dan sekuelnya, The Rescuers Down Under (1990), serta Oliver & Company (1988).

Produksi Lilo & Stitch dimulai setelah Michael Eisner yang waktu itu CEO Disney memutuskan untuk mencoba membuat film animasi kecil-kecilan yang tidak terlalu mahal. Sebelumnya, film animasi layar lebar produksi Disney sepanjang pertengahan 1990-an selalu dibuat secara besar-besaran dengan budget yang besar.[1] Inspirasi membuat film animasi yang ekonomis berasal dari film Dumbo yang diproduksi Disney pada tahun 1941. Sebelum Dumbo, Disney memproduksi film-film yang lebih mahal, misalnya: Pinocchio dan Fantasia. Chris Sanders, kepala artis papan cerita di Disney Feature Animation, didekati untuk dimintai pendapatnya. Pada tahun 1985, Sanders pernah menciptakan karakter bernama Stitch untuk buku anak-anak yang ternyata tidak laku. Ia masih berniat menghidupkan kembali tokoh Stitch, dan memproduksi film animasi tentang Stitch.[1] Daerah pedesaan di Kansas awalnya dipilih sebagai lokasi film animasi Stitch, maksudnya agar Stitch dapat berinteraksi dengan karakter-karakter lainnya sementara berada di lokasi yang cukup terisolir, dan tidak membuat kerusakan yang lebih besar.[2] Keputusan mengubah latar belakang cerita ke Pulau Kauaʻi di Hawaii nantinya terbukti membuat plot semakin jelas. Sebelumnya tidak ada film animasi yang memakai Kepulauan Hawaii sebagai lokasi cerita.[2] Menurut Sanders:

"Animasi biasanya mengambil latar belakang cerita pada zaman kuno, Eropa abad pertengahan—seperti halnya begitu banyak cerita dongeng—pemilihan Hawaiʻi sebagai lokasi cerita merupakan sebuah terobosan. Namun pilihan tersebut ternyata memberi warna baru untuk keseluruhan film, dan memaksa kami untuk menulis ulang ceritanya."

Dean DeBlois yang juga menulis Mulan (1998) bersama Sanders, dipanggil untuk ikut menulis dan menjadi sutradara Lilo & Stitch, sementara eksekutif Disney bernama Clark Spencer menjadi produser. Tidak seperti produksi Disney Feature Animation yang lalu, praproduksi Lilo & Stitch hanya ditangani oleh sebuah tim yang tetap relatif kecil dan terisolir dari manajemen tingkat atas hingga film ini masuk ke dalam tahap produksi.[3] Desain set dan penggambaran karakter didasarkan gaya artistik khas Chris Sanders.[1]

Ketika tim animasi mengunjungi Kauaʻi untuk melakukan riset keadaan setempat, pramuwisata menjelaskan arti ʻohana yang merupakan konsep keluarga besar di kalangan orang Hawaii. Konsep ʻohana akhirnya menjadi tema penting dalam film-film Stitch. DeBlois berkata:

"Ke mana saja kami pergi, pramuwisata kami kelihatannya kenal dengan semua orang. Dia lah orang yang menjelaskan kepada kami konsep Hawaii tentang ʻohana, perasaan kekeluargaan yang terus berlanjut di luar sanak saudara dekat kita. Konsep ʻohana begitu memengaruhi cerita ini hingga kami menjadikannya sebagai tema dasar [film Stitch], sekaligus perasaan yang menjadikan Stitch mau mengubah sikapnya, walaupun berbeda dengan tujuan semula dirinya diciptakan, yakni untuk menghancurkan."

Pulau Kauaʻi sebelumnya telah dijadikan lokasi film-film seperti Raiders of the Lost Ark dan trilogi Jurassic Park. Animator Disney menghadapi tugas pelik dalam menyusun plot film ini yang mencampur keadaan Pulau Hawaii yang indah dengan kehidupan keluarga miskin dan tidak utuh yang dijalani orang Hawaii dan orang Barat yang hidup di masa resesi. Pengisi suara untuk Nani dan David adalah Tia Carrere yang orang asli Honolulu dan Jason Scott Lee yang dibesarkan di Hawaii. Mereka berdua juga turut membantu menulis ulang dialog-dialog ke dalam dialek percakapan sehari-hari orang Hawaii dan menambahkan bahasa gaul Hawaii.

Sanders and DuBlois memilih untuk menyimpang dari kebiasaan yang sudah dijalani Disney selama beberapa dekade. Keduanya memilih untuk menggunakan latar belakang yang dicat memakai cat air dan bukan memakai cat gouache.[1] Cat air sebenarnya pernah digunakan untuk film-film animasi pendek Disney di awal keemasan Disney, termasuk film animasi berdurasi panjang Snow White and the Seven Dwarfs (1937) dan Dumbo. Namun teknik cat air tidak dipakai lagi sejak pertengahan 1940-an, dan diganti dengan gouache yang tidak terlalu rumit dibandingkan cat air. Sanders lebih menyukai cat air untuk Lilo dengan maksud menampilkan warna cerah buku cerita bergambar dan mengikuti pencapaian di bidang seni seperti halnya film Dumbo. Akibatnya, para artis penggambar latar harus dilatih kembali untuk menggunakan cat air.[1] Desain karakter dalam film ini didasarkan pada gaya menggambar khas Sanders dan jauh dari gaya tradisional Disney.[1] Unsur-unsur luar angkasa dalam film ini, termasuk pesawat-pesawat angkasa, digambar untuk menyerupai hewan laut, seperti paus dan kepiting.[4]

Album soundtrack

Album soundtrack dirilis oleh Walt Disney Records pada 21 Juni 2002.

Lilo & Stitch
Album soundtrack oleh berbagai artis
Dirilis 21 Juni 2002
Direkam 2002
Genre Soundtrack, rock and roll, pop
Durasi 34:47
Label Walt Disney Records
Produser Chris Montan
Penilaian profesional

3.5/5 starsStar full.svgStar full.svgStar half.svgStar empty.svg[5]

Kronologi Lilo & Stitch Music
Lilo & Stitch Lilo & Stitch 2: Island Favorites


No. Judul Penyanyi Durasi
1. "Hawaiian Rollercoaster Ride"   Mark Kealiʻi Hoʻomalu, The Kamehameha Schools Children's Chorus 3:28
2. "Stuck on You"   Elvis Presley 2:25
3. "Burning Love"   Wynonna 3:10
4. "Suspicious Minds"   Elvis Presley 3:23
5. "Heartbreak Hotel"   Elvis Presley 2:13
6. "Devil in Disguise"   Elvis Presley 2:30
7. "He Mele No Lilo"   Mark Kealiʻi Hoʻomalu, The Kamehameha Schools Children's Chorus 2:28
8. "Hound Dog"   Elvis Presley 2:27
9. "Can't Help Falling in Love"   A*Teens 3:07
10. "Stitch to the Rescue (score)"   Alan Silvestri 5:57
11. "You Can Never Belong"   Alan Silvestri 3:56
12. "I'm Lost (score)"   Alan Silvestri 4:43

Kelanjutan

Pada 26 Agustus 2003, Disney merilis sekuel film berjudul Stitch! The Movie yang diedarkan langsung ke video. Stitch! The Movie adalah episode pilot untuk serial animasi Lilo & Stitch: The Series yang terdiri dari 65 episode antara 20 September 2003 hingga 29 Juli 2006. Serial tersebut mengisahkan kelanjutan usaha Lilo dan Stitch menangkap semua monster eksperimen ciptaan Jumba. Lilo & Stitch: The Series ditutup dengan sebuah film televisi Leroy & Stitch yang dirilis 27 Juni 2006.

Film Lilo & Stitch 2: Stitch Has a Glitch dirilis langsung ke video sebagai sekuel "resmi" dari film Lilo & Stitch. Dalam film ini, Stitch menderita gangguan kesehatan karena molekul-molekul dalam dirinya belum sempat diisi listrik secara penuh. Lilo ingin memenangi kontes hula seperti yang pernah dimenangi ibu Lilo pada tahun 1970-an, namun Stitch terus mengacau karena sedang sakit.

Serial animasi Stitch! versi Jepang mulai ditayangkan pada Oktober 2008 di Jepang. Dalam serial ini, tokoh Lilo digantikan oleh anak perempuan Jepang bernama Yuna, dan lokasi cerita dipindah ke pulau fiksi di Prefektur Okinawa. Produksinya dilakukan oleh perusahaan animasi Jepang Madhouse Ltd.[6][7][8]

Referensi

  1. '^ a b c d e f  The Story Room: The Making of 'Lilo & Stitch DVD. Burbank, CA: Walt Disney Home Entertainment.
  2. ^ a b Davis, Pat (April/May 2002). "Disney Goes Hawaiian". Hana Hou! 5 (2). 
  3. ^ Moore, Roger (2009=04-01). "Lilo & Stitch, Disney Feature Animation Florida's finest hour--remembered (originally published as "For Disney's Orlando animators, it's show time!" on 2002-06-16)". Orlando Sentinel (Orlando, Florida: Tribune Company). 
  4. ^ Gilland, Joseph (2009). Elemental Magic: The Art of Special Effects Animation. Focal Press (Elsevier, Inc.). hlm. 256. ISBN 978-0-240-81163-5. 
  5. ^ "Album review". Answers.com. Diakses July 12, 2009. 
  6. ^ Disney seals Japan anime and "Lilo and Stich" deal, International business times, 2008-03-06
  7. ^ Disney says to produce Anime 'made in Japan' (2008-03-08)
  8. ^ Disney plans Japan animation effort, International Herald Tribune, 2008-03-06

Pranala luar