The Little Mermaid (film 1989)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Little Mermaid
Movie poster the little mermaid.jpg
Poster layar lebar
Sutradara Ron Clements
John Musker
Produser Ron Clements
John Musker
Howard Ashman
Penulis Fairy Tale
Hans Christian Anderson
Screenplay
Roger Allens
Ron Clements
John Musker
Pemeran Jodi Benson
Samuel E. Wright
Jason Marin
Pat Carroll
Kenneth Mars
Buddy Hackett
Christopher Daniel Barnes
Musik Alan Menken
Distributor Walt Disney Pictures
Buena Vista Distribution
Tanggal rilis 17 November 1989
Durasi 85 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $40,000,000[1]
Pendapatan kotor Domestic
$84,355,863
Worldwide
$183,355,863[2]
Diikuti oleh The Little Mermaid II: Return to the Sea (2000)

The Little Mermaid adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney Feature Animation dan dirilis ke bioskop oleh Buena Vista Pictures pada tanggal 17 November 1989. Animasi ini merupakan seri yang ke-28 dari Walt Disney Animated Classics series. Sekuel dari film ini berjudul The Little Mermaid II: Return to the Sea, dan The Little Mermaid: Ariel's Beginning, dirilis pada tahun 2000 dan 2008.

Sinopsis

Ariel, putri duyung berumur enam belas tahun, tidak puas dengan kehidupan bawah laut dan ingin tahu tentang dunia manusia. Dengan teman ikan terbaiknya, Flounder, Ariel mengumpulkan artefak manusia dan pergi ke permukaan laut untuk mengunjungi Scuttle burung camar, yang menawarkan lucu sangat akurat dan pengetahuan tentang kebudayaan manusia. Mengabaikan peringatan ayahnya (Raja Triton) dan pengadilan musisi (Sebastian kepiting) bahwa hubungan antara manusia duyung dan manusia dilarang, Ariel masih rindu untuk menjadi bagian dari dunia manusia; akhir ini ia telah mengisi sebuah gua rahasia dengan semua artefak manusia dia telah ditemukan. Sementara Sebastian, yang ditugaskan untuk menjaga Ariel dan pastikan dia tidak mengunjungi permukaan kembali mencoba meyakinkan dirinya bahwa lebih baik hidup di bawah laut daripada di dunia manusia.

Suatu malam, Ariel dan Flounder melakukan perjalanan ke permukaan laut untuk menyaksikan sebuah perayaan untuk ulang tahun Pangeran Erik, dengan siapa Ariel jatuh cinta. Badai tiba-tiba hits, di mana semua orang berhasil melarikan diri dalam sebuah sekoci, kecuali untuk Eric yang pergi dan menyelamatkan anjingnya Max, yang masih terjebak di kapal. Dia menyelamatkan Max tetapi hampir tenggelam tetapi diselamatkan oleh Ariel, yang menyeret dia ke pantai. Dia menyanyikan kepadanya, tetapi ketika ia bergerak bangun ia melihat suatu penglihatan. Dia menyelam ke bawah air ketika Max datang kepada Eric. Eric memiliki kesan samar-samar bahwa ia diselamatkan oleh seorang gadis dengan suara yang indah, ia berjanji untuk mencarinya, dan Ariel bersumpah untuk mencari cara untuk bergabung dengan Eric.

Triton dan putrinya menemukan suatu perubahan pada Ariel, yang terang-terangan mabuk cinta. Triton bertanya kepada Sebastian tentang perilaku Ariel, selama itu Sebastian sengaja mengungkapkan insiden dengan Eric. Triton mati-matian menghadapi Ariel dalam gua, menggunakan trisula untuk menghancurkan koleksi harta manusia. Setelah Triton pergi, sepasang belut, Flotsam dan Jetsam, melihat Ariel menangis dan meyakinkan bahwa ia harus mengunjungi penyihir lautan, Ursula, yang konon bisa membuat semua impiannya menjadi kenyataan.

Ursula membuat kesepakatan dengan Ariel untuk mengubah dirinya menjadi manusia selama tiga hari. Dalam tiga hari ini, Ariel harus menerima "ciuman cinta sejati" dari Eric; jika tidak, dia akan mengubah Ariel kembali menjadi putri duyung pada hari ketiga dan milik Ursula. Sebagai pembayaran untuk kaki, Ariel harus menyerah suaranya, yang ajaib Ursula perangkap di sebuah shell ia mengenakan sebagai liontin. Ekor Ariel berubah menjadi kaki dan Sebastian dan Flounder menyeretnya ke permukaan.

Eric dan Max menemukan Ariel di pantai. Dia awalnya curiga bahwa dia adalah orang yang menyelamatkan hidupnya, tetapi ketika dia mengetahui bahwa dia tidak bisa berbicara, dia membuang-gagasan yang baik kepada frustrasi Ariel dan Max (yang mengetahui kebenaran). Dia membantu dia ke istana, di mana para pelayan pikir dia adalah sebagai yang selamat dari kapal karam. Ariel menghabiskan waktu bersama Eric, dan pada akhir hari kedua, mereka hampir berciuman tetapi dihalangi oleh Flotsam dan Jetsam. Marah sempit mereka melarikan diri, Ursula mengambil penyamaran seorang wanita muda yang cantik bernama "Vanessa" dan muncul darat bernyanyi dengan suara Ariel. Eric mengakui lagu, dan dalam penyamaran, Vanessa / Ursula melemparkan mantra hipnotis dari pesona pada Eric untuk membuatnya melupakan Ariel.

Keesokan harinya, Ariel menemukan bahwa Eric akan menikah dengan Ursula yang menyamar di atas kapal. Dia menangis dan tertinggal ketika pernikahan tongkang berangkat. Scuttle menemukan bahwa Vanessa adalah Ursula menyamar, dan menginformasikan Ariel. Ariel dan Flounder mengejar pernikahan tongkang, Sebastian menginformasikan Scuttle Triton dan ditugaskan untuk secara harfiah "tunda pernikahan." Dengan bantuan dari berbagai hewan, cangkang nautilus sekitar leher Ursula rusak, mengembalikan kembali suara Ariel Ariel dan melanggar Ursula's pesona atas Eric. Menyadari bahwa Ariel adalah gadis yang menyelamatkan hidupnya, Eric bergegas untuk menciumnya, tapi matahari terbenam dan Ariel mengubah kembali menjadi putri duyung. Ursula beralih ke bentuk sejati dan dia menculik Ariel.

Triton muncul dan menghadapi Ursula, tetapi tidak dapat menghancurkan Ursula kontrak dengan Ariel. Triton memilih untuk mengorbankan dirinya sendiri untuk putrinya, dan berubah menjadi polip. Ursula Triton mengambil mahkota dan trisula, yang rencananya dari awal. Ursula menggunakan kekuatan barunya untuk menertawakan, membentuk pusaran air yang mengganggu beberapa bangkai kapal, salah satu yang Eric commandeers. Sama seperti Ursula diatur untuk menggunakan trisula untuk menghancurkan Ariel, Eric mengubah roda sulit untuk pelabuhan, berlaku serudukan kapal pecah Ursula cucur melalui perut.

Dengan Ursula pergi, kekuasaan-nya istirahat dan polip di kebun Ursula (termasuk Triton) kembali menjadi duyung tua. Kemudian, setelah melihat bahwa Ariel benar-benar mencintai Eric dan bahwa Eric juga menyelamatkan dirinya dalam proses, Triton perubahan rela dia dari putri duyung menjadi manusia dengan menggunakan trisula. Ia berlari ke pelukan Eric, dan dua akhirnya ciuman. Ariel menikah Eric di sebuah pernikahan di mana para manusia dan duyung hadir.

Catatan

  1. ^ Stewart, James B. (2005). DisneyWar, p. 104. ISBN 0-684-80993-1. Simon & Schuster. Accessed June 4, 2007.
  2. ^ "Re-releases of The Little Mermaid". Box Office Mojo. Diakses 2008-11-22. 

Pranala luar