Chicken Little (film 2005)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chicken Little
SutradaraMark Dindal
ProduserRandy Fullmer
Ditulis olehSteve Bencich
Ron J. Friedman
PemeranZach Braff
Joan Cusack
Steve Zahn
DistributorWalt Disney Pictures
Tanggal rilis
  • 4 November 2005 (2005-11-04) (Amerika Serikat)
  • 1 Desember 2005 (2005-12-01) (Indonesia)
Durasi81 menit
BahasaInggris
Anggaran60.000.000dolar AS

Chicken Little adalah sebuah film animasi yang dibuat dengan teknik CGI dan merupakan animasi ke-45 yang diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation, dirilis oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution pada 4 November 2005. Ceritanya ditulis oleh Steve Bencich dan Ron J. Firedman serta disutradarai oleh Mark Dindal.

Film ini merupakan film Disney pertama yang dibuat sepenuhnya dengan komputer, setelah menghentikan produksi film animasi tradisional. Hasil dari film ini berpengaruh sangat besar dalam hubungan antara Disney dan Pixar, yang selama ini memproduksi animasi komputer untuk Disney. Dengan hasil yang memuaskan, Disney mendapatkan keuntungan dalam negosiasi kerja samanya dengan Pixar. Walau begitu, Disney memutuskan mereka tetap butuh Pixar dan akhirnya memberli Pixar pada 24 Januari 2006 seharga 7,4 miliar dolar AS.

Sinopsis

Chicken Little membuat kehebohan di kotanya dengan mengatakan bahwa langit runtuh. Ayahnya, merasa dipermalukan, mengatakan bahwa itu hanya sebuah kenari yang jatuh dari pohon. Setahun kemudian ia hanya berteman dengan orang-orang yang dianggap aneh. Untuk mengembalikan kepercayaan ayahnya, ia bergabung ke dalam tim bisbol di sekolahnya dan dengan membuat sebuah home run ia berhasil.

Malamnya, ia menemukan sebuah benda bersegi enam yang terlihat seperti langit. Benda tersebut merupakan kamuflase dari pesawat alien. Ia harus segera memberitahu semua orang tentang invasi alien tersebut padahal para alien hanya mencari anak mereka. Setelah melewati berbagai kejadian, akhirnya para alien mendapatkan kembali anaknya dan mengembalikan yang telah mereka rusak.

Pengisi suara

Penayangan di Televisi Indonesia

Di Indonesia, film ini sering ditayangkan di RCTI, Global TV dan Disney Channel Asia, dalam versi dubbing dalam bahasa Indonesia.

Pranala luar