Brother Bear

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Poster layar lebar
SutradaraAaron Blaise
Robert Walker
ProduserIgor Khait
Chuck Williams
Ditulis olehLorne Cameron
David Hoselton
Tab Murphy
Steve Bencich (screenplay)
Broose Johnson (story)
Jeffrey Stepakoff (additional writer, story)
PemeranJoaquin Phoenix
Jeremy Suarez
Rick Moranis
Dave Thomas
Jason Raize
D.B. Sweeney
Joan Copeland
Michael Clarke Duncan
Penata musikPhil Collins
Mark Mancina
DistributorWalt Disney Pictures
Tanggal rilis
1 November 2003
Durasi85 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
SekuelBrother Bear 2 (2006)

Brother Bear adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney Feature Animation Florida dan dirilis pada 1 November 2003 oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution. Tokoh utamanya adalah seorang remaja Inuit yang memasuki masa dewasa dan berubah menjadi beruang.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kenai, seorang remaja Inuit akan menjalani ritual menuju kedewasaan dan mendapat totem dari arwah para leluhur. Namun, ia sangat kecewa saat mendapatkan totem beruang perlambang cinta, tidak seperti kakaknya, Denahi, yang mendapat totem serigala yang bijak atau Sitka, yang mendapat totem elang perlambang petunjuk. Kekecewaannya bertambah parah setelah kakaknya terbunuh saat mengejar beruang yang ia buru.

Walau dilarang Denahi, ia memburu beruang itu dan membunuhnya. Namun, para leluhur malah mengubahnya menjadi beruang dan yang diketahui Denahi justru bahwa adiknya juga dibunuh beruang. Tanana yang tahu akan hal itu menyuruh Kenai ke tempat di mana cahaya menyentuh bumi jika ingin berubah menjadi manusia lagi. Dalam perjalanannya, ia berteman dengan dua ekor rusa, Rutt dan Tuke, serta seekor beruang kecil bernama Koda yang kehilangan ibunya. Kenai ikut dengan Koda karena Koda menuju ke tempat perburuan ikan salmon dan tempat yang ia tuju terletak di dekat situ.

Sampai di tujuan Koda, para beruang menyambut mereka dan saat mereka berbagi cerita, Kenai menyadari bahwa beruang yang diceburkan Sitka ke sungai adalah ibu Koda. Merasa bersalah, Kenai berlari ke gunung untuk mencari arwah para leluhur. Koda yang merasa ditinggal pun bersedih namun melihat Rutt dan Tuke, ia menjadi sadar akan pentingnya Kenai.

Mereka yang selama ini dikejar Denahi akhirnya berhadapan dan setelah Kenai menyelamatkan Koda dari Denahi, para leluhur mengubahnya kembali menjadi manusia. Tetapi karena rasa cintanya pada Koda, ia meminta diubah kembali menjadi beruang dan menyelesaikan ritual menuju kedewasaannya dalam bentuk beruang.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

  • Dave Thomas - Tuke, saudara Rutt
  • Joan Moranis - Rutt, rusa Kanada
  • D.B. Sweeney - Sitka, kakak tertua Kenai
  • Joan Copeland - Tanana, dukun di suku Kenai
  • Jason Raize - Denahi, adik Sitka dan kakak Kenai
  • Michael Clarke Duncan - Tug, seekor beruang tua yang bijak
  • Jeremy Suarez - Koda, beruang kecil yang menjadi teman Kenai dalam perjalanannya
  • Joaquin Phoenix - Kenai, remaja yang menginjak masa dewasa dan diubah menjadi beruang