Tangled

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tangled
Tangled poster.png
Poster teater di Britania Raya
Sutradara Nathan Greno
Byron Howard
Produser Roy Conli
John Lasseter
Glen Keane
Skenario Dan Fogelman
Berdasarkan "Rapunzel
karya Brothers Grimm
Narator Zachary Levi
Pemeran Zachary Levi
Mandy Moore
Donna Murphy
Musik Alan Menken
Glenn Slater (Lirik)
Alan Menken (Score)
Penyunting Tim Mertens
Studio Walt Disney Animation Studios
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis
Durasi 100 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $260 juta[2][3]
Pendapatan kotor $418.850.224[3]

Tangled merupakan film animasi musikal yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios. Film ini suaranya diisi oleh beberapa bintang terkenal seperti Mandy Moore, Zachary Levi, dan Donna Murphy. Cerita ini diadaptasi dari dongeng Jerman Rapunzel.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita Tangled dimulai ketika sepercik sinar matahari jatuh ke bunga di bumi dan membuat bunga itu ajaib. Seorang wanita tua bernama Mother Gothel menggunakan kekuatan ajaib bunga itu untuk membuatnya tetap muda. Namun dia merahasiakan keberadaan bunga ajaib itu dengan menutup bunga itu dengan tudung yang dilapisi dengan semak-semak berbunga.

Waktu pun berlalu. Berabad-abad kemudian, sebuah kerajaan dibangun dekat hutan di mana bunga ajaib itu tumbuh. Suatu saat, Permaisuri sakit sehingga Raja memerintahkan pasukannya untuk mencari bunga ajaib yang awalnya diduga mitos.

Para pasukan berhasil menemukan bunga itu akibat kecerobohan Mother Gothel saat ia sedang mengunjungi bunga itu dan ia melihat para pasukan itu sehingga ia berlari sehingga tudung bunga itu terbuka. Permaisuri yang meminum larutan bunga sembuh. Ia melahirkan anak perempuan dengan rambut pirang panjang dan diberi nama Rapunzel. Kerajaan merayakan kelahiran putri ini dengan menerbangkan lentera-lentera.

Mother Gothel, mengetahui bunganya sudah dicabut dan hilang, marah. Dia menyusup ke istana dan menculik Rapunzel. Mother Gothel menyembunyikan Rapunzel di menara tinggi tersembunyi di balik goa. Hanya Mother Gothel yang mengetahui bahwa rambut Rapunzel tetap ajaib. Dengan menyanyikan sebuah lagu khusus, rambut Rapunzel akan bersinar dan dapat membuat Mother Gothel muda kembali.

Rapunzel tumbuh dewasa, tetapi dia tidak pernah diijinkan turun dari menara. Satu-satunya teman Rapunzel adalah seekor bunglon bernama Pascal. Rambut Rapunzel juga tidak pernah dipotong, sebab kalau dipotong, rambut itu akan hilang kekuatannya.

Rapunzel menyadari bahwa setiap hari ulangtahunnya, lentera-lentera diterbangkan. Dia dapat melihatnya dari jendela menara. Maka Rapunzel meminta Gothel untuk membawanya pergi melihat lentera-lentara terbang itu sebagai hadiah ulangtahun ke-18.

Namun Mother Gothel tetap tidak mengijinkan Rapunzel pergi. Rapunzel menjadi sedih.

Sementara itu, seorang buronan kerajaan yang baru saja mencuri mahkota putri bersembunyi di menara Rapunzel. Rapunzel, ketakutan, memukul bandit bernama Flynn Rider itu dengan panci. Saat Flynn pingsan, Rapunzel menyembunyikan mahkota curian Flynn. Kemudian Rapunzel memaksa Flynn membawanya pergi melihat lentera terbang dengan bayaran Rapunzel akan mengembalikan curian Flynn. Flynn pun setuju.

Turun dari menara, Flynn sebenarnya kesal dengan Rapunzel. Dia ingin menakut-takuti Rapunzel supaya kembali ke menara lagi. Flynn mengajak Rapunzel makan di bar di mana orang-orang kasar berkumpul. Rapunzel, awalnya ketakutan, akhirnya berhasil menyentuh hati para orang kasar dengan menyatakan Rapunzel punya mimpi. Mimpi sederhana Rapunzel membuat para orang kasar mau mendukung perjalanan Rapunzel.

Prajurit kerajaan terus mengejar Flynn. Karena Rapunzel bersama Flynn, Rapunzel juga harus kabur dari mereka. Rapunzel dan Flynn sempat terjebak di goa pertambangan gelap yang dipenuhi air. Mereka sangat ketakutan. Flynn membuka rahasianya yaitu bahwa nama sebenarnya adalah Eugene Fitzherbert. Rapunzel juga memberitahu Flynn bahwa ia mempunyai rambut ajaib yang akan bersinar kalau Rapunzel bernyanyi. Mereka berhasil menggali dan keluar dari goa.

Di hutan, Rapunzel dan Flynn saling bercerita tentang latar belakang mereka dan mulai berteman. Lambat laun Mother Gothel mengetahui Rapunzel pergi dari menara. Gothel menemukan Rapunzel di hutan sudah jatuh cinta dengan pencuri. Mother Gothel menghasut Rapunzel untuk memberikan mahkota curian kepada Flynn dan membuktikan bahwa Flynn akan meninggalkan Rapunzel apabila dia telah mendapatkan mahkota itu. Menurut Mother Gothel, Flynn bukan sahabat sejati.

Rapunzel, takut kehilangan Flynn, tidak mau memberikan mahkota itu. Keesokan harinya, Rapunzel dan Flynn sampai di kota di mana lentera-lentera itu akan diterbangkan. Rapunzel baru tahu bahwa putri kerajaan itu hilang.

Malam harinya, Rapunzel dan Flynn duduk di perahu menyaksikan lentera-lentera diterbangkan. Rapunzel baru berani memberi bayarannya, yaitu mahkota curian Flynn. Flynn juga menyadari dia mencintai Rapunzel dan hendak berciuman dengannya sebelum Flynn melihat rekan-rekan pencurinya, Stabbington Bersaudara, di tepi danau.

Flynn bertujuan menyelesaikan urusannya dengan para buronan. Ia menepi dan memberikan mahkota itu pada Stabbington Bersaudara. Tetapi Stabbington Bersaudara sudah tidak menginginkan mahkota itu. Sesuai rencana Mother Gothel, mereka memukul Flynn pingsan dan mengikatnya di perahu, berpura-pura membuat Rapunzel mengira Flynn kabur.

Rapunzel sakit hati karena ia kira Flynn menipunya. Mother Gothel pun datang untuk menghibur walau sebenarnya ini sudah bagian dari rencana Mother Gothel. Rapunzel dibawa kembali ke menara. Sedikit melamun, Rapunzel menyadari bahwa dia adalah putri yang hilang itu. Rapunzel bertekad melawan Mother Gothel meski dulu ia sudah menganggap Mother Gothel sebagai ibunya.

Sementara itu, Flynn yang pingsan ditangkap prajurit kerajaan. Dia akan dipenggal esok harinya. Dengan bantuan orang kasar, Flynn dapat kabur dari hukuman. Flynn bergegas mencari Rapunzel di menara. Baru saja mencapai jendela menara, Flynn ditusuk Mother Gothel.

Rapunzel, tidak tega melihat Flynn kesakitan, mengatakan pada Mother Gothel bahwa dia bersedia tetap bersama Mother Gothel dengan syarat diijinkan menyembuhkan Flynn. Karena tidak mau Rapunzel terikat pada Mother Gothel, Flynn memotong rambut panjang Rapunzel.

Akibatnya, rambut itu kehilangan kekuatannya dan warnanya menjadi cokelat. Mother Gothel juga menjadi tua sekali. Dia menghilang menjadi debu. Flynn juga meninggal.

Rapunzel menangis sambil menyanyi. Air matanya menghidupkan Flynn. Mereka pergi ke istana dan memperkenalkan Rapunzel sebagai putri pada Raja dan Permaisuri.

Akhirnya, Rapunzel dan Flynn menikah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Rapunzel - Mandy Moore
  • Flynn Rider - Zachary Levi
  • Mother Gothel - Donna Murphy
  • Stabbington Bersaudara - Ron Perlman
  • Rapunzel muda - Delaney Rose Stein
  • Kapten dari pasukan - M.C. Gainey

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu untuk film ini dibuat oleh Alan Menken dengan penulis liriknya Glenn Slater.

  • "Prologue" oleh Donna Murphy sebagai "Mother Gothel" dan Delaney Stein sebagai "Young Rapunzel"
  • "When Will My Life Begin?" oleh Mandy Moore sebagai "Rapunzel"
  • "When Will My Life Begin? (Reprise 1)" dinyanyikan oleh Mandy Moore sebagai "Rapunzel"
  • "Mother Knows Best" oleh Donna Murphy sebagai "Mother Gothel"
  • "When Will My Life Begin? (Reprise 2)" oleh Mandy Moore sebagai "Rapunzel"
  • "I've Got a Dream" oleh Brad Garrett sebagai "Hook-Hand Thug," Jeffrey Tambor sebagai "Big Nose Thug," Mandy Moore sebagai "Rapunzel," Zachary Levi sebagai "Flynn Rider" dan Ensemble
  • "Mother Knows Best (Reprise)" oleh Donna Murphy sebagai "Mother Gothel"
  • "I See the Light" oleh Mandy Moore sebagai "Rapunzel" dan Zachary Levi sebagai "Flynn Rider"
  • "Healing Incantation" oleh Mandy Moore sebagai "Rapunzel"
  • "The Tear Heals" oleh Mandy Moore sebagai "Rapunzel"
  • "Something That I Want" oleh Grace Potter (Kredit Akhir)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tangled (2010) - IMDb". IMDb. Diakses 2010-12-21. 
  2. ^ Chmielewski, Dawn C.; Eller, Claudia (November 21, 2010). "Disney Animation is closing the book on fairy tales". Los Angeles Times. Diakses 2010-11-23. 
  3. ^ a b "Tangled (2010)". Box Office Mojo. Diakses 2011-01-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]