The Lion King

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Lion King
SutradaraRoger Allers
Rob Minkoff
ProduserDon Hahn
Ditulis olehIrene Mecchi
Jonathan Roberts
Linda Woolverton
PemeranMatthew Broderick
James Earl Jones
Jonathan Taylor Thomas
Rowan Atkinson
Whoopi Goldberg
Penata musikLagu:
Elton John
Tim Rice
Lebo M.
Musik latar:
Hans Zimmer
PenyuntingIvan Bilancio
DistributorWalt Disney Pictures
Tanggal rilis
15 Juni 1994
Durasi88 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$45.000.000
Pendapatan
kotor
$783.841.776
SekuelThe Lion King II: Simba's Pride

The Lion King adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney Feature Animation yang dirilis ke bioskop oleh Walt Disney Pictures pada 15 Juni 1994, dan dirilis untuk publik pada 24 Juni 1994. Film ini merupakan film ke-32 dari rangkaian film animasi klasik Walt Disney. Versi definisi tinggi yang telah diperbagus secara digital dan dibuat dalam format IMAX dirilis pada 25 Desember 2002. Film bergenre sandiwara musikal dengan lagu garapan Elton John dan Tim Rice serta musik dari Hans Zimmer.

The Lion King menjadi salah satu film animasi yang paling sukses. Di Amerika Serikat, film ini menambah pemasukan Disney sebesar $328.541.776, dan $783.841.776 untuk seluruh dunia. Dalam penggarapannya, para animator sebelumnya lebih berkonsentrasi untuk pembuatan Pocahontas karena mereka mengira bahwa film itulah yang akan lebih populer. Saat mereka melepas cuplikan The Lion King, mereka mendapat sambutan yang lebih baik.[1][2][3] The Lion King telah diadaptasikan menjadi sandiwara musikal Broadway yang sukses sejak tahun 1997.

Matthew Broderick, Jeremy Irons, James Earl Jones, Jonathan Taylor Thomas, Nathan Lane, Ernie Sabella, Moira Kelly, Robert Guillaume, Rowan Atkinson, Whoopi Goldberg, Cheech Marin, dan Jim Cummings berperan dalam pengisian suara di film ini. Sekuel film ini, The Lion King II: Simba's Pride, dan The Lion King 1½, dirilis pada tahun 1998 dan 2004. Film ini berslogan "Life's greatest adventure is finding your place in the Circle of Life".

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Mufasa adalah seekor singa yang merupakan raja dari seluruh binatang di tempat itu. Scar, adik Mufasa, iri dengan posisi Simba sebagai pewaris takhta, dan ia bekerjasama dengan kawanan dubuk berusaha untuk menyingkirkannya. Scar menjebak Simba dalam kejaran wildebeest. Walaupun Simba tertolong oleh ayahnya, Mufasa sendiri meninggal karena dijatuhkan oleh Scar dari tebing ke dalam kejaran binatang tersebut. Simba meloloskan diri di saat Scar menyuruh para dubuk membunuhnya.

Ia kemudian pingsan di suatu gurun, dan diselamatkan oleh seekor meerkat bernama Timon dan Pumbaa, seekor babi hutan yang merawatnya di hutan tempat mereka tinggal. Simba tumbuh dewasa di tempat itu, kemudian bertemu dengan seekor singa teman masa kecilnya, Nala. Ia meminta Simba untuk kembali dan mengusir Scar yang memerintah secara diktator. Dalam keraguan, ia bertanya pada Rafiki, penasihat ayahnya, dan Rafiki menunjukkan bahwa jiwa Mufasa ada dalam diri Simba. Simba pun kembali ke kerajaanya.

Saat tiba, ia melihat kerajaanya menjadi hancur karena Scar. Para singa pun bertarung melawan Scar dan kawanan dubuknya. Dalam pertarungan, Scar mengatakan bahwa dirinya penyebab Mufasa terbunuh. Pertarungan sengit pun kembali terjadi di tengah amukan api dari kilat. Scar akhirnya kalah dan diusir, lalu Simba menjadi raja.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Daftar musik film[sunting | sunting sumber]

  • Circle of Life
  • I Just Can't Wait to Be King
  • Be Prepared
  • Hakuna Matata
  • Can You Feel the Love Tonight?
  • The Bait Song (Timon dan Pumbaa's Hula)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pocahontas pendapatan judul". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2008-08-11. 
  2. ^ "Rotten Tomatoes - The Lion King". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2006-09-24. 
  3. ^ "Rotten Tomatoes - Pocahontas". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2006-09-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]