Dreamgirls (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dreamgirls
Poster menampilkan tiga wanita yang membelakangi kamera sedang disorot lampu berwarna merah. Di bawah poster bertuliskan (dari atas ke bawah) nama tiga pemain utama, judul film (Dreamgirls), kalimat "ALL YOU HAVE TO DO & DREAM", serta nama-nama jajaran pemain dan kru film.
Sutradara Bill Condon
Produser Laurence Mark
Penulis Tom Eyen (musik panggung)
Bill Condon
Pemeran Jamie Foxx
Beyoncé Knowles
Eddie Murphy
Danny Glover
Jennifer Hudson
Anika Noni Rose
Keith Robinson
Sharon Leal
Hinton Battle
Musik Henry Krieger
Tom Eyen
Siedah Garrett
Scott Cutler
Beyoncé Knowles
Anne Preven
Willie Reale
Stephen Trask
Sinematografi Tobias A. Schliessler
Penyunting Virginia Katz
Distributor DreamWorks
Paramount Pictures
Tanggal rilis Bendera Amerika Serikat 25 Desember 2006
Bendera Australia 18 Januari 2007
Bendera Britania Raya 2 Februari, 2007
Durasi 131 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $75 juta
Pendapatan kotor $154 juta


Dreamgirls adalah film musikal Amerika Serikat tahun 2006 yang diproduksi dan diliris oleh DreamWorks Pictures bersama Paramount Pictures. Film ini diluncurkan dalam tiga peluncuran khusus yang dimulai tanggal 15 Desember 2006, dan peluncuran resmi di seluruh dunia pada 25 Desember 2006 serta video rumahnya dirilis pada 1 Mei 2007. Dreamgirls memenangi penghargaan 64th Golden Globe Awards tahun 2007 yaitu Best Picture - Musical or Comedy, dan dua Piala Oscar pada Academy Awards ke-79.

Fikm ini berlatar tahun 1960an dan 1970an dengan pemerannya kebanyakan Afrika-Amerika, Dreamgirls diadaptasi dari drama panggung musikal Broadway tahun 1981 dengan judul yang sama. Drama ini didasarkan pada sejarah dan evolusi musik R&B Amerika selama masa doo-wop, soul, the Motown Sound, funk, dan disko. Drama panggung ini juga mengandung beberapa sindiran kehidupan dan karier dari Motown Records dalam babak The Supremes, sambungan versi film yang diperluas.[1] Dreamgirls berkisah tentang kehidupan tiga orang wanita muda yang tergabung dalam trio penyanyi beraliran R&B "The Dreamettes" yaitu Effie White, Deena Jones, dan Lorrell Robinson, ketiganya berasal dari Detroit, Michigan. The Dreamettes menjadi terkenal sejak ditemukan bakatnya oleh produser rekaman Curtis Taylor, Jr., the Dreamettes kemudian menjadi vokal pendukung penyanyi soul James "Thunder" Early. Perselisihan semakin meningkat ketika Curtis mengubah "The Dreamettes" menjadi lebih nge-pop dengan nama barunya "Dreams," tepatnya ketika Deena menggantikan Effie sebagai penyanyi utama dalam "Dreams" dan kehidupan percintaan Effie dengan Curtis terusik oleh Deena.

Film ini dibintangi oleh Jamie Foxx, Beyoncé Knowles, Eddie Murphy, dan Jennifer Hudson, yang memenangi Aktris Pendukung Terbaik (Oscar) 2007 dalam perannya sebagai Effie White. Film ini juga dibintangi oleh Danny Glover, Anika Noni Rose, Keith Robinson, Sharon Leal, serta Hinton Battle dan diproduseri oleh Laurence Mark. Dreamgirls ditulis dan disutradarai oleh Bill Condon, skenariowan pemenang Academy Award dalam film berjudul Chicago, disadur dari buku Broadway aslinya karya Tom Eyen dan lagu Broadway karya Eyen dan Henry Krieger. Empat lagu baru yang ditambahkan dalam film ini digubah oleh Krieger dengan variasi lirik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Feb 2, 2007). "I literally pinch myself every day." The Guardian. Retrieved 2007-02-27.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]