Beruang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Beruang
Beruang coklat Kodiak
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Carnivora
Famili: Ursidae
G. Fischer de Waldheim, 1817
Genera

Ailuropoda
Ailurus
Helarctos
Melursus
Ursus
Tremarctos
Arctodus (punah)

Beruang adalah mamalia dari ordo Carnivora, famili Ursidae.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Fisik[sunting | sunting sumber]

Beruang memiliki ekor kecil, indra penciuman dan pendengaran yang ulung, lima kuku pada telapak tangan yang tak dapat ditarik masuk, serta bulu yang panjang, lebat dan kasar. Mereka memiliki cakar yang lebar, moncong yang panjang, dan telinga bundar. Giginya digunakan untuk bertahan dan alat dan tergantung pada makanannya. Kuku-kukunya digunakan untuk menyobek, menggali, dan menangkap. Pengelihatan beruang hampir sama dengan pengelihatan manusia. Beruang hitam dan sejenisnya tidak buta warna.

Tergantung pada spesiesnya, beruang dapat memiliki 32 hingga 42 gigi. Gigi beruang tidak dikhususkan untuk membunuh mangsa mereka.Gigi taring beruang relatif kecil dan umumnya digunakan untuk pertahanan diri atau alat. Gigi geraham beruang lebar, datar dan digunakan untuk memotong dan menggiling tumbuhan menjadi potongan lebih kecil supaya dapat dicerna.[rujukan?].

Beruang memiliki empat cakar. Setiap cakar dilengkapi lima kuku yang tajam dan panjang. Kuku tersebut dapat digunakan untuk memanjat pohon, menyobek sarang rayap dan sarang lebah, menggali akar, atau menangkap mangsa, tergantung pada spesiesnya. jangan meremehkan beruang, dapat berlari mencapai kecepatan 50 km/jam (30 mph). Beruang juga dapat bergerak dengan fleksibel dan lincah.

Bulu beruang panjang dan kasar. Warna bulu bervariasi tergantung pada spesiesnya. Ada yang berwarna putih, blonde atau krem, hitam dan putih, sampai hitam semua atau coklat semua. Warna bulu beruang juga bervariasi walaupun mereka satu spesies. Sebagai contoh, Beruang Amerika hitam mungkin saja berbulu hitam, coklat, coklat kemerahan, atau hitam kebiruan. Beberapa spesies, seperti sun bear dan spectacled bear memiliki dada yang berwarna cerah dengan facial markings.[rujukan?].

Pada semua spesies beruang, jantan lebih besar daripada betina. Perbedaan antar jenis kelamin ini, semakin besar pada spesies yang lebih besar. Beruang kutub jantan berbobot dua kali lebih besar daripada betinanya, sedangkan jantan spesies beruang yang lebih kecil berbobot hampir sama dengan betinanya. Beruang dapat hidup sekitar 25 tahun hingga 40 tahun. Beruang yang hidup di hutan, lebih cepat mati daripada mereka yang hidup di kebun binatang.[rujukan?].

Ada banyak macam beruang yang berbeda seperti beruang kutub, beruang coklat, beruang hitam, panda, dsb.


Pembagian golongan Beruang[sunting | sunting sumber]

Beruang-hitam asia Ursus thibetanus, di Kebun Binatang Wrocław, Polandia
Sun bear atau beruang madu (Helarctos malayanus) di Bonbin dan Aquarium Columbus
Panda (Ailuropoda melanoleuca) di Taman Nasional Smithsonian, Washington DC

Lihat pula :

Lembaga dan organisasi yang menangani beruang[sunting | sunting sumber]

[1]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hutan Lindung Sungai Wain". Disporabudpar Balikpapan. 2011. 


Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Bears of the World dalam bahasa Inggris, Terry Domico, pemfoto oleh Terry Domico dan Mark Newman, Facts on File, Inc., 1988, hardcover, ISBN 978-0-8160-1536-8.
  • The Bear dalam bahasa Inggris, oleh William Faulkner.
  • Brunner, Bernd: Bears: A Brief History dalam bahasa Inggris. Oleh New Haven dan London: Surat Kabar Yale University, 2007.