Nazril Irham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nazril Irham
Ariel1.jpg
Nama lahir Nazril Irham
Nama lain Ariel
Lahir 16 September 1981 (umur 33)
Bendera Indonesia Pangkalan Brandan
Pekerjaan Musisi
Aktor
Model
Tahun aktif 2002 - sekarang
Pasangan Sarah Amalia (cerai)
Anak Alleia Anata Irham
Agama Islam
Situs resmi www.noah-site.com

Nazril Irham atau lebih populer dengan panggilan Ariel atau Ariel Noah (lahir di Pangkalan Brandan, 16 September 1981; umur 33 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia yang merupakan vokalis dari grup musik Noah. Ariel adalah anak bungsu dari 3 bersaudara.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Ayah Ariel adalah seorang pegawai lapangan di perusahaan minyak Pertamina. Sementara ibunya adalah ibu rumah tangga biasa. Karena berprofesi sebagai pegawai lapangan, sang ayah bekerja di lokasi yang berpindah-pindah. Tinggal di Pangkalan Brandan beberapa bulan, Ariel kecil dan keluarga harus pindah ke Kota Langsa, sebuah kota yang ada di Aceh. Di Kota Langsa Ariel kecil mulai menimba ilmu di Taman Kanak-Kanak (TK), yaitu di TK Bungong Seulanga. Di Kota Langsa, Ariel tinggal di perumahan BTN Asamera Kota Langsa. Setelah tinggal di Kota Langsa selama tujuh tahun, Ariel sekeluarga lantas pindah ke Bandung. Sebuah kota yang sudah dianggap Ariel sebagai rumahnya sendiri.

Sejak kecil Ariel telah memperlihatkan bakat besar di bidang seni, tapi bukan di bidang menyanyi. Bakat seni yang terlihat dari Ariel justru di bidang menggambar. Dia sempat menjuarai beberapa perlombaan menggambar di Bandung.

Gara-gara hobi menggambar, Ariel sempat bercita-cita jadi arsitek. Tapi, di tengah perjalanan hidupnya, ia menemukan satu hobi baru yang diminatinya, yaitu bermain musik. Dari sinilah Ariel kemudian meniti karier.

Ariel pernah menikah dengan Sarah Amalia, namun kini telah bercerai. Bersama Sarah, ia dikaruniai putri bernama Alleia Anata. Ariel resmi bercerai dengan Sarah pada 27 Mei 2008.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ariel bersekolah di SMP Negeri 14 Bandung. Sejak kelas I SMP, Ariel telah intens membentuk grup musik band. Band pertama yang dibentuknya bernama Peppermint. Sayang, nasib band ini hanya bertahan tujuh bulan.

Lantas, Ariel membuat band lagi bernama Sliver, Cholesterol dan Topi. Lagi-lagi, semuanya bubar di tengah jalan. Tapi, band yang disebut terakhir lumayan berjasa untuk kariernya. Beberapa orang yang tergabung di Topi –termasuk Ariel-, sepakat membentuk band baru. Sebuah band yang diberi nama Peterpan dan bertahan sampai sekarang.

Bersama Peterpan, Ariel berupaya menembus kafe-kafe top di Bandung. Penampilan Peterpan yang atraktif plus vokal Ariel yang berkarakter diam-diam menarik minat Noey –eks basis Java Jive yang belakangan jadi produser- untuk memasukkan lagu mereka dalam album kompilasi Kisah 2002 Malam. Lagu Mimpi Yang Sempurna yang termuat di album kompilasi itu sukses jadi modal buat Peterpan untuk menembus industri rekaman.

Tahun 2003, Peterpan merilis album Taman Langit. Album ini ternyata meledak. Harus diakui, salah satu faktor yang mendukung larisnya album ini adalah vokal Ariel dan kemampuannya mengolah lirik. Lirik-lirik yang dibuat pengagum Kahlil Gibran ini amat dalam. Mampu menyentuh dasar hati pendengar lagu-lagunya.

Wajar jika nama Ariel semakin melambung. Posisinya sebagai frontman memungkinkannya menjelma jadi idola baru. Puncaknya, saat album Bintang di Surga dirilis pertengahan 2004 lalu. Ariel benar-benar jadi pujaan pencinta musik Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Di tengah banjir popularitas, Ariel sempat terganjal masalah. Ia digosipkan telah menghamili pacarnya, seorang gadis asal Semarang yang bernama Sarah Amalia.

Gosip ini tak dapat dielakkan oleh Ariel. Belakangan, ia malah bersedia menikahi Lia untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sebuah perkawinan yang dirahasiakan dari sorotan media.

Menikah di usia muda sempat membuat banyak orang ragu pada kelangsungan karier Ariel dan Peterpan. Keraguan itu jelas harus dijawab oleh Ariel. Caranya, apalagi kalau bukan terus berkarya dengan sepenuh hati. Terus menghasilkan lagu-lagu yang menghibur dan bisa dinikmati oleh pendengar musik Indonesia.

Tetapi naas, ketika Peterpan sedang menduduki puncak jaya dalam blantika musik indonesia, Ariel harus terganjar kasus yang melibatkan dirinya dengan artis Luna maya dan Cut tari. Namun, layaknya orang-orang sukses lainnya, Ariel yang terjatuh dengan keras kini dapat memantul kembali dengan keras ke puncak blantika musik Indonesia bersama grup musik terdahulu yang kini berganti nama menjadi NOAH, yang mampu melakukan perjalanan konser 2 benua 5 negara dalam satu hari dan menyabet banyak penghargaan sebagai grup band terbaik dan juga penghargaan langganan mereka yaitu Multiplatinum Award untuk album yang bertajuk "Seperti Seharusnya".

Selain sukses di dunia musik, Ariel juga membintangi sejumlah iklan seperti Sunsilk, Vaseline Men, Yamaha, XL dan KakaoTalk.

Ariel juga membintangi film layar lebar "Sang Pemimpi", dimana Ariel memerankan tokoh Arai, seorang pemuda yang tak pernah berhenti bermimpi. Serta film Awal Semula yang menceritakan sejarah perjalanan karir grup musik Ariel dari bawah hingga kesuksesannya dan juga menceritakan bagaimana kreatifitas, visi, motivasi, kharisma dan kepemimpinan Ariel membangun Peterpan hingga NOAH yang sekarang.

Kasus[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2010, Ariel terlibat skandal rekaman video yang melibatkan dirinya dengan Luna Maya dan Cut Tari. Sidang Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat akhirnya menjatuhkan hukuman penjara terhadap Ariel selama 3 tahun 6 bulan dan denda Rp250 juta dalam kasus tersebut, Luna Maya dan Cut Tari berstatus sebagai saksi.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]