Pangkalan Brandan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gajah mengangkut kayu di Pangkalan Brandan pada tahun 1920-an

Pangkalan Brandan adalah ibukota Kecamatan Babalan, Kecamatan Sei. Lepan, Kecamatan Brandan Barat, dan Kecamatan Brandan Timur, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Terletak di pesisir pantai timur pulau Sumatera, sekitar 60 km di sebelah utara Kota Binjai. Kelurahan ini terletak strategis karena dilalui oleh Jalan Raya Lintas Sumatera dan merupakan pintu gerbang provinsi Sumatera Utara relatif dari Aceh.


Pangkalan Brandan terkenal karena merupakan salah satu ladang minyak tertua di Indonesia dan telah dieksplorasi sejak zaman Hindia Belanda.

Kronologi sejarah[sunting | sunting sumber]

  • 1885 - Produksi pertama minyak bumi dari perut bumi Pangkalan Brandan.
  • 1892 - Kilang minyak Royal Dutch yang menjalankan usaha eksplotasi mulai melakukan produksi massal.
  • 1947 - Tanggal 13 Agustus, peristiwa Brandan Bumi Hangus sebagai salah satu strategi pejuang sebagai bentuk perlawanan terhadap agresi Belanda.

Sekarang ini, ada 5 Unit Operasi Daerah Produksi di bawah Pertamina, Unit I yang membawahi daerah Aceh dan Sumatera Utara berkantor pusat di Pangkalan Brandan.

Informasi Tambahan[sunting | sunting sumber]

Bagi anda yang berlokasi di sekitar Pangkalan Brandan agar sedikit berhati-hati saat akan bertransaksi di Toko Agung Photo Jl. Mesjid No. 158. Karena pelayanan purna jual nya yang kurang memuaskan. Terutama untuk anda yang akan klaim garansi atau pun lain nya, karena toko tersebut akan menghimbau kita agar berurusan langsung dengan distributor nya alias lepas tangan.