Mitry-Mory

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mitry-Mory
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Meaux
Kanton Mitry-Mory
Antarkomune tidak ada pada 2007
Pemerintahan
 • Wali kota (2008-2014) Corinne Dupont
Populasi
 • Populasi1 16.869
Kode INSEE/pos 77294
2 Population sans doubles comptes: penghitungan tunggal penduduk di komune lain (e.g. mahasiswa dan personil militer).

Mitry-Mory merupakan sebuah komune di pinggiran timurlaut Paris, Perancis. Terletak 244 km (152 mil) (15.2 mil) dari pusat kota Paris, di département Seine-et-Marne (Île-de-France) dan dekat dengan Jalan Tol Nasional dua lajur N2 (sama dengan interstate di AS).

Sekitar seperenam Bandar Udara Internasional Charles de Gaulle (termasuk landasan dan taxiway) terletak di teritori komune Mitry-Mory terutama bagian ujung landasan. Dari udara, tempat yang paling menonjol, selain pertanian, adalah bundaran Rue de la Garenne, sebuah tempat yang membentuk struktur berbentuk roda kereta dengan bangunan berbentuk silang yang dikelilingi jalan melingkar. Kota ini juga merupakan sebuah pusat jaringan besar kereta api. Fitur menonjol lainnya adalah tempat parkir raksasa untuk komune kecil ini.

Banyak jalan dinamai sesuai nama-nama orang terkenal: Mozart, Guy-Lussac, Léon Foucault, Berlioz, Picasso, Gauguin termasuk diantaranya, beberapa dari mereka pernah mengunjungi desa ini.

Mitry-Mory dekat dengan Paris dan tempat yang tidak mahal biaya hidupnya bagi orang-orang yang bekerja di Paris tapi memilih untuk bepergian dengan kereta atau jalan.

Komune ini kembar dengan kota Prudhoe di Northumberland, Inggris.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Komune Mitry-Mory dibentuk tahun 1839 atas penggabungan komune Mitry dengan komune Mory. Balai kota komune (mairie) terletak di Mitry. Gereja komune memiliki sebuah organ pipa yang selamat dari Revolusi PErancis dan digunakan oleh Gene Bedient sebagai model penelitiannya terhadap organ Perancis untuk dirangkai ulang di Amerika Serikat.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pada sensus 1999, penduduknya berjumlah 16.869 jiwa.

Penduduknya disebut sebagai Mitryens.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Mitry-Mory dilayani oleh stasiun Villeparisis – Mitry-le-Neuf pada RER Paris jalur Paris rer B jms.svg. Juga dilayani oleh stasiun Mitry – Claye, yang merupakan stasiun persimpangan antara RER Paris jalur B dan jalur kereta pinggiran Transilien Paris – Nord. Komune ini merupakan sebuah pusat jaringan kereta penting.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Terdapat sejumlah restoran di kota ini termasuk sebuah restoran pizza siap saji. Juga ada klinik psikologi (pada 2008) dan sekolah juga fasilitas olahraga. Mitry-Mory adalah fasilitas pengisian bahan bakar besar bagi Bandar Udara Charles de Gaulle.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]