Martin Bucer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Martin Bucer

Martin Bucer (atau Butzer, bahasa Latin: Martinus Buccer) (14911551) adalah seorang reformator Protestan Jerman.

Ia dilahirkan pada 1491 di Schlettstadt, daerah Alsace (sekarang Sélestat, di Prancis). Pada 1506 ia memasuki Ordo Dominikan, dan diutus untuk belajar di Heidelberg. Di sana ia berkenalan dengan karya-karya Erasmus dan Luther. Ia pun hadir pada sebuah perdebatan tentang Luther dengan sejumlah pakar Kepausan. Ia beralih kepada pandangan-pandangan Reformasi, meninggalkan ordonya dengan surat dispensasi kepausan pada 1521, dan tak lama kemudian menikah dengan seorang biarawati, Elisabeth Silbereisen.

Pada 1522 ia menjadi pendeta di Landstuhl di daerah Palatinate, dan berkeliling ke sana kemari untuk menyebarkan doktrin Hervormd. Setelah diekskomunikasi pada 1523 ia membentuk markasnya di Strassburg. Di sana ia menggantikan Matthew Zell. Henry VIII dari Inggris meminta nasihatnya sehubungan dengan rencana perceraiannya dengan Catherine dari Aragon.

Setelah kematian istri pertamanya ia menikah kembali pada 1542 dengan Wibrandis Rosenblatt, janda Reformator Johannes Oecolampadius dan Wolfgang Fabricius Capito.

Tentang sakramen Perjamuan Kudus, pandangan Bucer sangat mirip dengan Zwingli, namun ia ingin sekali mempertahankan kesatuan gereja dengan golongan Lutheran, dan terus-menerus berusaha, khususnya setelah kematian Zwingli, untuk merumuskan suatu pernyataan iman yang akan mempersatukan para reformator Jerman Selatan yang Lutheran dengan para reformator Swiss. Karena itu ia dituduh plin-plan. dan tidak tegas pendiriannya. Pada 1548 ia diutus ke Augsburg untuk menandatangani perjanjian yang disebut "Interim", antara pihak Katolik dan Protestan.

Bucer menentang keras proyek ini, sehingga ia banyak mengalami kesulitan. Kareana itu ia gembira ketika mendapatkan undangan dari Thomas Cranmer untuk menetap di Inggris. Setibanya di sana pada 1549, ia diangkat menjadi Profesor Teologi Kerajaan di Universitas Cambridge. Edward VI dan pelindung Somerset banyak membantunya. Bucer juga menjadi narasumber yang sering dikonsultasikan dalam merevisi Book of Common Prayer (Buku Doa Bersama dari Gereja Anglikan). Namun pada 27 Februari 1551 Bucer meninggal dunia dan dikebumikan di gereja universitas itu, dengan upacara yang megah.

Pada 1557, atas perintah Ratu Mary, kuburannya digali dan dihancurkan, sementara tulang-tulangnya dibakar. Belakangan atas perintah Ratu Elizabeth I kuburnya dibangun kembali. Bucer konon telah menulis 96 risalat, di antaranya adalah terjemahan dan eksposisi Kitab Mazmur dan tulisan yang berjudul De regno Christi (Tentang Kerajaan Kristus). Namanya dikenal dalam sastra Inggris lewat penggunaan doktrin-doktrinnya oleh Milton dalam risalatnya tentang perceraian, The Doctrine and Discipline of Divorce.

Kumpulan tulisannya tidak pernah diterbitkan dalam satu terbitan. Sebuah buku yang berjudul Tomus Anglicanus (Basel, 1577) memuat tulisan-tulisannya yang dibuatnya di Inggris. Lihat JW Baum, Capito and Butzer (Strassburg, 1860); A Erichson, Martin Butzer (1891); dan artikel-artikel dalam Dictionary of National Biography (oleh AW Ward), dan oleh Paul Grunberg dalam Realencyklopädie yang disunting Herzog-Hauck.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Karya fiksi: