Balthasar Hubmaier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Balthasar Hubmaier

Balthasar Hubmaier adalah salah satu tokoh dari gerakan Anabaptis abad ke-16.[1] Ia dilahirkan di Freidburg, sebuah kota di dekat Augsburg pada tahun 1481.[1] Ia menempuh pendidikan teologi di bawah bimbingan Johann Eck dan Ingolstadt.[1] Tak lama kemudian ia menjadi seorang imam di Katedral Regensburg dan selanjutnya diangkat sebagai imam di Waldshut.[1] Selama di Waldshut, ia sering mengunjungi Desiderius Erasmus di Basel dan Ulrich Zwingli di Zurich.[1] Tahun 1523 ia terlibat dalam sebuah perdebatan mengenai Perjamuan Kudus namun ia berpegang pada ajaran-ajaran Zwingli.[1] Akan tetapi, Hubmaier kemudian beralih menjadi penganut Anabaptis.[1][2] Penyebabnya adalah ia tidak sependapat dengan Zwingli mengenai baptisan anak.[1] Menurut Hubmaier, pembaruan yang dilakukan gereja-gereja reformasi belum sempurna dan salah satunya adalah baptisan anak.[1] Baginya baptisan anak tidak Alkitabiah lagipula baptisan sangat menuntut pertobatan pribadi yang tidak dapat dituntut dari anak kecil.[1] Hubmaier dan istrinya meninggal di Vienna tahun 1528 sebagai seorang martir.[2]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j (Indonesia)F.D Wellem. 2003. Riwayat Hidup Singkat Tokoh-tokoh dalam Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. 97.
  2. ^ a b {en} Williston Walker. 1946. A History of The Christian Church. New York: Charles Scribner's sons. Hlm. 367,369.