Heidelberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Heidelberg
Heidelberg, dengan Istana Heidelberg terletak di bukit dan Old Bridge diatas Sungai Neckar
Heidelberg, dengan Istana Heidelberg
terletak di bukit dan Old Bridge diatas Sungai Neckar
Lambang Heidelberg
Heidelberg is located in Jerman
Heidelberg
Koordinat 49°24′44″LU 08°42′36″BT / 49,41222°LU 8,71°BT / 49.41222; 8.71000
Administrasi
Negara Jerman
Negara bagian Baden-Württemberg
Regierungsbezirk Karlsruhe
Distrik Distrik urban
Wali kota Dr. Eckart Würzner (Ind.)
Statistik dasar
Area 10.883 km2 (4,202 mil²)
Elevasi 114 m  (374 kaki)
Populasi 145.642  (31 Desember 2008)
 - Kepadatan 1.338 /km2 (3.466 /mil²)
Informasi lain
Zona waktu CET/CEST (UTC+1/+2)
Tanda nomor kendaraan bermotor HD
Kode pos 69115–69126
Kode wilayah 06221
Situs web heidelberg.de
Heidelberg-Schloß.JPG

Heidelberg adalah sebuah kota otonom (Kreisfreie Stadt) di Baden-Württemberg, Jerman, yang terletak di tepi sungai Neckar. Heidelberg terkenal dengan kastil, kota tua, dan universitas tua yang sangat terkenal di dunia.

Sampai tahun 2008, lebih dari 145.000 penduduk tinggal di kota seluas 109 km² (42 mil²) ini. Heidelberg adalah sebuah otoritas persatuan. Distrik Rhein-Neckar mengelilingi Heidelberg dan beribukota di sini meskipun Heidelberg bukan bagian distrik tersebut.

Heidelberg berada di Sungai Neckar, pada titik sungai itu meninggalkan lembah yang sempit dan terjal di Odenwald untuk mengalir ke lembah sungai Rhein, yang 20 km (12 mil) di barat daya Heidelberg akan bergabung dengan Rhein di Mannheim. Heidelberg adalah bagian kawasan padat yang dikenal sebagai Wilayah Rhein-Neckar Raya.

Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Bangunan-bangunan Penting[sunting | sunting sumber]

Heidelberg adalah salah satu dari kota besar Jerman yang tidak hancur pada perang dunia ke-2. Bagian yang khusus dari kota ini adalah kota tua dari zaman Barok (Barocke Altstadt). Di kota tua terdapat jalan utama sepanjang 1,6 km. Jalan tersebut hanya dikhususkan untuk pejalan kaki (Fußgängerzone). Jalan khusus pejalan kaki di kota tua Heidelberg merupakan jalan khusus pejalan kaki yang terpanjang di Eropa. Di sepanjang jalan ini berdiri bangunan-bangunan penting.

Kastil (Schloss)[sunting | sunting sumber]

Kastil Heidelberg atau biasa dikenal dengan Heidelberger Schloss adalah reruntuhan bangunan yang paling terkenal di Jerman. Bangunan ini semula adalah benteng yang terletak di tempat yang strategis sebagai sebuah benteng pertahanan. Benteng ini kemudian menjadi tempat tinggal / istana dari raja di Pfalz. Sejak kerusakan pada tahun 1689 dan 1693 oleh karena perang perebutan takhta dari para ahli waris kerajaan Pfalz, bangunan ini hanya sebagian saja yang direstorasi. Pada tahun 1764 salah satu bagian dari bangunan ini kembali rusak oleh karena kebakaran yang disebabkan oleh hantaman petir. Reruntuhan bangunan istana ini berdiri setinggi 80 meter pada tebing gunung yang mendominasi wajah kota Heidelberg.

Jembatan Tua / Alte Brücke[sunting | sunting sumber]

Nama resmi dari Jembatan Tua (terkenal dengan nama Alten Brücke) adalah Jembatan Karl-Theodor. Jembatan ini merupakan bangunan jembatan yang tertua di Jerman yang secara tertulis pertama kali disebutkan pada tahun 1248. Sebelum dibangun jembatan permanen, berulang kali dibangun jembatan kayu yang berulang kali rusak oleh karena es. Dalam bentuknya yang sekarang ini, jembatan permanen ini dibangun pada tahun 1788. Namun pada akhir dari perang dunia ke-2 dua pilar jembatan terkena bom. Pada tahun 1947 jembatan ini telah selesai diperbaiki.

Bangunan-bangunan Gereja Yang Penting[sunting | sunting sumber]

Gereja Roh Kudus atau terkenal dengan nama Heiliggeistkirche adalah gedung gereja yang paling terkenal di Heidelberg. Gereja ini terletak di pusat kota, tidak jauh dari Istana Heidelberg. Di dalam gereja ini pernah disimpan Bibliotheca Palatina, manuskrip yang sangat terkenal. Namun, selama peperangan 30 tahun kumpulan manuskrip tersebut dicuri dan diberikan kepada Paus sebagai hadiah.

Gereja tertua dari kota Heidelberg adalah Gereja St. Petrus atau dikenal dengan nama Peterskirche. Usia gereja ini kira-kira 900 tahun. Pada masa akhir abad pertengahan, gereja ini berfungsi sebagai Kapel Universitas. Gereja ini berfungsi juga sebagai tempat beristirahatnya (kuburan) kira-kira 150 profesor dan para petinggi kerajaan.

Tidak jauh dari Peterskirche berdiri Gereja Yesuit yang selesai dibangun pada 1749. Gereja ini merupakan saksi sejarah kontra reformasi di Heidelberg.

Gereja-gereja yang berdiri seiring dengan pembangunan bagian barat kota (Weststadt) pada awal abad ke-20 adalah Gereja Kristus (Christuskirche) pada tahun 1904 yang merupakan gereja bagi umat Kristen Protestan, dan Gereja St. Bonifatius pada tahun 1903 yang merupakan gereja bagi umat Katolik.

Gedung-gedung Bersejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan yang tertua di kota Heidelberg adalah bangunan yang kini berfungsi sebagai hotel. Bangunan tertua ini bernama Hotel „Zum Ritter“. Gedung ini dibangun pada tahun 1592 oleh satu keluarga pedagang kain. Gedung ini terletak berhadap-hadapan dengan Heiliggeistkirche.

Di perbatasan bagian timur kota tua Heidelberg berdiri gerbang kota yang bernama Karlstor. Dibangun selama 6 tahun dan selesai pada tahun 1781.

Di dalam kota tua berdiri bangunan bersejarah, yaitu gedung-gedung Universitas Heidelberg. Satu yang terpenting adalah gedung perpustakaan Universitas Heidelberg. Di dalam perpustakaan ini juga disimpan manuskrip-manuskrip kuno. Di antara manuskrip-manuskrip kuno yang di simpan tersebut terdapat manuskrip Kidung Tantri Kediri yang masih terawat dengan baik.

Studi dan Penelitian[sunting | sunting sumber]

Universitas dan Sekolah Tinggi[sunting | sunting sumber]

Logo University of Heidelberg.png

Heidelberg dikenal sebagai kota pelajar. Yang menjadikan kota ini dinamai sebagai kota pelajar adalah keberadaan Universitas Heidelberg di kota ini. Universitas ini didirikan pada tahun 1386 dan merupakan universitas tertua di Jerman. Lokasi kampus terletak di dua lokasi. Lokasi pertama terletak di kota tua Heidelberg. Banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah di kota tua yang menjadi kampus bagi ilmu-ilmu kejiwaan, sosial dan hukum. Sedangkan lokasi kedua adalah di lokasi kampus baru di Neuenheimer Feld, yang merupakan kampus terpadu bagi ilmu-ilmu alam.

Dem lebendigen Geist.jpg

Pada tahun 1904 Sekolah Tinggi Pedagogi Heidelberg didirikan.

Pada tahun 1931 berdiri Sekolah Tinggi Musik Gereja (Hochschule für Kirchenmusik Heidelberg). Semula sekolah tinggi ini didirikan untuk pemusik gereja bagi Gereja Protestan Negara di Baden. Di kemudian hari sekolah ini terbuka bagi umum.

Sekolah Tinggi SRH Heidelberg merupakan sebuah perguruan tinggi swasta milik dari perusahaan SRH (Grup SRH). Sekolah Tinggi SRH Heidelberg didirikan pada tahun 1969. Pada tahun 2004 menjadi perguruan tinggi swasta yang pertama kali terakreditasi oleh Badan Keilmuan Jerman (semacam Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi). Perguruan tinggi swasta ini berada di „Science Tower“ di daerah Wieblingen.

Sekolah Tinggi Management Internasional (Hochschule für Internationales Management Heidelberg/HIM) merupakan sebuah sekolah swasta yang diakui oleh negara. Program Bachelor dan Master pada perguruan tinggi ini diakui dan diakreditasi dalam sistem pendidikan tinggi di Jerman dan Inggris. Sistem pendidikan yang berjalan di institusi ini adalah sistem "dual-degree", yaitu para lulusan selain mendapatkan ijazah dari HIM yang diakui di Jerman, mereka juga akan mendapatkan ijazah dari sebuah perguruan tinggi di Inggris yang diakui di sana.

Pada tahun 1979 didirikan Sekolah Tinggi Studi Yudaisme (Hochschule für Jüdische Studien). Sekolah tinggi ini memiliki kampus di kota tua.

Schiller International University, sebuah universitas di Amerika, mendirikan sebuah kampus di Heidelberg. Schiller International University cabang Heidelberg ini menawarkan program Bachelor dan Master di bidang Bisnis Internasional dan Relasi & Diplomasi Internasional.

Forschung[sunting | sunting sumber]

Di Heidelberg terdapat sejumlah institusi-institusi penelitian, secara khusus di bidang ilmu biologi.

Institusi penelitian yang paling penting tentu saja adalah Universitas Heidelberg. Di bawah universitas ini berdiri institut-institut penelitian, misalnya Pusat Biokimia Heidelberg (Biochemie Zentrum Heidelberg/BZH), Pusat Interdisipliner Ilmu-ilmu Neuro (Interdisziplinäre Zentrum für Neurowissenschaften/IZN), Pusat Interdisipliner Ilmu-ilmu Hitung (Interdisziplinäre Zentrum für wissenschaftliches Rechnen/IWR), Institut Asia Selatan (Südasien Institut/SAI), Heidelberg Center for American Studies (HCA), Heidelberg Center Lateinamerika, Pusat Astronomi Heidelberg (Zentrum für Astronomie Heidelberg/ZAH), Institut Etnologi, dll.

Institut-institut penelitian yang sangat terkenal adalah Pusat Penelitian Kanker Jerman (Deutsches Krebsforschungszentrum/DKFZ) yang didirikan pada tahun 1964 dan Pusat Biologi Molekul (Zentrum für Molekulare Biologie Heidelberg/ZMBH) yang didirikan pada tahun 1983.

Di samping itu Heidelberg juga menjadi pusat kegiatan dari European Molecular Biology Laboratory (EMBL) yang didirikan pada tahun 1974. Cabang-cabang dari institusi penelitian Eropa ini misalnya di Monterotondo (Italia), Hinxton (England), Grenoble (Perancis) dan Hamburg (Jerman). 18 negara Eropa turut serta dalam penelitian ini.

Institusi penelitian Max-Planck (Max-Planck-Institut) mendirikan empat institusi penelitian di Heidelberg, yaitu Max-Planck-Institut für ausländisches öffentliches Recht und Völkerrecht (studi hukum internasional), Max-Planck-Institut für Kernphysik (studi fisika atom), Max-Planck-Institut für Astronomie (studi astronomi) dan Max-Planck-Institut für medizinische Forschung (studi kedokteran).

Institusi-institusi penelitian lainnya misalnya Lembaga Pendidikan Pertamanan Negara, Lembaga Perbintangan Negara Heidelberg-Königstuhl, Akademi Ilmu Pengetahuan Heidelberg (Heidelberger Akademie der Wissenschaften), European Media Laboratory (EML), Institut Penelitian Informatika Swasta, Pusat Studi Protestan (Forschungsstätte der Evangelischen Studiengemeinschaft e.V.).


Perpustakaan Kota Heidelberg[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada tahun 1904 memiliki lebih dari 200.000 media.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]