Pforzheim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang Peta
Wappen Pforzheims Lage der kreisfreien Stadt Pforzheim di Jerman
Data dasar
Negara bagian: Baden-Württemberg
Regierungsbezirk: Karlsruhe
Region: Nordschwarzwald
Status: Stadtkreis
Ketinggian: 263 m di atas permukaan laut
Wilayah: 98,03 km²
Penduduk: 119.021 (31 Desember 2005)
Kepadatan penduduk: 1214 jiwa per km²
Warga asing: 17,9 %
Kode pos: 75101-75181
(lama 7530)
Kode telepon: 07231 dan 07234
Pelat nomor kendaraan bermotor: PF
Pembagian administratif: 16 bagian kota
Alamat balaikota: Marktplatz 1
75175 Pforzheim
Situs resmi: www.pforzheim.de
Politik
Walikota: Christel Augenstein (FDP/DVP)

Pforzheim (bahasa Jerman Aleman: Pforze) adalah sebuah kota otonom (Kreisfreie Stadt) di Baden-Württemberg, Jerman. Pforzheim dikenal di seluruh dunia akan industri perhiasan dan jam tangannya. Karena itulah, kota dijuluki "Goldstadt" (Kota Emas). Kota ini mencakup daerah serluas 98 km² dan berada di antara Stuttgart dan Karlsruhe pada pertemuan 3 sungai (Enz, Nagold dan Würm) dan penanda perbatasan antara Baden dan Württemberg. Pforzheim berada di Bertha Benz Memorial Route.

Kota Pforzheim tidak termasuk distrik administratif (Kreis) manapun, meskipun menjadi ibukota Enzkreis yang mengelilingi kota.

Selama Perang Dunia II, Pforzheim berkali-kali dibom. Serangan terbesar, dan salah satu yang paling mematikan, dilakukan oleh Royal Air Force (RAF) pada malam 23 Februari 1945. Sekitar seperempat penduduk kota, kira-kira lebih dari 17.000 jiwa, tewas dalam serangan udara tersebut, dan sekitar 83% bangunan kota hancur. Kota itu diperkirakan sebagai produsen alat presisi untuk usaha perang Jerman dan pusat pengangkutan untuk pergerakan pasukan Jerman oleh Sekutu.

Setelah perang, puing-puing reruntuhan ditumpuk menjadi tiang besar di luar kota, seperti yang dilakukan kota lain seperti Stuttgart dan München. Bangunan bernama "Wallberg" didirikan sebagai "sumbat" beton di gundukan puing, yang lama kemudian ditutupi Bumi dan vegetasi. 20 tahun setelah berakhirnya perang, secara bertahap Pforzheim dibangun kembali, memberikan pandangan modern kota.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]