Caspar Hedio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangCaspar Hedio

Biografi
Kelahiran1494 (Kalender Masehi Gregorius)
Ettlingen
Kematian17 Oktober 1552 (Kalender Masehi Gregorius) (57/58 tahun)
Strasbourg
Cathedral preacher
Data pribadi
AgamaGereja Lutheran
PendidikanUniversitas Albert Ludwig Freiburg
Kegiatan
Pekerjaansejarawan, teolog
Caspar Hedio, ukiran tembaga abad ke-16

Caspar Hedio, juga ditulis sebagai Kaspar Hedio, Kaspar Heyd, Kaspar Bock atau Kaspar Böckel (Ettlingen, 1494 - Strasbourg, 17 Oktober 1552) adalah seorang sejarawan, teolog, dan reformis Protestan Jerman.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dibesarkan sebagai anak dari orang tua yang kaya raya, ia bersekolah di sekolah Latin yang terkenal di Pforzheim, di mana banyak tokoh-tokoh terkenal pada masa Reformasi seperti Franciscus Irenicus dan Simon Grynaeus adalah teman sekolahnya. Ia memulai studinya pada tahun 1513 di Freiburg im Breisgau, di mana ia menjadi Magister di bawah rektorat Matthäus Zell. Ia beralih ke studi teologi dan melanjutkannya pada tahun 1518 di Basel, di mana ia menerima gelar doktor dalam bidang teologi pada tahun 1519 dengan disputasi di bawah bimbingan Wolfgang Capito mengenai atribut-atribut Allah dan predestinasi. Sekitar waktu yang sama, ia telah menjalin hubungan dengan Ulrich Zwingli, yang sangat ia sukai, dan menulis kepada Martin Luther dengan semangat yang sama pada tanggal 23 Juni 1520.

Setelah menjadi pendeta di Basel untuk waktu yang singkat, ia masuk ke dalam pelayanan Elektorat Mainz atas rekomendasi Capito, antara lain sebagai pengkhotbah katedral.[1] Keberhasilannya di sini hanya bertahan sebentar, karena ia telah memutuskan untuk mendukung gerakan Reformasi dan tidak merahasiakan keyakinannya. Di Mainz, Hedio masih meraih gelar doktor dalam bidang teologi, tetapi ia segera melamar jabatan pengkhotbah di Katedral Strasbourg, yang diterimanya pada bulan November 1523. Pengkhotbah berusia 30 tahun ini mempertegas keyakinan Protestannya dengan menikahi putri bangsawan Margarete Trenz (1524), yang tidak disetujui oleh kapitel katedral.

Di Strasbourg, ia bekerja sejak awal bersama Capito dan Martin Bucer. Ia ikut serta dalam perdebatan dengan gereja lama dan menerbitkan "Penolakan terhadap Cunrats Tregers Büchlin" pada bulan Oktober 1524. Dalam sejarah Reformasi Strasbourg, ia menempati posisi yang paling dihormati setelah Zell dan dua tokoh reformasi terkemuka, Capito dan Bucer. Namun, secara teologis, ia kurang menonjol. Ia hanya terlibat dalam disputasi dan kemudian dalam kuliah-kuliah. Di sisi lain, ia lebih menonjol sebagai seorang organisator dan memberikan jasa-jasa yang besar bagi pendidikan.

Ia hadir di Konferensi Marburg tanpa menjadi terlalu menonjol. Di Strasbourg, ia mengambil bagian yang kuat dalam upaya-upaya sosial-politik selama tahun-tahun ini. Ia menulis sebuah risalah tentang perpuluhan, menerjemahkan tulisan reformator sosial humanis Vives, "De subventione pauperum", dan mengambil bagian praktis yang kuat dalam perawatan orang miskin. Sebagai seorang pengkhotbah, ia banyak dipuji dan dicintai oleh orang-orang sezamannya. Beberapa khotbahnya juga diterbitkan dalam bentuk cetak.

Ia bekerja jauh melampaui batas-batas Strasbourg. Di Alsace Hulu, di margrafen Baden dan di Pfalz, ia terus-menerus aktif sebagai reformator dalam kemampuannya sebagai penasihat. Ia mengirimkan kepada penguasanya, Pangeran Pfalz Ottheinrich, banyak pendapat ahli dan beberapa nasihat. Sebagai contoh, ia merekomendasikan agar ia mendirikan sebuah perpustakaan yang juga harus terbuka untuk umum. Ketika Philipp Melanchthon diundang ke Prancis, Hedio dari Strasbourg dipilih untuk menemaninya. Ia melakukan misi luar negeri dalam beberapa kasus di tahun-tahun berikutnya. Dengan demikian ia pergi sebagai wakil Strasbourg ke Dewan Worms (1541), pada tahun 1541 ke Dewan Regensburg (1541), dan pada tahun 1551 ke Dornstadt. Dalam persiapan Reformasi Köln, ia diperbantukan di Bonn bersama Bucer dan diberi cuti untuk waktu yang lama.

Hedio sangat tertarik pada sejarah. Ia menerjemahkan banyak risalah para Bapa Gereja, menerbitkan sejarah Gereja Kristen perdana menurut Eusebius dan Sozomenus, dan akhirnya menyusun sejarah dunia yang dibaca dan dihormati banyak orang. Dengan demikian, ia telah membuat namanya dihormati pada masa-masa awal historiografi Protestan. Setelah Perdamaian Augsburg (1548), ia menolak konsesi apa pun agar tidak menyinggung perasaan jemaatnya. Oleh karena itu, ia meninggalkan jabatan pengkhotbah di katedral dan puas dengan jabatan sederhana sebagai pengkhotbah awal di bekas gereja Dominikan. Sebagai orang terakhir yang masih hidup dari generasi pendiri gereja Strasbourg, ia mengambil alih kepemimpinan biara gereja setelah kepergian Bucer, tetapi harus mengalami beberapa perlawanan terhadap sikap teologisnya yang menjadi penengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anton Schmid: Die Anfänge der Domprädikaturen in den deutschsprachigen Diözesen. Dalam: Römische Quartalschrift für Christliche Altertumskunde und Kirchengeschichte 89 (1994), Buku 1-2, hal. 78-110, di sini hal. 100.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • TW Röhrich: Mitteilungen aus der Geschichte der evangelischen Kirche des Elsasses. Kelompok 3, 1855.
  • W.Baum: Capito dan Butzer. Elberfeld 1860.
  • Bab. Pemintal: Caspar Hedio 1864.
  • Himmelheber: Caspar Hedio Karlsruhe 1881.
  • C. Varrentrapp: Hermann von Wied und sein Reformasi di Köln. Leipzig 1878.
  • F.Roth: Friedrich II. von der Pfalz dan Reformasi. Heidelberg 1904.
  • J. Adam: Versuch einer Bibliographie Kasper Hedio (ZGO NF 31 1916, 424-429).
  • J. Adam: Evangelische Kirchengeschichte der Stadt Straßburg. 1922. 54 dst. kamu. Hai.
  • J. Adam: Evangelische Kirchengeschichte der elsässischen Territorien. Straßburg 1928.
  • W.Gunzert. Kleine Beiträge zur Geschichte der Grafschaft Hanau-Lichtenberg (Elsaß-lothr. Jb. 19, 1941, 129-141).
  • H.Keute. Kaspar Hedio dan Historiograf. Gottingen 1980