Philipp Melanchthon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Philipp Melanchthon
Philipp Melanchthon, pada tahun 1532
Lahir Philipp Schwartzerdt
17 Februari 1497
Bretten dekat Karlsruhe, Jerman
Meninggal 19 April 1560 (umur 63)
Wittenberg, Jerman
Pekerjaan Profesor, teolog
Dipengaruhi Martin Luther
Tanda tangan

Philipp Melanchthon (Philipp Schwartzerdt atau Philippus Melanthon; lahir di Bretten, Jerman, 17 Februari 1497 – meninggal di Wittenberg, Jerman, 19 April 1560 pada umur 63 tahun) adalah seorang profesor dan teolog dari Jerman, dan berperan penting dalam Reformasi Protestan. Martin Luther mengasaskan ajarannya sendiri dengan rekannya Philip Melanchton sebelum meninggal pada tahun 1546. Melanchthon dianggap sebagai teolog sistematis pertama dalam Reformasi Protestan, pemimpin intelektual dalam Reformasi Lutheran, dan perencana yang berpengaruh dalam sistem pendidikan. Bersama Luther dan Calvin, ia diakui sebagai reformer, teolog, dan pembentuk Protestantisme. Luther dan Melanchthon merupakan pendiri utama gerakan Lutheranisme.[1] Mereka menolak apa yang mereka percayai sebagai kultus berlebihan orang-orang kudus (para santo), pengampunan karena perbuatan, dan pemaksaan nurani dalam sakramen pertobatan oleh Gereja Katolik Roma, yang mereka yakini tidak dapat memberikan kepastian keselamatan. Melanchthon membuat perbedaan antara "hukum" dan "Injil" sebagai formula utama pandangan evangelikal Lutheran. Ia memaksudkan "hukum" sebagai persyaratan bagi Allah baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, sedangkan "Injil" berarti hadiah cuma-cuma rahmat melalui iman di dalam Yesus Kristus.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan dengan nama Philipp Schwartzerdt (nama "Melanchthon" merupakan terjemahan bahasa Yunani untuk bahasa Jerman "Schwartzerdt") pada tanggal 16 Februari 1497, di Bretten, dekat Karlsruhe, Jerman, di mana ayahnya Georg Schwarzerdt merupakan penyuplai senjata (armorer) untuk Philip, Count Palatine of the Rhine.[2] Tempat kelahirannya diratakan pada tahun 1689 dan kemudian pada tahun 1897 di atasnya dibangun bangunan yang sekarang dikenal sebagai "Melanchthonhaus" ("rumah Melanchthon").

Profesor di Wittenberg[sunting | sunting sumber]

Karena ditentang sebagai tokoh reformasi di Tübingen, Melanchthon menerima panggilan dari Martin Luther University of Halle-Wittenberg (dahulu "University of Wittenberg") oleh Martin Luther. Ia mempelajari Alkitab, terutama doktrin Rasul Paulus, dan Reformasi Protestan. Ia hadir dalam pertemuan disputasi di Leipzig (1519) sebagai pemirsa, tetapi berpartisipasi dengan komentarnya. Johann Eck menyerang pandangannya, dan Melanchthon menjawab berdasarkan otoritas Alkitab dengan karyanya Defensio contra Johannem Eckium (Wittenberg, 1519).

Setelah memberi kuliah tentang Injil Matius dan Surat Roma, bersama dengan penelitiannya atas doktrin rasul Paulus, ia mendapat gelar sarjana teologi, dan menjadi pengajar teologi.[3]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dengan Katharina Krapp, putri walikota Wittenberg pada tanggal 25 November 1520. Kehidupan rumah tangganya dikatakan berbahagia. Ia menyebut rumahnya "gereja kecil milik Allah," dan selalu mendapat kedamaian di sana bersama istri dan anak-anaknya. Seorang sarjana Perancis melaporkan tercengang menemuinya di rumah dan melihat Melanchthon sedang menggoyang-goyang ranjang bayi untuk menidurkan dengan satu tangannya, sedangkan tangan lain memegang buku untuk dibaca.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pulang dari perjalanan ke Leipzig pad bulan Maret 1560, Melanchthon menderita influenza berat yang diikuti oleh demam, dan ini menghabiskan tenaganya yang dilemahkan oleh banyak penderitaan. Ia melewatkan masa akhir hayatnya dengan berdoa terus menerus dan mendengarkan pembacaan Alkitab. Ketika Caspar Peucer, menantu laki-lakinya, menanyakan apa yang ia perlukan, Melanchthon menjawab, "Hanya sorga" ("Nothing but heaven"). Jazadnya disemayamkan di sebelah makam Luther di Schloßkirche, Wittenberg.

Ia diperingati di Gereja Lutheran Church - Missouri Synod pada tanggal 16 Februari yaitu tanggal kelahirannya, sedangkan Gereja Evangelical Lutheran Church in America pada tanggal 25 Juni, tanggal presentasi Pengakuan iman Augsburg.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard, James William, Philip Melanchthon: The Protestant Preceptor of Germany 1898, pg. 379
  2. ^ Richard, pg. 3
  3. ^ *James William Richard (1898). Philip Melanchthon, the Protestant preceptor of Germany, 1497-1560. Biografi. Halaman. 57-58

Pranala luar[sunting | sunting sumber]